Lima Tips Agar Tetap Sehat Saat Menjalani Aktivitas Dalam Mengahadapi Cuaca Panas
Ilustrasi seseorang beraktivitas ditengah cuaca panas (Freepik)
09:10
14 Oktober 2024

Lima Tips Agar Tetap Sehat Saat Menjalani Aktivitas Dalam Mengahadapi Cuaca Panas

Pada bulan Oktober telah dipastikan bahwa Indonesia akan menghadapi cuaca panas extreme.

Seperti yang diketahui sebelumnya pada Minggu, (13/10) telah ditetapkan sebagai hari tanpa bayangan di Surabaya Jawa Timur.

Hal ini terjadi karena matahari tepat berada pada posisi tegak lurus dengan permukaan Bumi, maka cahaya yang diterima Bumi akan mencapai puncaknya. Imbasnya, suhu akan terasa lebih panas dibandingkan biasanya.

Sangat penting untuk menjaga tubuh dan pikiran selama cuaca panas. Hal ini dilakukan agar tetap sehat dan terhindar dari potensi masalah yang ada.

Berikut lima tips agar tetap sehat saat menjalani aktivitas ditengah cuaca panas ekstrim seperti dikutip pada Genesis Medical.

1. Banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi

Penting untuk minum banyak air, terutama selama cuaca panas. saat banyak menghabiskan kegiatan diluar.

Pastikan untuk selalu membawa botol air agar tetap terhidrasi dan mengisi kembali elektrolit Anda. Tetap terhidrasi akan membantu Anda merasa lebih baik dan mencegah dehidrasi.

2. Menjaga pola makan yang sehat

Jika Anda ingin menjalani gaya hidup sehat selama cuaca panas, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah lemak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Buah dan sayuran segar mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

3. Kenali tanda-tanda kelelahan akibat cuaca panas

Sering kali saat cuaca panas aktivitas dapat terganggu namun, saat berpartisipasi dalam aktivitas luar ruangan saat suhu tinggi, sangat penting untuk tetap memperhatikan keselamatan.

Suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan akibat panas, yang mungkin memerlukan bantuan medis. Gejala kelelahan akibat panas meliputi:

· Berkeringat banyak.

· Sakit kepala.

· Pusing.

· Mual.

· Kram otot.

· Kelelahan.

Jika Anda mulai mengalami gejala-gejala ini, pastikan Anda pindah ke tempat yang lebih dingin dan minum banyak cairan.

Melepas pakaian yang berlebihan, meletakkan kain dingin yang lembap pada tubuh Anda, atau mandi air dingin juga dapat membantu.

Anda dapat beristirahat hingga gejala-gejala Anda hilang, tetapi Anda harus menghubungi dokter jika gejala-gejala Anda bertambah parah atau berlangsung lebih dari satu jam.

4. Kenali tanda-tanda sengatan panas atau heat stroke

Suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan masalah medis yang serius, seperti sengatan panas.

Sebelum mencapai titik sengatan panas, Anda mungkin mengalami gejala kelelahan akibat panas, yang dapat menyebabkan sengatan panas jika tidak diobati. Sengatan panas ditandai dengan gejala-gejala berikut:

· Suhu tubuh tinggi.

· Kulit panas dan kering.

· Denyut nadi yang cepat dan kuat.

· Kemungkinan tidak sadarkan diri.

Untuk mencegah kelelahan akibat panas atau sengatan panas, kenakan pakaian yang longgar dan berwarna terang, minum banyak cairan, dan beristirahatlah di tempat yang teduh sesuai kebutuhan.

Selama Anda mengambil tindakan pencegahan, Anda dapat tetap aman dalam menghadapi cuaca panas.

5. Menjaga kesehatan mental

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk dijaga. Cuaca panas bisa menjadi masa yang sulit bagi sebagian orang.

Jika Anda merasa kesulitan, jangan takut untuk menghubungi profesional kesehatan mental untuk meminta bantuan.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik, jadi jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda membutuhkannya.

Dengan mengikuti kiat-kiat sederhana ini, Anda dapat tetap aman dan sehat sepanjang musim dan menikmati musim panas terbaik Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #lima #tips #agar #tetap #sehat #saat #menjalani #aktivitas #dalam #mengahadapi #cuaca #panas

KOMENTAR