Adu Kekayaan Raffi Ahmad dan Kaesang: Pemilik vs Komisaris RANS Entertainment
Potret Raffi Ahmad, Kaesang Pangarep dan Nagita Slavina. (Instagram)
15:21
2 Februari 2024

Adu Kekayaan Raffi Ahmad dan Kaesang: Pemilik vs Komisaris RANS Entertainment

Nama Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep kini terseret kasus pencucian uang yang dituduhkan oleh National Corruption Watch (NCW). Tuduhan ini pun disampaikan oleh Ketua DPP NCW, Hanifa Sutrisna.

Ia yang menyebut bahwa Raffi Ahmad sempat memberikan saham gratis kepada dua putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka. Hal itu dinilai sebagai bentuk gratifikasi.

"Kami menduga adanya pemberian saham gratis yang dilakukan oleh saudara Raffi Ahmad kepada beberapa orang, termaauk Kaesang dan Gibran. Ini adalah bentuk gratifikasi yang diterima keluarga istana," ujar Hanifa dalam poscast DPP NCW yang diunggah akun TikTok @/nasionalcorruptionwatch2.

Tak hanya itu, Hanifa mengaku pihak DPP NCW telah meminta pihak KPK, Bareskrim Polri, hingga Kejaksaan Agung untuk melakukan pemeriksaan kepada Raffi Ahmad.

Sebagai informasi, hubungan Raffi Ahmad dengan Kaesang Pangarep mulai dekat sejak keduanya menjadi partner bisnis.

Kaesang bahkan masuk dalam jajaran komisaris yang memiliki saham di perusahaan milik Raffi Ahmad, yaitu RANS Entertainment. Posisi Kaesang sebagai komisaris di RANS telah diembannya sejak tahun 2021 lalu.

Lalu, berapa sebenarnya kekayaan yang dimiliki Kaesang maupun Raffi? Simak inilah penjelasannya.

Kekayaan Kaesang Pangarep

Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]Ketua Umum atau Ketum PSI, Kaesang Pangarep. [Instagram @kaesangp]

Kaesang Pangarep sendiri awalnya dikenal sebagai anak dari Presiden Jokowi. Kaesang memulai kariernya sebagai seorang pengusaha. Beberapa usaha miliknya adalah Sang Pisang dan Markobar yang sempat menjadi makanan hits pada tahun 2019.

Selama menjadi pebisnis, Kaesang kerap melebarkan sayapnya ke bisnis-bisnis lainnya, termasuk pembelian saham ke perusahaan lain. Diketahui, adik Gibran Rakabuming Raka ini memiliki kekayaan mencapai Rp92,2 miliar.

Hal ini diketahui publik usai nama Kaesang muncul sebagai pembeli saham sebanyak 8% dari PT Panca Mitra Multiperdana. Tak main-main, nilai transaksi pembelian saham tersebut bernilai sebesar Rp92,2 miliar.

Selain sebagai seorang pebisnis, Kaesang kerap menanam saham di berbagai unit bisnis. Salah satunya dengan kepemilikan sahamnya di klub sepak bola Persis Solo. Ia juga memiliki saham di RANS Entertainment dan membuatnya berhubungan erat dengan Raffi Ahmad.

Kekayaan Raffi Ahmad

Potret Raffi Ahmad (Instagram/@raffinagita1717)Potret Raffi Ahmad (Instagram/@raffinagita1717)

Pria yang dijuluki "Sultan Andara" ini sudah puluhan tahun terjun ke dunia entertainment. Kegigihan Raffi Ahmad bersama sang istri, Nagita Slavina pun berbuah manis dengan kehidupan mewahnya yang saat ini sering disoroti publik.

Di awal tahun 2023 lalu, nama Raffi Ahmad sempat ramai diperbincangkan usai dirinya diketahui memiliki total harta mencapai Rp 9,97 triliun. 

Kekayaan yang didapatkan oleh Raffi sendiri diketahui berasal dari banyak sumber. Termasuk pendapatannya di dunia entertainment, kepemilikan perusahaan RANS Entertainment, hingga kerjasama brand dengan bayaran fantastis.

Tak heran jika Raffi pun dijuluki "sultan" dengan kekayaan triliunan tersebut.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #raffi #ahmad #kaesang #pemilik #komisaris #rans #entertainment

KOMENTAR