Simak dan Ketahui, Alasan Mengapa Diperingati Setiap Tanggal 28 Oktober
Mengenal sejarah dan fakta Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. (Freepik)
11:16
10 Oktober 2024

Simak dan Ketahui, Alasan Mengapa Diperingati Setiap Tanggal 28 Oktober

 

Menjelang peringatan tahunan Hari Sumpah Pemuda, banyak orang masih mempertanyakan alasan mengapa hari bersejarah di Indonesia ini diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Padahal pertanyaan seperti itu sering ditemui saat duduk di bangku sekolah, bahkan sejak tingkat sekolah dasar (SD) dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Meski begitu, pertanyaan mengapa Sumpah Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober terus ditemukan setiap tahunnya. Lantas, apa alasannya? Simak jawabannya di bawah ini.

Merangkum dari Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud RI, Sumpah Pemuda merupakan ikrar kebangsaan Indonesia yang dirumuskan melalui sebuah putusan Kongres Pemuda Kedua di Jakarta pada 27-28 Oktober 1982.

Ikrar ini merupakan pernyataan yang disampaikan oleh pemuda-pemuda Tanah Air yang berasal dari latar belakang yang beragam, mulai dari daerah, suku, dan agama yang berbeda, tetapi mereka menyatukan keyakinan bahwa tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan adalah Indonesia.

Sebelum pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua yang digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dengan tujuan memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia, pertemuan terlebih dahulu dilakukan pada 3 Mei 1928 dan 12 Agustus 1928, yang membahas tentang pembentukan panitia, susunan acara kongres, waktu, tempat, dan biaya.

Setelah pelaksanaan tersebut, pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua disepakati akan dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 yang dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw atau Rumah Indekos, Kramat No. 106.

Sementara itu, menjawab alasan Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober dikarenakan pada tanggal tersebut tepatnya pada tahun 1928 merupakan hari di mana seluruh agenda berakhir, termasuk keputusan dari Kongres Pemuda Kedua yang dikenal dengan ikrar Sumpah Pemuda.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #ketahui #alasan #mengapa #diperingati #setiap #tanggal #oktober

KOMENTAR