Terkenal Perfeksionis dan Kompetitif, Begini Seni Menghadapi Pemilik Golongan Darah A
Tips menghadapi kepribadian tipe A. (WikiHow)
07:52
1 Pebruari 2024

Terkenal Perfeksionis dan Kompetitif, Begini Seni Menghadapi Pemilik Golongan Darah A

- Orang-orang dengan tipe golongan darah A merupakan populasi terbanyak kedua di dunia ini setelah pemilik golongan darah O. Jumlahnya hampir sekitar 42 persen di seluruh dunia.   Kepribadian tipe A ini biasanya sangat ambisius, terorganisir, dan pekerja keras. Mereka juga bisa menjadi orang yang sensitif, cemas, gila kerja, perfeksionis, dan suka mengontrol.   Hal tersebut, membuat mereka mungkin seringkali mengalami kesulitan untuk diajak hidup bersama atau diajak bekerja sama, terutama jika Anda bukan orang yang mereka anggap penting.  

Memiliki tingkat perfeksionis dan kompetitif yang tinggi, orang harus sedikit bersabar saat menghadapi si pemilik darah A ini. Dilansir dari wikihow.com, berikut panduan untuk menghadapi sisi buruk seseorang dengan golongan darah A.

1. Hindari persaingan

Orang dengan golongan darah A biasanya sangat kompetitif, bahkan dengan pasangan. Namun dibalik itu, mereka sering kali kurang percaya diri dan memiliki rasa takut. Mereka melihat kegagalan sebagai kesalahannya sendiri. Kegagalan yang dialaminya bahkan dapat menyebabkan beberapa orang dengan golongan darah A mengalami depresi.

Demi keutuhan hubungan Anda, hindarilah untuk bersaing dengan pasangan tipe A. Sebab, kepribadian Tipe A bisa sangat sensitif terhadap kritik. Selain itu, tipe A juga sulit untuk merayakan kesuksesan pasangannya. Maka, alternatifnya adalah, berikan dorongan dan masukan dengan cara yang lembut. Pujilah pasangan Anda dan dorong rasa syukur, sambil menghindari hal-hal negatif.

2. Bersabarlah dan jangan mudah tersinggung

Orang dengan golongan darah tipe A merupakan pribadi yang perfeksionis dan bisa sangat kritis terhadap orang lain, termasuk pasangannya. Cobalah untuk tidak mengambil hati pada kritik yang disampaikan oleh pasangan Anda. Kritik yang dilontarkan sebenarnya lebih tentang perasaan cemasnya saja, bukan bermaksud untuk menjatuhkan Anda.

Belajarlah tenang, dan cobalah juga untuk berbicara secara sadar dengan suara yang lembut atau tulislah pemikiran Anda di atas kertas. Mencoba memahami love language pasangan Anda juga bisa sangat membantu.

3. Tetapkan batasan

Sifat asertif, perfeksionisme, dan daya saing dari kepribadian tipe A dapat membuat mereka sangat mengontrol dan menghakimi. Terkadang, membela diri sendiri juga diperlukan jika kondisi sudah tidak kondusif. Perjelas bahwa Anda memiliki batasan yang juga harus dihargai oleh pasangan Anda. Sampaikan itu dengan tegas bukan mengontrol. Beri tahulah pasangan Anda saat dia menyakiti Anda.

4. Berkomunikasi dan berkompromi

Komunikasi adalah kunci keberhasilan hubungan apa pun, terutama dengan kepribadian tipe A ini. Bersikaplah jujur ​​​​terhadap apa yang membuatmu tidak nyaman, tetapi lakukanlah dengan penuh kasih sayang. Cobalah untuk membuat dia melihat bahwa ada lebih dari satu cara yang benar untuk melakukan sesuatu.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #terkenal #perfeksionis #kompetitif #begini #seni #menghadapi #pemilik #golongan #darah

KOMENTAR