6 Cara Menghilangkan Kemerahan Akibat Jerawat dan Bopeng Pada Wajah, Apa Saja?
Ilustrasi kemerahan akibat jerawat dan bopeng (Freepik)
12:22
9 Oktober 2024

6 Cara Menghilangkan Kemerahan Akibat Jerawat dan Bopeng Pada Wajah, Apa Saja?

 

 

- Jerawat pada wajah memang sudah ditebak munculnya. Bahkan orang yang mengikuti rutinitas perawatan kulit maksimal pun bisa berjerawat.

Jika Anda menderita jerawat yang merah dan teriritasi, ada beberapa cara untuk meminimalkan kemerahan melalui perawatan kulit.

Kunci untuk mengurangi kemerahan akibat jerawat yaknid dengan mengoleskan senyawa antiperadangan dan bersikap lembut pada kulit Anda. Ini berarti jangan mencoba menggunakan scrub atau produk yang mengiritasi untuk mengobati jerawat Anda.

Jika Anda menggunakan terlalu banyak produk penghilang minyak, kulit Anda dapat bereaksi sebaliknya yakni kulit dapat mulai memproduksi minyak secara berlebihan, yang akan memperburuk jerawat Anda.

Solusinya adalah menjaga kulit Anda tetap bersih dan menggunakan produk yang tepat untuk mengurangi kemerahan saat noda Anda sembuh.

Dilansir dari laman Healthline oleh JawaPos.com, Rabu (9/10), brikut beberapa cara untuk mengurangi kemerahan akibat jerawat dan bopeng:

  1.   Pembersih
Bersihkan kulit dua kali sehari (pagi dan malam) dengan pembersih yang lembut, bebas pewangi, dan nonkomedogenik (tidak menyumbat pori-pori).

  2.   Niacinamide
Tambahkan produk yang mengandung niacinamide ke dalam rutinitas harian Anda. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang larut dalam air yang terbukti dapat mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat.

Anda biasanya dapat menemukannya dalam bentuk serum atau krim untuk penggunaan topikal.

  3.   Asam salisalat
Oleskan asam salisilat topikal pada noda merah yang teriritasi. Asam salisilat adalah bahan pengelupas yang juga memiliki sifat antiperadangan (antikemerahan), antimikroba, dan antijamur bila diaplikasikan pada persentase berkisar 0,5 hingga 5 persen.

  4.   Stiker jerawat
Gunakan stiker jerawat. Jika kemerahan terbatas pada satu (atau dua) lokasi, Anda dapat membeli plester jerawat yang dirancang untuk meminimalkan tampilan jerawat.

Sebagian besar mengandung asam salisilat, niasinamida, vitamin C, atau beberapa kombinasi bahan yang dirancang untuk mengurangi tampilan jerawat dan mempercepat penyembuhan.

  5.   Hipoalergenik
Gunakan pelembap yang ringan dan nonkomedogenik untuk mencegah kulit kering.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli adalah hipoalergenik dalam formula losion atau gel yang biasanya mengandung pelembap, seperti asam hialuronat.

  6.   Es
Tempelkan kompres es yang dibungkus kain atau potongan es pada area kemerahan. Diamkan selama 10 menit atau kurang.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #menghilangkan #kemerahan #akibat #jerawat #bopeng #pada #wajah #saja

KOMENTAR