Apakah Garam Dapur Bisa Menghilangkan Jerawat Punggung? Simak Penjelasan dan Beberapa Tips Berikut
Ilustrasi jerawat punggung. (Freepik)
12:16
9 Oktober 2024

Apakah Garam Dapur Bisa Menghilangkan Jerawat Punggung? Simak Penjelasan dan Beberapa Tips Berikut

 

 

 

Jerawat punggung pada dasarnya adalah suatu kondisi kulit yang memengaruhi pori-pori. Pori-pori memiliki folikel rambut dan kelenjar sebasea atau minyak di bagian bawahnya.

Minyak, yang disebut sebum, mengalir ke permukaan kulit untuk menjaganya tetap lembap. Saat bergerak ke atas, minyak tersebut membawa sel-sel kulit mati dan kotoran keluar dari pori-pori.

Jerawat punggung terjadi ketika minyak, kulit mati, dan kotoran terperangkap dalam pori-pori, membentuk sumbatan. Pori-pori yang tersumbat juga dapat terinfeksi bakteri, yang menyebabkan peradangan.

Area punggung merupakan rumah bagi lebih banyak kelenjar minyak daripada sebagian besar bagian tubuh lainnya. Jadi, di sanalah tempat umum jerawat punggung berkembang.

Garam dapur merupakan produk asli yang dipanen dari garam laut, dengan komposisi utama natrium klorida dan dibuat dari air laut. Selain digunakan dalam masakan, garam dapur sering ditambahkan masakan.

Sementara garam dapur telah kehilangan kandungan mineralnya karena pemrosesan yang ekstensif, garam dapur juga mengandung mineral lain. mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, zat besi, seng.

Menurut vinmec.com dilansir oleh JawaPos.com, Rabu (9/10) perawatan jerawat punggung dengan garam dapur merupakan praktik kuno yang digunakan untuk mengurangi peradangan jerawat umum serta memar dan bekas luka yang ditinggalkannya.

Dengan bahan-bahan alami, mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengembalikan keseimbangan pH kulit, mengendalikan produksi sebum, meningkatkan sirkulasi darah, mendetoksifikasi kulit, dan menutrisi secara mendalam, jerawat punggung akan membaik dengan cepat, terutama bila dikombinasikan dengan perawatan jerawat punggung lainnya.

Berikut adalah cara untuk mengobati jerawat punggung dengan garam dapur, pertama campurkan larutan garam dapur. Mandikan area punggung dengan air hangat untuk membuka pori-pori.

Kemudian ambil garam dapur secukupnya dan campurkan dengan air dalam jumlah yang sama.

Pijat area punggung yang berjerawat dengan campuran ini dengan gerakan memutar yang lembut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Terakhir, tutup pori-pori dengan membilasnya dengan air dingin.      

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #garam #dapur #bisa #menghilangkan #jerawat #punggung #simak #penjelasan #beberapa #tips #berikut

KOMENTAR