7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bikin Penuaan Dini dan Timbulkan Keriput, Wajib Dihindari!
ilustrasi penuaan dini (livehealthy.muhealth.org)
15:02
30 Januari 2024

7 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bikin Penuaan Dini dan Timbulkan Keriput, Wajib Dihindari!

- Apakah Anda percaya dengan pernyataan bahwa, yang Anda taruh di piring dan Anda makan dapat memengaruhi wajah yang setiap hari Anda lihat di cermin?

Jika ya, berarti mulai dari sekarang Anda harus memperhatikan makanan dan minuman apapun yang Anda konsumsi.

Sebab, sedikit saja perubahan pada kebiasaan makan Anda, bisa sangat membantu untuk menjaga kulit Anda tetap awet muda dan tubuh menjadi tetap sehat.

Dilansir dari health.com dan webmd.com, berikut beberapa makanan dan minuman yang wajib dihindari jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini.

1. Makanan yang digoreng

Makanan pun yang digoreng dengan minyak dapat menambah peradangan di seluruh tubuh, sehingga harus dihindari. Lemak trans yang tercipta dari hasil penggorengan, dapat meningkatkan kolesterol "jahat" LDL dan menurunkan kolesterol "baik" HDL. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Memakan makanan yang digoreng diperbolehkan, asal secukupnya saja. Jika Anda membeli makanan kemasan yang digoreng, pastikan untuk memeriksa label makanan tersebut. Bahan yang harus dihindari diantaranya “minyak terhidrogenasi parsial” dan “shortening nabati”.

2. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis adalah salah satu yang dapat menimbulkan penuaan dini, terutamanya makanan seperti permen, donat, kue, atau minuman tinggi gula.

Gula dalam makanan dan minuman manis selain dapat menyebabkan dehidrasi juga berperan dalam penuaan kulit. Ketika Anda mengonsumsi banyak gula, tubuh Anda akan mengalami kelebihan molekul gula. Kemudian, molekul itu akan bergabung dengan protein.

Kombinasi ini menghasilkan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang dapat merusak kolagen kulit Anda. Selain itu, hal tersebut juga dapat memicu perkembangan kerutan pada kulit.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengurangi asupan gula dengan minum lebih banyak air putih, membatasi memakan permen dan makanan penutup yang menggunakan pemanis alami, seperti pemanis buah Stevia atau biksu

3. Daging merah dan berlemak

Daging merah berlemak seperti daging sapi, babi, dan domba, diketahui akan menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memicu proses yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Jika sel kulit rusak, maka kulit akan kehilangan kemampuan untuk dapat melindungi dirinya sendiri dan menghasilkan kolagen.

Daging olahan yang tinggi lemak jenuh dan mengandung nitrat lainnya yang harus dihindari adalah hot dog, bacon, dan pepperoni.

Sebagai alternatif, konsumsilah daging giling yang kandungan lemaknya minimal 95%. Dada kalkun giling dan dada ayam dapat dijadikan pilihan.

4. Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang mungkin baik untuk jantung Anda. Namun, jika Anda meminumnya dalam jumlah banyak, maka dapat berisiko mempercepat proses penuaan, terutama pada wajah.

Sebuah penelitian membuktikan, ada hubungan antara konsumsi alkohol yang tinggi dengan tanda-tanda penuaan wajah yang parah seperti kerutan.

Sebagai alternatif, batas konsumsi alkohol yang direkomendasikan adalah sebanyak dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas saja untuk wanita.

Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk membatasi asupan alkohol dengan mencoba minuman non-alkohol. Contohnya, seperti bir dan anggur tanpa alkohol.

5. Kopi

Kopi adalah sumber kafein terbesar, dan tambahan gula yang sering kali terdapat dalam menuman tersebut, menjadikan kedua bahan itu dapat sangat berdampak negatif terhadap penuaan kulit. Sehingga, kopi dan gula sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Para peneliti juga menemukan fakta bahwa, kafein dapat menurunkan produksi kolagen (protein yang menjaga kulit tetap kencang dan sehat) dalam sel kulit manusia. Namun, butuh penelitian lanjut untuk dapat memastikan hal tersebut.

6. Makanan asin dan pedas

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi dan rasa pedas, diketahui dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit Anda hingga menyebabkan penuaan. Alternatif yang bisa dilakukan adalah, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kandungan natriumnya tidak lebih dari 2.300 mg perharinya.

Beberapa makanan yang bisa dipilih seperti, kacang tanpa garam, sayuran segar, beku, atau kalengan tanpa saus dan dengan natrium lebih rendah. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi daging tanpa lemak atau makanan laut yang segar dan beku

7. Makanan yang dibakar dan dipanggang

Arang hitam pada makanan yang dibakar mengandung hidrokarbon proinflamasi. Senyawa tersebut diketahui dapat memicu peradangan. Saat peradangan terjadi, kolagen yang terkandung dalam kulit akan terurai karena aktivitas enzim.

Sehingga, penting untuk selalu membersihkan panggangan setelah digunakan. Hal itu harus dilakukan agar hidrokarbon proinflamasi yang mungkin menempel disana tidak akan mencemari makanan Anda berikutnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #jenis #makanan #minuman #bikin #penuaan #dini #timbulkan #keriput #wajib #dihindari

KOMENTAR