Minum Air Putih Dapat Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kulit Wajah
Ilustrasi air mineral atau air putih. (Freepik)
16:16
8 Oktober 2024

Minum Air Putih Dapat Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Terdapat penelitian terbaru menunjukkan bahwa pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan kulit, terutama terkait dengan jerawat.

Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa nutrisi tertentu, kelompok makanan, dan pola diet bisa berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Namun, masih menjadi kontroversi apakah minum air benar-benar memengaruhi kesehatan kulit.

Dilansir dari laman healthline.com, Selasa (8/10), JawaPos akan membahas secara mendalam bagaimana konsumsi air dapat berpengaruh terhadap jerawat.

1. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Minum air dianggap dapat membantu mencegah jerawat dengan menjaga hidrasi kulit yang baik.

Kulit kering dapat memicu produksi minyak berlebih, yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air dapat menjaga kulit tetap lembut dan halus, terutama jika dikombinasikan dengan pelembab dan produk perawatan kulit lainnya.

Misalnya, dalam sebuah studi selama 30 hari yang melibatkan 49 wanita, minum 2 liter air tambahan setiap hari secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit.

Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa peningkatan asupan cairan membantu meningkatkan kelembaban lapisan luar kulit sekaligus mengurangi kekeringan dan kekasaran kulit.

2. Mendukung Fungsi Imun

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa menjaga hidrasi yang baik dapat memengaruhi fungsi imun.

Sistem kekebalan yang sehat dapat melindungi tubuh dari infeksi, yang juga dapat membantu mencegah jerawat.

Secara khusus, Cutibacterium acnes (C. acnes) adalah strain bakteri yang dianggap berperan dalam perkembangan jerawat.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, bukti menunjukkan bahwa minum lebih banyak air dapat mendukung kemampuan tubuh melawan infeksi, yang pada gilirannya mendukung kesehatan kulit.

3. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mengurangi keparahan jerawat dan mengatur kadar hormon, termasuk insulin.

Kadar insulin yang tinggi dapat meningkatkan produksi minyak, yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa membatasi asupan air selama tiga hari menyebabkan kontrol gula darah yang terganggu pada pria dengan diabetes tipe 2.

Penelitian lain selama 9 tahun menunjukkan bahwa minum lebih banyak air dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kadar gula darah tinggi.

4. Mendukung Detoksifikasi Alami

Tubuh memiliki sistem detoksifikasi yang sangat efisien, termasuk hati, ginjal, paru-paru, saluran pencernaan, dan kulit.

Air sangat penting untuk detoksifikasi yang tepat karena membantu membawa nutrisi ke seluruh tubuh, membuang racun, dan menjaga kerja hati dan ginjal agar tetap efisien.

Selain itu, air yang diekskresikan melalui keringat membantu menghilangkan racun dan logam berat dari tubuh secara alami, yang bisa mencegah pori-pori tersumbat dan mengurangi risiko jerawat.

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian, minum air dapat mendukung hidrasi kulit, fungsi imun, pengaturan kadar gula darah, dan detoksifikasi alami tubuh yang semuanya berpotensi membantu mencegah jerawat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #minum #putih #dapat #membantu #mengatasi #jerawat #simak #manfaat #putih #bagi #kesehatan #kulit #wajah

KOMENTAR