Waspada Mafia Skincare, Ini Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman
Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman (Freepik)
07:47
8 Oktober 2024

Waspada Mafia Skincare, Ini Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman

Mafia skincare sedang ramai diperbincangkan di media sosial, yang merujuk pada individu atau kelompok yang memproduksi, mendistribusikan, dan menjual produk perawatan kulit yang tidak aman dan tidak memiliki izin edar resmi. Supaya tak terjebak memakai produk-produk berbahaya tersebut, ada baiknya mengetahui tips memilih produk kecantikan yang aman.

Belakangan viral sosok pengusaha di Bandung yang disebut sebagai mafia skincare dengan metode maklon. Disebut bahwa pemilik pabrik skincare di Bandung itu diduga merayu para reseller dari merek-merek besar untuk menjual skincare etiket biru, istilah untuk produk perawatan kulit yang mengandung bahan obat keras dan dibuat secara racikan.

Nah, agar terhindar dari produk-produk yang diedarkan oleh para mafia skincare tersebut, ini tips memilih produk kecantikan yang aman.

Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman

Baca Juga: Tips Memilih Skincare Aman untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Agar kita tetap aman dalam memakai produk kecantikan, perlu diperhatikan ciri-ciri kosmetik yang aman sebelum memutuskan untuk membeli lalu menggunakannya. Secara umum, produk kecantikan yang aman bercirikan sebagai berikut:

  • Memiliki izin edar dari BPOM
  • Tidak menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit saat dipakai
  • Kemasan masih dalam keadaan baik saat dibeli
  • Memiliki tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa
  • Tidak mengandung merkuri, timbal, atau bahan kimia berbahaya
  • Memiliki label kemasan dan komposisi yang jelas.

Saat kamu akan membeli, pastikan untuk selalu mengcek kemasan dan label produk kosmetik. Periksa setiap isinya, apakah ada kecacatan pada kemasan. Selanjutnya temukan nomor izin edar pada kemasan. Jika ada izin edar, artinya bahan-bahan pun dijamin aman karena sudah diuji lebih dulu oleh BPOM. Apabila produk tersebut tidak terdaftar, sudah pasti bahan skincare yang kamu pilih ilegal dan tidak terjamin aman.

Namun, bagaimana jika ada permainan 'orang dalam' dalam pengemasan produk skincare? Bagaimana cara memilih produk kecantikan yang aman? Jika terjadi hal demikian, dan untuk menghindari hal-hal buruk seperti itu, kita bisa membeli produk dari merek-merek ternama yang sudah dipastikan aman karena telah beredar selama bertahun-tahun.

Dan apabila kamu mencoba produk baru, lihat reaksi yang terjadi pada kulit wajah kamu. Jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian terhadap produk baru tersebut.

Demikian itu info waspada mafia skincare dan tips memilih produk kecantikan yang aman.

Baca Juga: Bikin Lembap Maksimal! 4 Rekomendasi Moisturizer Viral Brand Korea

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Vania Rossa

Tag:  #waspada #mafia #skincare #tips #memilih #produk #kecantikan #yang #aman

KOMENTAR