Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INFJ, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi tes INFJ. (Pexels.com)
08:32
29 Januari 2024

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INFJ, Berikut Penjelasannya

- Setiap orang memiliki tipe kepribadian masing-masing, seperti tipe kepribadian introvert atau ekstrovert. Ada beberapa tes kepribadian, salah satunya adalah tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Tes ini dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Selain itu, tes ini sangat populer dan sering digunakan untuk mengidentifikasi tren di bidang atau profesi tertentu. Kepribadian INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.

Dilansir dari Truity, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian INFJ.

Kelebihan Kepribadian INFJ

1. Berwawasan Baik

Dia memiliki wawasan yang luas tentang orang dan situasi, dan pandai membuat hubungan di antara mereka. Beberapa orang adalah visioner, sementara yang lainnya adalah pemecah masalah yang membumi, namun INFJ berhasil melewati batas antara kedua identitas tersebut dan mereka biasanya berhasil dengan sangat baik.

INFJ adalah pemikir berwawasan luas yang melihat situasi dan orang secara efektif dan senang mengembangkan strategi praktis untuk bertindak.

2. Berempati

Sebagai tipe perasaan, Anda mungkin berharap INFJ menunjukkan belas kasih, tetapi yang membedakan mereka adalah empati mereka hadir dengan sisi intuitif yang tajam. Mereka cepat mengenali kekhawatiran dan ketidakbahagiaan pada teman dan orang yang dicintai, bahkan ketika tanda-tanda kesusahan tidak terlihat oleh orang lain.

INFJ secara unik mampu mendeteksi penderitaan yang tidak terucapkan dan tidak diakui, dan terpanggil untuk bertindak berdasarkan kemampuan naluriah mereka untuk melihat apa yang ada di balik penderitaan.

3. Tegas

Bagi INFJ, ada hambatan yang harus diatasi dan tidak ada masalah yang dapat menandingi kekuatan dan ketahanan yang dimiliki oleh tipe ini. INFJ menindaklanjuti ide-ide mereka dengan keyakinan, dan memiliki kemauan serta ketegasan yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek sampai akhir. INFJ hidup untuk mendapatkan kesempatan memecahkan masalah dan membawa perubahan positif di dunia.

4. Kreatif

Dia menggunakan imajinasinya untuk meningkatkan kehidupannya dan kehidupan orang-orang disekitarnya, termasuk memecahkan masalah.

Kekurangan Kepribadian INFJ

1. Menolak Konflik

INFJ sangat tidak menyukai konflik dan biasanya akan melakukan intervensi untuk menghentikannya, namun perspektif mereka bisa terdistorsi dalam hal ini. INFJ sering kali gagal menyadari bahwa konflik sebenarnya memiliki tujuan yang berguna, memungkinkan terciptanya proses memberi dan menerima yang baik dan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menyelesaikan masalah mereka selamanya.

Para INFJ sebaiknya mengakui nilai dialog yang terbuka dan jujur, daripada secara otomatis berasumsi bahwa semua pertengkaran itu merugikan.

2. Tertutup

Terlepas dari sifat mereka yang penyayang dan sensitif, INFJ memiliki kecenderungan untuk menutup diri dari dunia dan tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengenal atau melihat kualitas luar biasa yang mereka miliki.

Bahkan, dalam hubungannya dengan keluarga dan teman terpercaya, INFJ bisa jadi penuh teka-teki. Ketika mereka merasa frustrasi atau mawas diri, mereka mungkin menarik diri dari kontak sosial tanpa memberikan penjelasan apa pun, yang dapat membuat orang lain bingung.

3. Sensitif dan Anti Kritik

Begitu INFJ mengambil keputusan, mereka cenderung sangat percaya diri dengan kesimpulannya dan mungkin tidak terlalu menoleransi pihak-pihak yang terus berbeda pendapat. Ketika seseorang mempertanyakan kesimpulannya, mereka akan bereaksi sangat keras dan sangat rentan terhadap kritik.

4. Menolak Konflik

INFJ sering kali gagal menyadari bahwa konflik sebenarnya memiliki tujuan yang berguna, memungkinkan terciptanya proses memberi dan menerima yang baik dan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menyelesaikan masalah mereka selamanya.

INFJ sangat tidak menyukai konflik dan biasanya akan melakukan intervensi untuk menghentikannya, namun perspektif mereka bisa terdistorsi dalam hal ini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kelebihan #kekurangan #kepribadian #infj #berikut #penjelasannya

KOMENTAR