12 Camilan Kemakmuran Harus Ada saat Imlek, Bikin Tahun Depan Lebih Hoki
Ilustrasi Imlek (Pixabay)
20:37
28 Januari 2024

12 Camilan Kemakmuran Harus Ada saat Imlek, Bikin Tahun Depan Lebih Hoki

Di antara berbagai makanan khas Imlek, ada juga camilan kemakmuran alias lucky food yang sebaiknya jangan dilewatkan, dan harus ada di meja makan. Kira-kira apa saja ya?

Tahun baru Imlek 2024 bertepatan dengan tahun Naga, yang mencerminkan keberuntungan, kekuatan dan kesehatan. Harapan yang baik ini dipercaya masyarakat Tiongkok peluangnya bisa ditambah dengan makanan yang disantap saat Imlek.

Nah, tunggu apa lagi? Berikut ini 12 camilan kemakmuran saat Imlek yang harus ada di meja makan melansir Taste of Home, Sabtu (27/1/2024).

1. Pangsit

ilustrasi makanan dari kulit pangsit. (pexels)ilustrasi makanan dari kulit pangsit. (pexels)

Menurut legenda kuno, jumlah pangsit yang dimakan selama Tahun Baru Imlek memprediksi jumlah uang yang akan Anda hasilkan di tahun mendatang. Jadi, makan lebih banyak lebih baik. Isian pangsit juga bisa beragam dari mulai daging sapi, udang, ayam hingga sayuran.

2. Mi panjang umur

Makanan ini dikenal sebagai changshou mian, yang berarti “mie umur panjang” dan memiliki panjang hingga dua kaki. Menurut tradisi Tiongkok, semakin panjang mie, Anda akan semakin beruntung.

Tapi sebaiknya, berhati-hati agar tidak merusak atau memutusnya saat proses memasak, karena itu mencerminkan nasib buruk yang berarti berumur pendek.

3. Nampan kebersamaan

Tidak kurang dari 6 hingga 8 isian dalam makanan ini, yang melambangkan keberuntungan. Umumnya nampan berbentuk bulat, yang melambangkan kedamaian dan keharmonisan keluarga,

Isi nampan dengan berbagai macam camilan kecil seperti buah kering , kacang-kacangan, atau permen. Anda juga bisa memasukkan kue jahe almond buatan sendiri ini .

4. Lumpia

Menyerupai emas batangan, lumpia membawa kekayaan dan keberuntungan. Anda bisa mengisi roti gulung goreng ini dengan berbagai isian, antara lain daging babi, tauge, wortel parut, kol, dan berbagai macam sayuran lainnya.

Perbedaan antara egg roll dan lumpia adalah egg roll memiliki pembungkus pangsit atau adonan ragi, sedangkan lumpia memiliki pembungkus yang lebih tipis.

5. Jeruk

Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)

Beberapa jeruk yang disarankan harus ada yaitu jeruk kumquat, jeruk keprok, pomelo yang kerap dijadikan hadiah makanan tahun baru.

Kata dalam bahasa Cina untuk jeruk dan jeruk keprok sangat mirip dengan kata keberuntungan dan kekayaan. Warna emas juga melambangkan kemakmuran.

6. Bola nasi manis

Bola-bola nasi manis ini adalah makanan umum Tahun Baru Imlek karena bentuknya yang bulat menandakan persatuan.

Bola lengket ini juga melambangkan keharmonisan dan kebersamaan keluarga karena namanya tang yuan, terdengar seperti kata reuni dalam bahasa Cina yaitu tuan yuan.

7. Ikan

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata ikan mirip dengan kemakmuran yang terdengar mirip. Untuk menjamin kesuksesan di tahun mendatang, ikan kukus menjadi hidangan rutin di meja Tahun Baru Imlek.

Khususnya, ikan mas crucian dan ikan mas lumpur merupakan homofon untuk keberuntungan dan nasib baik.

8. Year cake

Dalam bahasa China kue ini disebut dnegan nian gao, diucapkan seperti tahun yang lebih baik, yang menjadikan camilan ini bisa membawa keberuntungan.

Kue tepung ketan ini awalnya digunakan sebagai persembahan pada saat upacara ritual. Kini, orang-orang memakan nian gao pada hari pertama tahun baru untuk mendatangkan kesehatan, kekayaan, dan kebahagiaan.

9. Delapan nasi harta karun

Hidangan tradisional ini terbuat dari ketan dan dihiasi dengan delapan 'harta karun' berbagai macam biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti plum, nangka, dan kismis.

Delapan adalah angka keberuntungan dalam budaya Tiongkok dan menyantap makanan penutup pada hari raya ini melambangkan manisnya tahun depan.

10. Fa Gao

Fa Gao ini disebut sebagai kue kemakmuran yang bentuknya menyerupai kue tepung beras kukus. Kue ini terkenal dengan bagian atasnya yang terbelah.

Menurut tradisi, semakin banyak bagian atas kue Anda, semakin beruntung di tahun baru. Fa gao diterjemahkan menjadi “kue kemakmuran”, jadi tidak mengherankan jika camilan ini menjadi makanan Tahun Baru Imlek yang populer.

11. Kue almond

Kue almond Cina dianggap membawa keberuntungan finansial di tahun baru. Bentuknya yang bulat menyerupai koin yang melambangkan kekayaan dan nasib baik.

12. Ayam utuh

Menyajikan ayam utuh (termasuk kepala dan kaki) menandakan keutuhan dan kemakmuran di tahun baru. Kata Cina untuk ayam, j yang merupakan homofon untuk keberuntungan dan kekayaan besar dan juga melambangkan persatuan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #camilan #kemakmuran #harus #saat #imlek #bikin #tahun #depan #lebih #hoki

KOMENTAR