Bunda Aliyya Lulusan Mana? Dikritik usai Diduga Bandingkan Pernikahan Gus Zizan dengan Nabi Muhammad
Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Instagram/@bunda_aliyya)
15:47
7 Oktober 2024

Bunda Aliyya Lulusan Mana? Dikritik usai Diduga Bandingkan Pernikahan Gus Zizan dengan Nabi Muhammad

Pernikahan Gus Zizan dengan influencer Kamila Asy Syifa tak henti menjadi buah bibir. Pasalnya keduanya dianggap melanggengkan praktik pernikahan dini karena Gus Zizan masih berusia 19 tahun, sedangkan Kamila masih berumur 17 tahun.

Untuk diketahui, pemerintah telah mengatur batas minimal usia pengantin adalah 19 tahun. Batas minimal ini berlaku baik untuk pengantin perempuan maupun laki-laki, sebagaimana tercantum di Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019.

"Dalam hal ini, batas minimal umur perkawinan bagi wanita dipersamakan dengan batas minimal umur perkawinan bagi pria, yaitu 19 (sembilan belas) tahun," demikianlah bunyi peraturannya.

Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Instagram/@bunda_aliyya)Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Instagram/@bunda_aliyya)

Tak heran jika pernikahan Gus Zizan dan Kamila menuai pro-kontra yang berujung membuat pola asuh ibunda Kamila, Alia Suryani, ikut menjadi sorotan.

Baca Juga: Profil Bunda Aliyya, Ibu Kamila Asy-Syifa Izinkan Anaknya Nikah Muda dengan Gus Zizan

Namun influencer yang aktif di akun Instagram @/bunda_aliyya itu malah merespons dengan cukup pedas hingga membuatnya semakin dikritik, terutama di linimasa platform X.

"Salah satu tanda kalian bagian adri SDM rendahan adalah kalian sibuk mempersoalkan hal receh yang tidak mempengaruh kehidupan kalian," tulis Alia di Instagram Story-nya dan kembali diviralkan oleh akun X @/tanyarlfes.

"Saking miskinnya ilmu di kepala kalian, sehingga kalian harus menjadikan pernikahan orang sebagai topik pembahasan kalian di tongkrongan hingga sosial media?" sambungnya.

Tak hanya itu, Alia juga diduga membandingkan pernikahan anaknya yang kontroversial itu dengan pernikahan sejumlah tokoh besar di masa lampau, termasuk kisah cinta Nabi Muhammad SAW dengan Sayyidah Aisyah.

"Sayyidah Aisyah menikah dengan Baginda Nabi di usia yang belum genap 10 tahun, Cut Nyak Dien menikah di usia 12 tahun, Siti Oetari (Putri HOS Cokroaminoto) menikah di usia 16 tahun," tutur Alia.

Baca Juga: Siapa Kayla Nadira? Kakak Ipar Gus Zizan Ternyata Juga Menikah Muda

Unggahan ini membuat Alia semakin menjadi bulan-bulanan warganet, termasuk disoroti soal latar belakang pendidikannya. Apalagi karena Alia mencantumkan tulisan "Psychology Graduate" di bio Instagram-nya.

Riwayat Pendidikan Alia Suryani

Alia Suryani alias Bunda Aliyya, ibu Kamila Asy Syifa istri Gus Zizan. (Instagram/@kamila_asy_syifa)Alia Suryani alias Bunda Aliyya, ibu Kamila Asy Syifa istri Gus Zizan. (Instagram/@kamila_asy_syifa)

Wanita asal Jambi kelahiran 1 November 1977 ini diriwayatkan pernah bersekolah di SDN 43 Pasir Putih, SMPN 7 Jambi, lalu ke SMAN 1 Jambi.

Setelahnya Alia disebut memilih merantau ke Bandung, Jawa Barat dan mengambil pendidikan Psikologi di Universitas Islam Bandung. Selain itu, Alia juga disebut melanjutkan studinya ke jurusan yang sama di Universitas Indonesia.

Namun saat dilakukan pemeriksaan silang ke situs PDDikti, tak tersedia cukup informasi mengenai pendidikan Alia. Bila benar Alia menempuh pendidikan lanjut terkait Psikologi di UI, maka kemungkinan Alia mengambil jenjang pascasarjana di bidang Psikologi Profesi tetapi dinyatakan mengundurkan diri pada tahun ajaran 2014/2015.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #bunda #aliyya #lulusan #mana #dikritik #usai #diduga #bandingkan #pernikahan #zizan #dengan #nabi #muhammad

KOMENTAR