8 Kegiatan Imlek Bareng Keluarga yang Seru dan Menyenangkan, Biar Gak Jenuh Saat Libur!
Warga Tionghoa melakukan ibadah Imlek di Wihara Amurva Bhumi, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:05
27 Januari 2024

8 Kegiatan Imlek Bareng Keluarga yang Seru dan Menyenangkan, Biar Gak Jenuh Saat Libur!

Momen Hari Raya Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024 kerap dijadikan ajang umat Konghucu kumpul keluarga. Apa saja ya, kegiatan Imlek agar suasana lebih semarak?

Chinese New Year 2024 di Indonesia, termasuk hari libur nasional dan jatuh di akhir pekan sehingga semua anggota keluarga bisa berkumpul untuk merayakannya. Ditambah umumnya persiapan Hari Raya Imlek sudah mulai dilakukan 2 pekan sebelum hari H.

Berikut ini rekomendasi kegiatan Imlek 2024, yang bisa dilakukan melansir China Highlights, Jumat (26/1/2024).

Imlek (pexels)Imlek (pexels)

1. Membersihkan rumah

Kegiatan membersihkan rumah sudah jadi tradisi masyarakat Tionghoa jelang Hari Raya Imlek. Kegiatan yang melambangkan menyingkirkan barang lama untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun lama dan menyambut tahun baru Imlek, lebih asik dilakukan bersama keluarga dan jadi momen family time.

2. Berbelanja

Sebagai persiapan menyambut tahun baru, umumnya umat Konghucu akan berbelanja memberi beragam makanan, jajanan, dekorasi, pakaian hingga kembang api untuk acara tahun baru. Kegiatan ini juga akan lebih menarik dilakukan bersama anggota keluarga.

3. Makan malam keluarga

Makan malam sebelum tahun baru Imlek atau reunion dinner, merupakan kegiatan wajib dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Tapi jika ingin suasana baru, seperti sekalian liburan di Bali, bisa makan malam mewah Senses yang secara khusus menyajikan masakan internasional dan spesialisasi Tiongkok dengan konsep prasmanan sehingga suasana lebih santai dan hangat.

4. Saling memberi angpau

Saat hari raya Imlek, biasanya orang tua memberikan angpao berupa amplop merah kepada anak-anak setelah reunion dinner. Di momen ini sesama anggota keluarga akan saling mendoakan kesehatan, dan rezeki yang semakin baik di tahun mendatang.

Warga lanjut usia (lansia) menunjukkan angpau yang diterimanya dari Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/1/2021).  [ANTARA FOTO/Aji Styawan]Warga lanjut usia (lansia) menunjukkan angpau yang diterimanya dari Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/1/2021). [ANTARA FOTO/Aji Styawan]

Apalagi uang dalam amplop merah dipercaya membawa keberuntungan bagi masyarakat Tiongkok.

5. Ikut perayaan di taman

Umumnya saat Imlek, ada perayaan kegiatan tradisional di taman untuk merayakan hari pertama tahun baru Imlek. Uniknya, taman tropis rimbun di jantung resor, Senses memiliki pemandangan lanskap yang indah, lengkap dengan duduk luar ruangan.

6. Ikut acara festival lentera

Selama periode awal tahun baru China, banyak festival yang diadakan masyarakat Tiongkok, termasuk festival lentera yang banyak digelar di berbagai tempat umum. Seperti di laut, sungai, hingga danau.

7. Minum teh bersama

Sambil menunggu persiapan tahun baru atau setelah Imlek terjadi, bisa dengan menikmati minum teh bersama anggota keluarga sambil berbincang dengan percakapan dalam. Seperti konsep prosperous afternoon tea yang diadakan Ritz Carlton Bali periode 7 hingga 13 Februari 2024 yang menyajikan camilan kemakmuran khas Imlek.

8. Menonton pesta kembang api

Salah satu kegiatan yang sebaiknya tidak dilewatkan saat tahun baru Imlek, yaitu pesta kembang api. Umumnya di Indonesia kegiatan ini diadakan di Chinatown yang terdapat di berbagai daerah.

Apalagi ada kepercayaan semakin keras suara petasan, maka semakin baik dan beruntung bisnis hingga pertanian yang akan dihadapi di tahun mendatang.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #kegiatan #imlek #bareng #keluarga #yang #seru #menyenangkan #biar #jenuh #saat #libur

KOMENTAR