Simak 7 Perbedaan dari Behel dan Clear Aligner!
Ilustrasi Aligner Gigi (Unsplash/Diana Polekhina)
09:16
27 Januari 2024

Simak 7 Perbedaan dari Behel dan Clear Aligner!

 

 

 – Tiap orang memiliki struktur gigi yang berbeda-beda. Namun, struktur gigi yang tidak rapi dapat menyebabkan berbagai gangguan pada gigi dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, juga membuat rasa percaya diri ikut menurun saat bersama orang lain atau beraktivitas sehari-hari.

Untuk itu lah, banyak orang yang melakukan perawatan untuk merapikan struktur gigi agar kesehatan gigi tetap terjaga dan penampilan semakin membaik.

Ada beberapa cara untuk merapikan struktur gigi, yaitu menggunakan aligner dan behel. Keduanya dinilai sama-sama mampu merapikan gigi dengan baik.

Lalu, apa perbedaan dari kedua perawatan ini?

Dikutip dari Everyday Health dan Central Cost Orthodontics, Sabtu (27/1), berikut adalah perbedaan dari menggunakan aligner dan behel.

  1. Aligner hanya merapikan struktur gigi

Salah satu perbedaan pertama adalah keterbatasan pada Aligner Gigi yang hanya bisa merapikan struktur gigi, karena mereka tidak mampu mengatasi masalah gangguan gigi dan mulut secara menyeluruh.

  1. Bahan dari behel dan Aligner

Perbedaan lainnya adalah bahan yang digunakan untuk membuat behel dan Aligner.

Jika behel atau kawat gigi terbuat dari logam atau porselen, maka Aligner Gigi terbuat dari plastik yang membuatnya memiliki warna bening.

  1. Cara kerja

Behel akan dipasangkan langsung pada gigi yang di mana logam dan karetnya yang menempel di gigi akan membantu gigi bergerak hingga ke posisi yang diinginkan.

Sedangkan untuk Aligner, mereka dibuat khusus dengan bentuk menyerupai struktur gigi, karena Aligner hanya akan membantu gigi perlahan membentuk struktur gigi yang diinginkan.

  1. Pemasangan

Jika pemasangan dan perawatan behel cukup lama dan tidak dapat dilepas kapan saja, maka Aligner berbeda karena Aligner dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan dan membutuhkan waktu yang lebih cepat dan mudah.

  1. Perawatan

Jika penggunaan dan perawatan dari behel memerlukan perawatan lebih karena adanya pengawasan rutin dari dokter, maka berbeda dengan Aligner yang penggunaan dan perawatannya lebih mudah.

  1. Kenyamanan

Banyak orang menilai lebih nyaman ketika menggunakan Aligner daripada behel, karena penggunaan behel seringnya memicu rasa tidak nyaman pada area gusi dan mulut, bahkan tidak jarang dapat memicu sariawan.

  1. Batasan jenis makanan

Saat memakai behel, pasien selalu mendapatkan batasan untuk makanan apa yang bisa dikonsumsi secara langsung yang dinilai aman untuk penggunaan behel.

Namun berbeda dengan behel, Aligner tidak menentukan adanya batasan jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi karena mereka bisa melepas Aligner kapanpun saat hendak mengkonsumsi makanan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #perbedaan #dari #behel #clear #aligner

KOMENTAR