7 Oktober Memperingati Hari Apa? Nggak Banyak yang Tahu, Salah Satunya Hari Habitat Sedunia
Ilustrasi: Hari ini 7 Oktober memperingati beberapa hari penting. (The Citizen)
11:28
7 Oktober 2024

7 Oktober Memperingati Hari Apa? Nggak Banyak yang Tahu, Salah Satunya Hari Habitat Sedunia

Di kalender masyarakat Indonesia, hari ini, 7 Oktober bukan merupakan hari yang penting dan punya sejarah. Nggak banyak orang tahu, ternyata 7 Oktober, dunia memperingati hari penting, salah satunya adalah Hari Habitat Sedunia.   Salah satu peringatan di tanggal 7 Oktober ini adalah Hari Habitat Sedunia atau World Habitat Day. Hari Habitat Sedunia ini adalah sebuah hari peringatan yang dilaksanakan pada hari Senin pertama di bulan Oktober setiap tahunnya.    Dan kebetulan, hari ini tanggal 7 Oktober 2024 merupakan Senin pertama di bulan Oktober. Hari peringatan tersebut diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk merefleksikan keadaan kota-kota besar dan kecil, dan pada hak dasar semua orang untuk tempat tinggal yang memadai.   

  Pada tahun 1985, PBB menetapkan Senin pertama bulan Oktober setiap tahun sebagai Hari Habitat Dunia. Majelis Umum PBB membuat dan mengeluarkan Resolusi 40/202 sebagai dasar penetapan Hari Habitat Sedunia. Hari peringatan tersebut mulai dirayakan satu tahun setelah itu.   Ide dari Hari Habitat Sedunia adalah untuk merefleksikan keadaan kota-kota kita dan hak dasar setiap orang atas tempat tinggal yang layak. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan dunia akan tanggung jawab kolektifnya terhadap masa depan habitat manusia.   Lalu ada peringatan apa lagi di 7 Oktober? Masih di tanggal 7 Oktober, ada juga Hari Kapas Sedunia atau World Cotton Day. Hari Kapas Sedunia juga diakui oleh Majelis Umum dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 30 Agustus 2021.   

  Pengakuan tersebut berdasarkan proposal yang diajukan oleh enam negara yang berasal dari benua Afrika, yakni Benin, Burkina Faso, Chad, Pantai Gading dan Mali.   Dilansir dari WTO, Hari Kapas Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 7 Oktober adalah kesempatan untuk menyoroti peran kapas sebagai komoditas dalam menciptakan lapangan kerja dan menjaga stabilitas ekonomi di negara-negara penghasil kapas, terutama di negara-negara kurang berkembang (LDC).    Perayaan yang menandai hari ini bertujuan untuk mendorong kebijakan perdagangan yang berkelanjutan dan untuk memungkinkan negara-negara berkembang mendapatkan keuntungan dari berpartisipasi dalam setiap langkah rantai nilai kapas.   Selain itu, ada juga Hari Komunikasi Damai Sedunia. Menurut National Day Archives,  Hari Komunikasi Damai Internasional diperingati pada tanggal 7 Oktober. Didirikan oleh Ruben M. West pada tahun 2019 untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya komunikasi damai dan menjadikannya sebagai norma bagi semua lapisan masyarakat.  

  Masih ada lagi. Peringatan lainnya adalah Hari Arsitektur Sedunia atau World Architecture Day. Menurut Days of The Year, Hari Arsitektur Sedunia diciptakan untuk memberi penghormatan kepada industri ini. Arsitek memiliki kemampuan untuk mengubah dunia tempat kita tinggal dengan karya mereka yang menakjubkan.    Hari Arsitektur Sedunia adalah tentang mengakui karya mereka, serta peran penting yang dimainkan oleh arsitektur.  Arsitektur dinilai memiliki banyak pengaruh terhadap masyarakat dan dunia di sekitar kita.    Arsitektur pada dasarnya diciptakan untuk menciptakan lingkungan fisik agar manusia dapat tinggal di dalamnya. Namun, arsitektur lebih dari sekadar lingkungan yang dibangun. Arsitektur adalah bagian dari budaya kita. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #oktober #memperingati #hari #nggak #banyak #yang #tahu #salah #satunya #hari #habitat #sedunia

KOMENTAR