Pencegahan Jerawat akibat Gaya Hidup Buruk, Tips Praktis Kulit Sehat dan Bersih Setiap Hari
Ilustrasi perempuan yang wajahnya berjerawat. Freepik
20:20
6 Oktober 2024

Pencegahan Jerawat akibat Gaya Hidup Buruk, Tips Praktis Kulit Sehat dan Bersih Setiap Hari

–Memperhatikan gaya hidup menjadi kunci untuk mencegah jerawat. Jerawat sering muncul karena faktor kita mengabaikan gaya hidup tanpa disadari.

Kebiasaan sehari-hari yang tampak sepele bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Misalnya stres terlalu berlebihan, tidur yang tidak nyenyak, sampai terlalu sering memegang wajah.

Banyak orang mencoba berbagai produk perawatan kulit, tapi melupakan faktor gaya hidup sebagai pemicu utama. Jika kamu merasa sering berjerawat, mungkin sudah saatnya mengevaluasi gaya hidupmu.

Selain dari perawatan yang digunakan untuk membersihkan kulit, terdapat kebiasaan yang juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di masa depan. Dilansir WebMd terdapat beberapa kebiasaan dapat diterapkan untuk mencegah jerawat.  Mulailah dengan melakukan perubahan-perubahan dalam gaya hidup.

Atur Waktu untuk Bersantai

Dokter spesialis kulit Ivy Lee dari Pasadena Premier Dermatology di California mengungkapkan jika hal paling penting untuk meminimalisir jerawat adalah dengan mengurangi stres.

”Stres memicu produksi minyak wajah atau sebum di kulit lebih banyak. Semakin sering stres (fisik dan emosional), semakin tinggi kadar kortisol dalam tubuh dan semakin aktif kelenjar sebasea di kulit,” ujar Ivy Lee.

”Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres dengan bersantai, menjadi lebih sadar, fokus pada kesehatan dan berolahraga, semuanya dapat menurunkan kadar kortisol, menurunkan stres, dan mengurangi jerawat,” tambah Lee.

Tidur yang Cukup

Tidak yang tidak nyenyak membuat tubuh jadi merasa lemas dan dapat memicu lonjakan kortisol, yang dapat membuat Anda berisiko terkena lebih banyak jerawat.

Cara mengatasinya sederhana, tapi tidak selalu mudah: Jadikan tidur sebagai prioritas untuk memberi tubuh istirahat yang dibutuhkan. Dan tentu saja, harus selalu menghapus semua make up sebelum tidur.

Mandi setelah Beraktivitas

Berolahraga adalah cara yang bagus untuk mengatasi stres. Namun, pastikan mandi atau setidaknya membersihkan kulit sebelum dan sesudah berolahraga agar tidak memperburuk jerawat.

Setelah melakukan aktivitas yang berkeringat gunakan tisu untuk mengeringkan keringat dengan menepuk-nepuk wajah, jangan digosok untuk mencegah iritasi cukup dan bilas dengan air hangat.

Setelah selesai, mandilah dan segera ganti pakaian yang kering dan bersih. Hal ini membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh minyak dalam keringat yang diserap pakaian.

Gunakan Sunscreen

Sunscreen melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dengan menggunakannya secara rutin. Pilihlah SPF 30 atau lebih tinggi yang berspektrum luas (broad spectrum), yang berarti memblokir sinar UVA dan UVB. Banyak dari tabir surya ini juga membantu melembapkan kulit agar tidak kering.

”Ketika kulit terlalu kering, kulit Anda dapat merasakannya, dan kemudian memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak menyebabkan spiral negatif dalam hal produksi minyak,” kata Lee.

Oleskan sunscreen setiap hari di pagi hari dan aplikasikan kembali sepanjang hari sesuai kebutuhan.

Bersihkan Gadget

Sering menyentuh wajah dapat menyebabkan jerawat. Namun, sering tak sadari habis memegang gadget kita memegang wajah.

Gadget yang sering dipegang dapat meninggalkan bakteri akibat tangan kita yang tak sengaja habis memegang benda lainnya Bersihkan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit lembap setiap hari.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pencegahan #jerawat #akibat #gaya #hidup #buruk #tips #praktis #kulit #sehat #bersih #setiap #hari

KOMENTAR