Apa Itu Cosmic Education? Pendidikan yang Menstimulus Anak Berpikir Lebih Luas
Ilustrasi apa itu cosmic education (Freepik)
14:32
6 Oktober 2024

Apa Itu Cosmic Education? Pendidikan yang Menstimulus Anak Berpikir Lebih Luas

Salah satu pendidikan yang patut diajarkan pada anak usia 6-9 tahun yaitu cosmic education. Lantas apa itu cosmic education? Nah untuk selengkapnya, berikut ini penjelasan cosmic education lengkap dengan manfaatnya.  

Diketahui bahwa cosmic education ini hadir guna membantu para orang tua dalam mengenalkan alam semesta terhadap anak-anak mereka, khusunya anak-anak usia 6-9 tahun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tentang apa itu cosmic education.

Apa Itu Cosmic Education?

Cosmis education merupakan filosofi yang dicetuskan oleh Dr. Maria Montessori. Adapun pendidikan ini mengajarkan bahwa semua hal di alam semesta saling berhubungan dan setiap makhluk hidup memiliki peran atau tugas kosmis tertentu untuk dijalankan.

Dengan mengajarkan cosmic education pada anak ini maka mereka akan belajar pemahaman dasar mengenai perspektif. Dalam hal ini, anak-anak akan diajarkan tentang kebudayaan, tatanan tata surya, keadaan alam semesta, dan lingkungan hidup.

Baca Juga: Apa Itu Adventure Parenting? Ini Manfaatnya untuk Anak

Adapun tujuan comic education ini yaitu untuk mengembangkan stimulasi anak agar dapat berpikir secara luas maupun terbuka.  Sehingga anak dapat lebih memahami dirinya sendiri dan lebih mawas diri akan posisinya di kehidupan sosial.

Manfaat Cosmic Education

Berdasarkan keterangan Montessori, dunia memiliki tujuan. Ia percaya bahwa dengan mengajarkan comic education kepada anak-anak maka dapat memulihkan harmoni dan ketertiban, sehingga manusia bisa menyadari potensi sebenarnya didirinya. 

Dengan pengajaran ini, anak-anak pun akan mendapatkan banyak manfaat. Adapun salah satu manfaat dari pengajaran ini yaitu anak-anak akan belajar tentang bagaimana alam semesta dipersiapkan untuk mereka.

Manfaat lainnya yaitu belajar cosmic education dapat membantu anak-anak tentang cara menjelajahi alam semesta dengan rasa rendah hati kepada sesama. Bukan hanya, manfaat cosmic education juga membantu anak-anak dalam memahami tempat atau posisi mereka di dunia.

Manfaat berikutnya yaitu belajar cosmic education ini dapat menumbuhkan rasa syukur dan juga tanggungjawab terhadap lingkungan. Membantu anak-anak memahami hubungan mereka dengan organisme hidup lainnya dan latar belakang kehidupan di alam semesta.

Baca Juga: 5 Doa Ibu untuk Anaknya Agar Lulus CPNS dan Dilancarkan Ujian

Cosmic education juga memberikan manfaat pada anak-anak dalam mengembangkan kesadaran bahwa alam semesta itu satu kesatuan dan salain terhubung, mengajarkan anak-anak tentang betapa pentingnya kesadaran global untuk menyelesaikan masalah global.

Demikian ulasan mengenai apa itu cosmic education lengkap dengan manfaatnya yang penting diajarkan kepada anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cosmic #education #pendidikan #yang #menstimulus #anak #berpikir #lebih #luas

KOMENTAR