Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Hajat Agar Lulus CPNS
Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Hajat Agar Lulus CPNS (freepik)
17:01
4 Oktober 2024

Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Hajat Agar Lulus CPNS

Banyak orang yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian CPNS mencari berbagai cara agar bisa lulus, salah satunya adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam untuk memohon sesuatu kepada Allah adalah sholat hajat.

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk tes CPNS dan berharap agar Allah memudahkan jalanmu, sholat hajat bisa menjadi cara spiritual yang mendukung usahamu. Dalam sholat hajat, kita diperkenankan untuk memohon kepada Allah agar keinginan kita diijabah, termasuk dalam urusan duniawi seperti lulus ujian CPNS. Namun, selain berdoa, tetaplah melakukan usaha yang seimbang antara belajar dan beribadah.

Selain itu, salah satu keutamaan sholat hajat adalah kesempatan untuk berdialog langsung dengan Allah. Sholat ini menjadi sarana khusus untuk meminta pertolongan-Nya, memohon agar jalan kita dimudahkan, dan rezeki berupa kesuksesan dalam ujian CPNS dapat kita raih. Agar lebih lengkap, berikut ini adalah bacaan doa dan dzikir yang bisa kamu amalkan setelah melaksanakan sholat hajat.

Doa Sholat Hajat agar Lulus CPNS

Berikut ini adalah bacaan doa yang bisa kamu panjatkan setelah melaksanakan sholat hajat, khususnya jika kamu sedang berharap untuk lulus CPNS:

Baca Juga: Amalan agar Lulus CPNS 2024, Praktekkan Dari Sekarang!

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم , الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil 'arsyil karimil 'azhim. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. As'aluka mujibati rahmatik, wa 'aza'ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada' li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Lembut dan Maha Mulia. Maha Suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa kepadaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau terlantarkan aku yang sedang berhajat sesuai rida-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih."

Dzikir Setelah Sholat Hajat

Setelah selesai membaca doa, dianjurkan untuk melanjutkan dengan dzikir sebagai bentuk memperbanyak permohonan kepada Allah. Berikut ini adalah beberapa bacaan dzikir yang bisa diamalkan setelah sholat hajat:

  • Sholawat Nabi 100 kali (Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad)
  • Istighfar 100 kali (Astaghfirullahal 'azhim)
  • Tasbih 100 kali (Subhanallah)
  • Tahmid 100 kali (Alhamdulillah)
  • Takbir 100 kali (Allahu Akbar)
  • Tahlil 100 kali (Laa ilaaha Illallaah)
  • Membaca surat Al Ikhlas 11 kali
  • Membaca surat Al Falaq 11 kali
  • Membaca surat An Nas 11 kali
  • Membaca Ayat Kursi 11 kali
  • Hauqolah 100 kali (La haula wala quwwata illa billahil aliyil 'azhim)
  • Hasbunallah 100 kali (Hasbunallaahu wani'mal wakil ni'mal maula wani'man nashir)

Waktu Terbaik Sholat Hajat

Sholat hajat bisa dilaksanakan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang terlarang seperti setelah sholat subuh hingga matahari terbit, dan setelah sholat ashar hingga matahari terbenam. Namun, waktu terbaik untuk menunaikan sholat hajat adalah pada sepertiga malam terakhir. Pada waktu ini, suasana lebih tenang dan khusyuk, sehingga doa yang dipanjatkan diharapkan lebih mudah diijabah oleh Allah SWT.

Baca Juga: Apakah Tidak Lulus CPNS 2024 Bisa Ikut PPPK? Ini Aturan Resminya

Itulah panduan dzikir dan doa sholat hajat agar lulus CPNS. Semoga Allah memberikan jalan terbaik dan memudahkan segala urusanmu, termasuk dalam ujian CPNS.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #dzikir #sholat #hajat #agar #lulus #cpns

KOMENTAR