Libur Sudah Usai, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Meninggalkan Kamar Hotel
Ilustrasi kamar hotel./Pexels
15:04
26 September 2024

Libur Sudah Usai, Ini 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Meninggalkan Kamar Hotel

- Ketika waktu luang tiba atau memiliki aktivitas yang harus dilakukan di luar kota, seseorang biasanya memesan sebuah kamar hotel untuk ditinggali. Baik itu untuk pernikahan teman, ulang tahun keluarga atau dinas luar.

Tidak harus karena suatu kegiatan, seseorang bisa saja memesan kamar hotel ketika sedang ingin atau berwisata ke luar pulau.

Tidak hanya sendiri, seseorang bisa mengajak teman, pasangan bahkan satu keluarga untuk tidur selama satu sampai beberapa malam.

Menjadi pelanggan di hotel artinya berhak mendapatkan segala fasilitas dalam hotel. Bagi kamu yang baru pertama menginjakkan kaki di hotel, pengalaman menginap di hotel adalah sesuatu yang menyenangkan.

Setelah aktivitas yang harus dilakukan atau liburan telah usai, sudah saatnya bagi kamu dan juga teman sekamar untuk keluar dari kamar hotel. Karena hotal bukan properti milikmu, tentunya ada hal yang harus diperhatikan ketika proses checkout.

Untuk mencegah hal tidak diinginkan terjadi, perlu adanya hal wajib untuk dilakukan ketika proses checkout.

DIlansir dari Reader Digest, berikut ini merupakan 7 hal yang harus kamu lakukan ketika meninggalkan kamar hotel:

1. Periksa Area Lantai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa area lantai. Kamu bisa memeriksa apakah ada baju atau barang penting yang tertinggal. Tidak hanya di area yang terlihat, kamu perlu melihat lantai yang tertutup perabotan.

Seperti di bawah kasur, meja atau lemari, kamu bisa melihat area tersebut. Barangkali, ada barang jatuh yang tergeser sampai masuk ke bawah perabotan sehingga jadi tidak terlihat.

Dengan melakukan ini, kamu bisa jadi mencegah sebuah barang penting ketinggalan di kamar hotel.

2. Lepas Sprei Kasur

Hal kedua yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan melepas sprei kasur dan mengumpulkannya di tengah.

Bukan di lantai atau di kamar mandi, kamu bisa meletakkan gulungan sprei di atas kasur atau kursi untuk memudahkan pekerja dalam mengambilnya.

Selain sebagai perbuatan baik, dengan melepas sprei kasur kamu juga bisa mengibas-ngibaskannya untuk memastikan tidak ada barang yang ketinggalan. Bisa jadi, satu-dua barang kecil seperti cincin dan jam tangan terselip diantara sprei dan bantal.

3. Kumpulkan Handuk

Dalam sebuah kamar hotel, lazim bagi hotel untuk menyediakan beberapa lembar handuk. Setelah digunakan, kamu bisa mengumpulkannya di satu tempat alih-alih melipatnya kembali di tempat semula.

Kamu bisa menggulungnya dengan baik dan meletakkannya di atas wastafel atau bathtub.

Hal ini adalah untuk menunjukkan pada pekerja bahwa handuk tersebut sudahlah dipakai dan perlu untuk dicuci.

4. Buang Sampah

Hal selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan kamar hotel adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Ketika kamu meninggalkan ruangan hotel, kamu perlu memastikan tidak ada sampah yang berserakan dan kamar rapi seperti semula.

Pada barang-barang yang hendak dibuang, kamu juga bisa melihat apakah ada yang terselip di antara tumpukan sampah.

Beberapa kotak makanan yang besar dan tidak muat masuk ke dalam tong bisa kamu letakkan di sampingnya dengan rapi.

5. Pastikan Posisi Benar

Hal kelima yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan kamar hotel adalah dengan memastikan posisi kamar benar.

Ketika menginap, kamu bisa saja mengubah denah misalnya memindahkan kursi ke area kamar mandi, mengubah arah extra bed, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengembalikan posisi barang-barang tersebut ke posisi semula dan mengecek apakah ada barang tertinggal.

Selain itu, ada beberapa hotel yang memberikan tambahan harga apabila kamar berada dalam keadaan sangat berantakan hingga furnitur berubah. Kamu bisa jadi mencegah hal tidak diinginkan seperti tambahan fee kamar hotel.

6. Cek Barang Penting

Hal keenam yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek barang penting.

Apabila kamu punya penyakit khusus atau kebutuhan penting yang perlu dibawa setiap kamu pergi, kamu bisa mengecek barang-barang penting tersebut apakah sudah rapi di dalam tasmu.

Misalnya, kamu perlu obat khusus dimana kamu tidak bisa bepergian tanpanya. Kamu mungkin juga memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, oleh karenanya ponsel dan charger tidak boleh ketinggalan.

Kamu harus mengecek barang penting tersebut demi menghindari hal tidak diinginkan.

7. Ambil Barang Secukupnya

Terakhir, hal ini mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang di dunia. Mengambil barang atau makanan yang disediakan di dalam hotel memang sesuatu yang lazim, namun kamu harus tetap mengambil barang secukupnya.

Beberapa barang yang boleh diambil oleh pelanggan adalah hal seperti sikat gigi, sabun, kopi, teh, gula dan gelas kertas. Benda seperti handuk, peralatan elektronik tidak boleh dibawa.

Apabila ketahuan, kamu bisa jadi diberikan denda besar atau diperkarakan sebagai pencuri.

Ketujuh poin diatas merupakan hal-hal yang harus kamu lakukan ketika meninggalkan kamar hotel.

Kita perlu meninggalkan kesan baik bagi semua orang dimanapun, bahkan hotel sekaligus. Di kesempatan selanjutnya, kamu mungkin akan menetap di hotel yang sama.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #libur #sudah #usai #yang #harus #kamu #lakukan #ketika #meninggalkan #kamar #hotel

KOMENTAR