7 Kebiasan Kecil yang Bermanfaat dalam Hubungan: Tips Agar Langgeng
Ilustrasi pasangan. (Freepik)
20:48
24 September 2024

7 Kebiasan Kecil yang Bermanfaat dalam Hubungan: Tips Agar Langgeng

 

JawaPos - Banyak orang beranggapan bahwa hubungan dibangun dari tindakan yang besar seperti memberikan barang mahal atau dinner mewah di restoran bintang lima. Iya bukan?

Padahal faktanya hal-hal kecil yang akan membuat hubungan lebih berwarna dan memberikan surga kebahagian antara satu sama lain. 

Anda harus mengerti bagaimana cara nge-treat pasangan selalu senang dengan cara yang sederhana. Dilansir oleh Hack Spirit mengungkapkan kebiasaan kecil yang bermanfaat dalam hubungan:

  1. Saling Memaafkan

Selalu ada perbedaan pendapatan dalam suatu hubungan. Itu adalah hal yang lumrah dalam menjalin hubungan. 

Terkadang permasalahan ini disebabkan oleh hal sepele lalu diungkit-ungkit lagi yang menyebabkan salah satu pihak akan capek.

Cara mengatasinya dengan selalu memaafkan satu sama lain, dapat mengontrol ego dan berbicara tanpa menggunakan nada keras. 

  1. Layaknya Tim

Hubungan yang dijalani selama bertahun-tahun tanpa dilandasi mindset yang kuat tidak akan berhasil, pasanglah pola pikir bahwa kita adalah tim yang memiliki tujuan hidup yang sama.

Selalu melewati momen up and down bersama, saling mengerti satu sama lain, menjadi support system dan selalu menjadi pendengar yang baik. 

  1. Menerima Ketidaksempurnaan

Setiap manusia kekurangan dan kelebihan dan kita semua memiliki keunikan, bakat, dan skill masing-masing. Tidak perlu menjadi sempurna, karena anda akan terlihat sempurna dimata orang yang tepat.

Namun melengkapi satu sama lain adalah solusi dalam mempertahankan hubungan awet, karena kita dapat saling membantu. 

  1. Menjaga Hubungan Tetap Hidup

Tak dipungkiri selalu melakukan hal-hal kecil untuk pasangan adalah tips awet dalam menjaga hubungan.

Sedikit klise tapi nyata seperti menonton film bersama, berpelukan, meninggalkan catatan kecil yang manis, dan makan malam bersama dapat membuat pasangan happy.

  1. Menghargai Kemandirian

Ingat hubungan tercipta karena dua insan bersatu, akan tetapi bukan berarti anda harus menyukai dunia pasangan anda.

Pasti terdapat perbedaan hal yang anda sukai dengan pasangan anda, baik dari hobi dan hasrat keinginan yang lain. 

Dengan memberikan ruang antara satu sama lain untuk tumbuh secara individual akan memperkuat ikatan cinta. 

  1. Selalu Apresiasi Hal Kecil

Dilansir dalam postingan Psychology Today menyatakan merasa dihargai oleh pasangan akan membantu hubungan tetap awet, sekalipun dalam kondisi sulit. 

Tak banyak orang tahu bahwa ucapan kecil memiliki dampak dalam suatu hubungan. Seperti terima kasih, bagaimana harimu hari ini, semangat, kamu keren dan lain-lain.

  1. Komunikasi Rutin

Hubungan tanpa komunikasi bagaikan rumah tanpa isi, anda dapat tinggal bersama di sana tetapi akan selalu merasa kesepian.

Pentingnya menjaga komunikasi sehari-hari dengan selalu mendiskusikan hal kecil maupun besar bersama, jangan sampai ketika bertengkar melakukan silent treatment.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kebiasan #kecil #yang #bermanfaat #dalam #hubungan #tips #agar #langgeng

KOMENTAR