Waktu Menentukan Kesuksesan: Berikut 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Jam Pertama Bekerja
Ilustrasi orang sukses yang melakukan kebiasaan di jam pertama bekerja. (Pixabay)
15:52
22 September 2024

Waktu Menentukan Kesuksesan: Berikut 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Jam Pertama Bekerja

Kita semua memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari, tetapi bagaimana kita menggunakan waktu-waktu tersebut dapat menentukan kesuksesan kita.

Setiap hari pada jam pertama kita bekerja, sering disebut sebagai ‘Jam Emas’, waktu tersebut sangatlah penting dan dapat menentukan suasana hati untuk menjalankan seluruh aktivitas seharian.

Dilansir dari smallbusinessbonfire.com, orang-orang sukses memahami hal ini dan menggunakan waktu ini dengan bijak untuk memastikan mereka dapat memanfaatkan setiap harinya sebaik mungkin.

Artikel ini akan membahas delapan hal yang dilakukan orang-orang sukses di jam pertama mereka bekerja.

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Orang-orang sukses memulai hari mereka dengan tujuan yang jelas. Mereka tidak langsung menjalani hari dengan mengerjakan apapun.

Sebaliknya, mereka meluangkan waktu pada jam pertama bekerja untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk dicapai di hari itu.

Hal ini membantu mereka memfokuskan energi pada tugas yang paling penting. Memungkinkan mereka dengan mudah menemukan kemajuan yang mereka peroleh sepanjang hari.

Mereka memahami bahwa memiliki rencana yang jelas sangat penting untuk produktivitas dan membantu menghilangkan tugas yang tidak penting. Luangkan waktu untuk memastikan waktu berharga Anda dimanfaatkan sebaik mungkin.

2. Menjaga Kesehatan

Orang-orang sukses sering memulai hari mereka dengan segelas air, bahkan sebelum mereka meminum secangkir kopi pagi.

Hal ini dikarenakan sepanjang malam kita mengalami dehidrasi, jadi penting untuk mengisi kembali cairan di pagi hari.

Hal ini dapat membantu mempertahankan fokus dan energi sepanjang hari. Banyak orang sukses juga memprioritaskan sarapan sehat di jam pertama mereka bekerja. Mereka memahami tubuh membutuhkan asupan untuk mengisi tenaga sebelum beraktivitas.

Mereka lebih mementingkan makanan yang mengenyangkan dan berenergi tanpa menyebabkan rasa lelah di pagi hari.

3. Tidak memeriksa email

Beberapa orang menduga dengan mengecek email di jam pertama mereka bekerja merupakan hal produktif. Namun, orang sukses tidak terburu-buru memeriksa email mereka segera setelah memulai hari kerja.

Hal itu dapat menggagalkan seluruh jadwal pagi mereka. Email seringkali disertai dengan tuntutan pekerjaan yang mungkin tidak sejalan dengan tujuan yang Anda rencanakan untuk memulai aktivitas pagi.

Email harus ditunda, waktu paling produktif Anda tidak boleh dihabiskan untuk menanggapi tuntutan agenda orang lain. Orang-orang sukses menetapkan waktu tertentu untuk memeriksa dan membalas email.

Mungkin ini hal yang terlihat aneh pada awalnya. Namun, setelah melakukan hal tersebut, Anda akan menyadari satu jam pertama tanpa gangguan email masuk, dapat mengubah produktivitas Anda.

4. Berlatih kesadaran penuh

Orang-orang sukses memahami pentingnya memulai hari dengan pikiran tenang dan fokus. Baik itu meditasi, menulis, atau sekedar duduk diam sambil menikmati kopi dan suasana pagi dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda.

Ini membantu Anda untuk tetap fokus sepanjang hari dan mengurangi stres. Ketika Anda memulai berlatih kesadaran penuh, Anda akan tahu perbedaan yang dihasilkannya. Latihan ini memberikan Anda rasa damai dan jernih sepanjang hari.

5. Melakukan penolakan

Salah satu hal terpenting yang dilakukan orang-orang sukses di jam pertama bekerja adalah berkata “tidak.” Tidak pada gangguan, tidak pada tugas yang tidak penting, dan tidak pada orang lain.

Menerima semua hal dapat membuat diri Anda kewalahan dan mengurangi produktivitas Anda. Orang-orang sukses mengetahui prioritas mereka dan tidak takut untuk melindung waktu produktif mereka dengan penolakan.

Ini mungkin hal yang sulit diterima karena kita sering di situasi untuk bersikap menyenangkan dan akomodatif. Namun ingatlah, waktu adalah aset Anda yang paling berharga dan Anda berhak untuk melindungi waktu produktif Anda sendiri.

6. Menerima pekerjaan sulit

Kita pasti punya tugas yang sulit dan takut untuk diselesaikan. Kita sering menunda melakukan tugas sulit ini.

Namun, orang-orang sukses punya pandangan berbeda, mereka mengerjakan tugas sulit secara langsung di jam pertama mereka bekerja.

Saat Anda mengawali hari dengan menyelesaikan tugas yang menantang. Hal itu memberikan Anda rasa pencapaian dan memberikan kesan positif di sisa hari itu, karena menghindari tugas sulit hanya akan menambah stres.

Dengan menghadapi hal-hal sulit di pagi hari, Anda akan memiliki waktu luang untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang lebih kreatif dan menarik.

7. Belajar berkelanjutan

“Investasi dalam pengetahuan memberikan bunga terbaik,” kata Benjamin Franklin. Orang-orang yang sukses memahami dan mengamalkan hal ini. Mereka mendedikasikan sebagian jam pertama bekerja untuk memperluas pengetahuan.

Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti membaca berita, mendengarkan podcast, atau mengikuti kursus singkat. Tujuannya adalah mengikuti perkembangan terbaru di bidang mereka agar lebih inovatif dan terus meningkatkan keahlian mereka.

Dalam dunia yang kompetitif saat ini, berdiam diri adalah cara tercepat untuk mengalah. Pembelajaran dapat membuat Anda untuk tetap menjadi yang terdepan dan menghadirkan ide serta perspektif baru dalam pekerjaan Anda.

8. Berolahraga

Terakhir, salah satu kebiasaan paling umum orang-orang sukses adalah memasukkan bentuk aktivitas fisik ke dalam rutinitas pagi mereka. Aktivitas ini dapat memberikan efek bagi produktivitas dan suasana hati Anda.

Olahraga dapat meningkatkan kadar energi, mempertajam fokus, dan merangsang pemikiran kreatif. Olahraga juga melepaskan endorfin, zat kimia di otak yang berfungsi sebagai peningkat suasana hati alami.

Cobalah temukan aktivitas fisik yang cocok dengan Anda dan nikmati itu sebagai bentuk rutinitas pagi.

Penutup

Dengan mengadopsi kebiasaan orang-orang sukses, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja secara keseluruhan dengan signifikan. Namun, ingatlah rutinitas setiap orang mungkin sedikit berbeda.

Hal terpenting adalah menemukan kebiasaan yang paling cocok untuk Anda. Kesuksesan tidak diraih dalam sehari, tetapi melalui praktik harian yang sejalan dengan tujuan Anda secara konsisten.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waktu #menentukan #kesuksesan #berikut #yang #dilakukan #orang #sukses #pertama #bekerja

KOMENTAR