Beda Kelas! Komentar SBY Soal Laskar Pelangi dan Jokowi tentang Dilan 1990 Jadi Sorotan
Jokowi dan SBY [Instagram]
16:32
21 September 2024

Beda Kelas! Komentar SBY Soal Laskar Pelangi dan Jokowi tentang Dilan 1990 Jadi Sorotan

Perbedaan komentar antara mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan presiden RI Jokowi, menjadi sorotan warganet di media sosial. Salah satu akun mengunggah momen ketika SBY memberikan tanggapannya usai menyaksikan film Laskar Pelangi yang tayang pada tahun 2008 silam.

Postingan ini pun dibalas oleh akun X lain dengan video yang menunjukkan momen saat Jokowi mengomentari film Dilan 1990 yang sempat booming di tahun 2018 kemarin. Kedua video ini pun ramai dibanding-bandingkan oleh warganet.

Tanggapan SBY tentang Film Laskar Pelangi

SBY memberikan komentarnya tentang film Laskar Pelangi yang telah ia tonton. Ia menyampaikan beberapa catatan mengenai film ini, termasuk pujian untuk para aktor dan aktris, narasi, serta pesan yang disampaikan oleh film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata tersebut. Video ini diunggah oleh akun X @HabisNontonFilm.

Baca Juga: Temui Jokowi, SBY Lapor Kinerja Sebagai Penasihat Khusus Perangi Malaria sambil Pamit Hadiri Undangan Bill Gates

“Saya ingin memberikan komentar dan catatan yang tulus, yang jujur, barangkali juga mewakili yang lain. Pertama dari segi estetika, keindahan, film Laskar Pelangi ini luar biasa. Saya harus memberikan apresiasi yang tinggi,” ujar SBY.

Ia juga mengatakan bahwa pesan dalam film ini bisa tersampaikan dengan baik, yakni tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak.

“Maka upaya kita untuk meningkatkan pendidikan, bukan hanya sebelum anggarannya mencapai 20&, tentu lebih efektif mencapai sasaran. Oleh karena itu Kemendiknas bersama saya harus menjadi amanah, menjadi kewajiban, menjadi tugas, bukan hanya di layar perak tetapi betul-betul kita jalankan di seluruh Tanah Air,” ungkapnya lebih lanjut.

Menghubungkan film Laskar Pelangi dengan APBN 20% untuk pendidikan. Pak SBY beneran nonton filmnya,” komentar salah satu netizen.

Tanggapan Jokowi tentang Film Dilan 1990

Baca Juga: Nonton SBY Manggung di Pestapora 2024, Penampilan Ibas Yudhoyono Disorot: Tumben...

Berbeda dengan SBY, Jokowi tampak memberikan tanggapannya terhadap film Dilan 1990.

Komentar Jokowi tentang film Dilan 1990, 25 Februari 2018,” tulis pemilik akun @ARSIPAJA.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memuji kesederhanaan jalan cerita di film Dilan yang memotret kisah cinta anak muda. Namun, caranya mengungkapkan ekspresi dengan kata-kata membuatnya jadi cemoohan.

“Tadi saya melihat film ini, Dilan, sebuah kesederhanaan yang diambil sudutnya, dengan sudut pandang dengan kamera yang pas. Jadinya semuanya kaget dan menjadi sebuah booming. Ini sudah lebih dari 7 juta kan. Inilah sebuah pacaran anak muda, tapi diambil dari kamera yang sederhana tapi pas, tidak berlebihan tetapi justru pasnya itu yang menyebabkan masyarakat menjadi semuanya ingin menonton,” ujar Jokowi.

Kontributor : Rizky Melinda

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #kelas #komentar #soal #laskar #pelangi #jokowi #tentang #dilan #1990 #jadi #sorotan

KOMENTAR