Berapa Gaji ART Jakarta, Mantan ART Indy Barend Ngeluh Pendapatannya Segitu-Gitu Saja
Ilustrasi Berapa gaji ART/gaji ART Jakarta (Freepik)
11:40
17 September 2024

Berapa Gaji ART Jakarta, Mantan ART Indy Barend Ngeluh Pendapatannya Segitu-Gitu Saja

Berapa gaji ART di Jakarta? Pertanyaan ini turut menjadi sorotan warganet usai mantan ART Indy Barend mengku bahwa dirinya hanya dapat gaji segitu-gitu saja padahal ia sudah kerja 4 tahun bersama sang artis.

Pengakuannya tentang gaji yang diperolehnya selama kerja sebagai ART di rumah Indry Barend diketahui melalui unggahannya di media sosial. Dalam unggahannya tersebut, ia menulis bahwa dirinya sedang butuh kerjaan dengan gaji 3 jutaan.

"Cari loker yang gajinya 3 juta, sedikit jaga anak juga mau apa jaga orang tua, yang penting jangan serabut," tulisnya.

Dalam unggahan lainnya, mantan ART Indry Barend yang akrab disapa mbak Siti tersebut juga seolah mengisyaratkan, selama kerja 4 tahun bareng Indy Barend gajinya tidak ada kenaikan, padahal ia memiliki banyak kebutuhan, terlebih lagi anaknya sudah besar.

Baca Juga: Syifa Hadju Dipuji Jarang Pakai Nail Art agar Salat Tetap Sah, Netizen Ingatkan Soal Aurat

"Masa saya udah kerja 4 tahun gajinya segitu-gitu aja. Sekarang kan aku anaknya udah gede kebutuhan anak tambah," tulisnya.

Unggahan tersebut pun mengundang berbagai komentar warganet. Terlepas dari topik gaji yang diperoleh mbak Siti, sebenarnya berapa gaji ART Jakarta? Nah untuk selengkapnya, mari simak informasinya berikut ini.

Gaji ART Jakarta

Mengenai besaran gaji ART (asisten rumah tangga) di Jakarta ini bervariasi karena disesuaikan dengan pengalamannya dan penyedia layanannya. Selain itu, besaran tanggung jawab ART dalam menyelesaikan pekerjaan rumah juga  bisa jadi faktor penentu besar kecilnya gaji.

Untuk gaji ART di wilayah Jakarta, umumnya per bulan memperoleh antara Rp1.800.000 hingga Rp2.500.000. Mengingat Jakarta merupakan kota besar, besaran gajinya mungkin bisa lebih tinggi dari nominal tersebut.

Baca Juga: Syifa Hadju Ogah Pakai Eyelash Extension dan Kutek, Disanjung Paham Agama

Berdasarkan data survey ILO (International Labour Organization) dan UI (Universitas Indonesia) pada tahun 2015 lalu, jumlah penerima ART yang ada di Indonesia menyentuh angka 4,2 juta orang dan setiap tahunnya terus bertambah.

 Terkait hak gaji atau upah ART juga sudah tercantum dala rancangan undang-undang (RUU) tentang perlindungan pekerja rumah tangga (PPRT) yang telah diusulkan dari tahun 2004 silam. Dalam RUU ini menyebutkan bahwa setiap ART  berhak untuk mendapatkan upah.

Demikian ulasan mengenai berapa gaji ART Jakarta yang menarik untuk diketahui.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #berapa #gaji #jakarta #mantan #indy #barend #ngeluh #pendapatannya #segitu #gitu #saja

KOMENTAR