Riwayat Pendidikan Keluarga Jokowi, Gibran Akui Tak Ada Budaya Membaca Buku di Rumah
Keluarga besar Jokowi (Instagram/@erinagudono)
11:13
15 September 2024

Riwayat Pendidikan Keluarga Jokowi, Gibran Akui Tak Ada Budaya Membaca Buku di Rumah

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka pernah mengaku tidak suka membaca buku bacaan yang berat. Pengakuan itu diungkap Gibran ketika berbincang bersama Najwa Shihab dalam acara peresmian Pojok Baca di Kedai Markobar Makassar pada Oktober 2017 silam. Kekinian, video Najwa Shihab bersama anak sulung Presiden Jokowi itu viral di media sosial.

"Wah susah itu. Kalau saya sendiri jujur aja orangnya nggak suka baca, kalau saya suka baca komik. (Komik) apa aja saya baca. Kalau artikel-artikel ya paling artikel-artikel ringan lah, nggak pernah yang berat-berat," kata Gibran.

Najwa Shihab penasaran apakah kebiasaan membaca juga ditularkan oleh Jokowi dan Iriana oleh anak-anaknya di rumah. Secara blak-blakan, Gibran mengakui jika kedua orang tuanya tidak menularkan budaya membaca, bahkan tidak ada budaya membaca buku di rumah mereka.

"Kalau di rumah sih terserah anak-anak. Sebenarnya budaya membaca buku di rumah nggak ada, ya itu tadi pada baca komik, main PS," ungkap Gibran.

Baca Juga: Sentilan Panda Nababan ke Jokowi: Jangan Cawe-cawe untuk Gagalkan Mas Pram

Lantas bagaimana riwayat pendidikan keluarga Jokowi seiring dengan pengakuan Gibran tak ada budaya membaca buku di rumah mereka? Simak penjelasan berikut ini.

Pendidikan Jokowi

Jokowi di Titik Nol IKN. [Ist]Jokowi di Titik Nol IKN. [Ist]

Jokowi mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri 112 Tirtoyoso yang berada di daerah Banjarsari, Solo. Setelah lulus SD tahun 1973, Jokowi masuk ke SMP Negeri 1 Surakarta. Saat lulus SMP di tahun 1976, Jokowi sempat ingin masuk ke SMA Negeri 1 Surakarta namun gagal sehingga dia mengenyam pendidikan di SMA Negeri 6 Surakarta.

Setelah lulus SMA, Jokowi berkuliah di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1980. Skripsinya berjudul "Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta" pada 1985. Selama kuliah di UGM, Jokowi aktif jadi mahasiswa pecinta alam dengan bergabung dalam Mapala Silvagama.

Pendidikan Iriana

Iriana Jokowi di Makassar ketika demo kawal putusan MK [X.com]Iriana Jokowi di Makassar ketika demo kawal putusan MK [X.com]

Iriana istri Jokowi adalah alumni SMA Negeri 3 Surakarta pada tahun 1983. Dia kemudian berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta selama 6 semester, tetapi berhenti tanpa gelar untuk menikah dengan Jokowi di Solo pada 24 Desember 1986.

Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)

Gibran Rakabuming adalah lulusan SDN 16 Mangkubumen Kidul, SMPN 1 Surakarta dan Orchid Park Secondary School, Singapura. Setelahnya Gibran melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Singapura, yakni di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus di tahun 2007.

Baca Juga: Berapa Harta Kekayaan Gus Ipul? Bakal Dapat Uang Pensiunan Seumur Hidup

Kemudian Gibran kembali melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology, Sydney, Australia dan lulus pada tahun 2010.

Pendidikan Kahiyang Ayu

OOT Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)OOT Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)

Kahiyang Ayu atau akrab disapa Ayang yang merupakan anak perempuan satu-satunya Jokowi ini bersekolah di SMAN 6 Surakarta. Dia lalu melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian di program studi Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah. Kahiyang berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan IPK 3.12 dengan skripsi bertajuk “Kajian Sifat Sensori dan Fungsional Cake Ubi Jalar Dengan Berbagai Variasi Bahan Baku” dan berhasil mendapat gelar S.T.P.

Pada 25 September 2019, Kahiyang lulus Magister Manajemen dengan predikat Cum laude (Dengan Pujian) dengan IPK 3,90 di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), bersama dengan suaminya, Bobby Nasution. Dia berhasil menyelesaikan S2-nya selama 23 bulan dengan tesis berjudul "Analisis Strategi dan Daya Saing Perkebunan Tebu (Studi Kasus PTPN X Surabaya)".

Pendidikan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep (Instagram/@kaesangp)Kaesang Pangarep (Instagram/@kaesangp)

Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi ini memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Kemudian dia melanjutkan pendidikan menengah di SMPN 1 Surakarta lalu SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat.

Kaesang kemudian melanjutkan studi sarjana di Singapura dengan mengambil jurusan pemasaran di Singapore University of Social Sciences pada 2019. Dia kabarnya mendapat penghargaan tertinggi di bidang kewirausahaan.

Pendidikan Selvi Ananda

Selvi Ananda (Instagram/@selvie_ananda)Selvi Ananda (Instagram/@selvie_ananda)

Selvi Ananda yang merupakan istri Gibran Rakabuming adalah lulusan dari SMA Negeri 1 Surakarta. Dia kemudian menempuh pendidikan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB.

Selvi adalah sarjana akuntansi yang berhasil menyelesaikan studinya selama 4 tahun terhitung dari tahun 2007 hingga 2011 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,4. Dari sana, Selvi bekerja di bank swasta, yaitu Panin Bank.

Pendidikan Bobby Nasution

Bobby Nasution (Instagram/@bobbynst)Bobby Nasution (Instagram/@bobbynst)

Bobby Nasution yang merupakan suami Kahiyang Ayu mengawali pendidikan dasar di SD Muhammadiyah 2 Pontianak, Kalimantan Barat. Setelah lulus, Bobby melanjutkan SMP dan SMA di Bandar Lampung. Dia bersekolah di SMP Negeri 22 Bandar Lampung, kemudian lanjut ke SMA Negeri 9 Bandar Lampung.

Bobby lalu melanjutkan pendidikan tinggi S1 di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelahnya Bobby meraih gelar master S2 di perguruan tinggi yang sama bersama istrinya, Kahiyang Ayu.

Pendidikan Erina Gudono

Erina Gudono (Instagram/@erinagudono)Erina Gudono (Instagram/@erinagudono)

Erina Gudono yang merupakan istri Kaesang Pangarep bersekolah di SMP Negeri 5 Yogyakarta kemudian lanjut di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Setelah lulus, Erina menempuh pendidikan kuliah S1 di UGM dengan jurusan Manajemen Keuangan. Hal ini sekaligus membuat Erina mengikuti jejak sang mertua Jokowi yang juga lulusan UGM.

Setelah menyelesaikan studi S1, Erina melanjutkan pendidikannya mendapat beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Columbia University, Amerika Serikat. Namun, Erina diketahui tidak jadi berkuliah di kampus tersebut.

Erina juga belum lama ini diterima di pendidikan S2 Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) University of Pennsylvania (UPenn), Amerika Serikat. Hal itu juga yang membuat Kaesang belum lama ini ikut terbang ke AS demi menemani Erina mengikuti masa orientasi di UPenn hingga muncul dugaan gratifikasi private jet.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #pendidikan #keluarga #jokowi #gibran #akui #budaya #membaca #buku #rumah

KOMENTAR