12 Lokasi Wisata Gratis di Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi Saat Long Weekend
Long Weekend, 12 Lokasi Wisata Gratis di Jakarta (Freepik)
15:43
14 September 2024

12 Lokasi Wisata Gratis di Jakarta yang Bisa Anda Kunjungi Saat Long Weekend

Masyarakat kini memasuki libur panjang atau long weekend mulai dari Sabtu (14/9/2024) sampai Senin (16/9/2024). Momen ini dapat dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga ke sejumlah destinasi wisata, salah satunya di Jakarta. Ini dia rekomendasi lokasi wisata gratis di Jakarta untuk menikmati long weekend bersama keluarga.

Liburan tak harus mahal, kok. Bagi Anda yang berdomisi di Jakarta, bisa menikmati destinasi wisata gratis dan edukatif.  Simak 12 rekomendasi lokasi wisata gratis dan menarik untuk opsi liburan hemat dan minim biaya. Mulai dari wisata hutan sampai museum yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau teman.

12 Lokasi Wisata Gratis di Jakarta

Berikut adalah beberapa tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa Anda kunjungi:

Baca Juga: 4 Lokasi Titik Nol Kilometer yang Menarik Dikunjungi Saat Akhir Tahun, Salah Satunya Ada di IKN

1. Taman Ismail Marzuki

Sejak dibuka lagi pada 2022 lalu setelah direvitalisasi oleh pemerintah, kawasan Taman Ismail Marzuki menjadi incaran lokasi wisata masyarakat di wilayah Jakata. Terlebih, tempat wisata ini memiliki bentuk gedung yang unik hingga jadi perburuan untuk foto-foto pengunjung. Salah satu tempat yang menarik di kawasan Taman Ismail Marzuki yaitu Perpustakaan Jakarta. Tempat ini di memiliki desain yang minimalis dan modern.

Alamat: Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

2. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK, Wisata Alternatif Warga Jakarta di Akhir Pekan. (Suara.com/ Peter Rotti)Hutan Kota GBK, Wisata Alternatif Warga Jakarta di Akhir Pekan. (Suara.com/ Peter Rotti)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah tak asing lagi dengan Hutan Kota GBK. Bagaimana tidak, spot ini jadi salah satu tempat untuk mengisi liburan tanpa harus mengeluarkan biaya. Tentu, pemandangan yang ada di Hutan Kota GBK sangat memukau, apalagi setelah direvitalisasi. Sambil duduk di atas rerumputan, pengunjung juga bisa memandangi deretan gedung pencakar langit di Jakarta dari tempat ini.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Cocok untuk Liburan Keluarga

Alamat: Pintu Tujuh Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

3. Petak Enam

Petak Enam merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menawarkan beragam jenis kuliner khas nusantara. Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan aneka olahan makanan mulai dari Soto Betawi, Pempek Mie tek tek, Kerak Telor, dan masih banyak lainnya.

Didesain dengan nuansa Tionghoa membuat sudut-sudut di area ini sangat cocok dijadikan background berfoto. Untuk jam operasional kawasan kuliner ini mulai pukul 10.00-20.00 untuk hari biasa dan pukul 08.00-21.00 untuk hari libur. 

Alamat: Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

4. Taman Situ Lembang

Lokasi wisata gratis di Jakarta berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Situ Lembang. Taman ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu adanya danau di area taman.

Dengan, keunikan ini tentu bisa jadi pendukung bagi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya danau dan suasana taman yang asri. Tak hanya itu, taman ini juga bisa jadi spot foto yang cocok untuk diunggah di media sosial.

Alamat: Jl. Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Galeri Nasional

Pengunjung mengamati patung yang ditampilkan saat berkunjung ke pameran Pengunjung mengamati patung yang ditampilkan saat berkunjung ke pameran "Patung dan Aktivisme: Dolorosa Sinaga dan Budi Santoso" di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Minggu (28/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Galeri Nasional merupakan sebuah museum kesenian yang berada di Jakarta Pusat. Para pengunjung yang berlibur di sini, bisa menikmati berbagai pameran seni yang menghadirkan karya-karya dari para seniman terkemuka Indonesia. Pengunjung juga bisa menikmati acara-acara seni yang beragam seperti lokakarya, diskusi, hingga tur museum.

Berwisata di Galeri Nasional tak hanya berlajar untuk menghargai karya seni Indonesia saja, namun juga jadi destinasi edukatif yang bisa dinikmati tanpa biaya tiket masuk. Untuk mengunjungi museum ini silahkan melakukan reservasi melalui website https://gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

6. Kawasan kota tua Jakarta

Kota Tua (Instagram.com/@kotatua.jkt)Kota Tua (Instagram.com/@kotatua.jkt)

Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan jantung dari sejarah ibu kota yang kaya akan peninggalan kolonial Belanda. Berada di pusat Jakarta, tempat wisata bersejarah ini menawarkan pesona beragam arsitektur kolonial yang masih terjaga hingga kini.

Berlibur di Kota Tua Jakarta menjadi cara yang sempurna untuk menikmati long weekend sekaligus mempelajari sejarah dan budaya Indonesia tanpa harus mengeluarkan biaya masuk.

Alamat: Jalan Kali Besar Barat Nomor 11, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

7. Erasmus Huis

Tempat wisata selanjutnya ini menyajikan berbagai kegiatan seni, budaya, serta pendidikan yang memperkenalkan budaya Belanda. Pengunjung bisa menikmati pameran seni, konser musik, pertunjukan teater, hingga acara kebudayaan lainnya yang diadakan secara berkala di Erasmus Huis.

Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan atmosfer yang santai dan juga ramah bagi pengunjung. Hal ini membuatnya jadi destinasi menarik untuk menghabiskan waktu libur panjang tanpa biaya masuk.

Alamat: Jalan Haji R. Rasuna Said Kav. S3, RT.8/RW.3, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

8. Lotte Allay

Lotte Allay menyuguhkan banyak sekali spot foto instagramable dan jajanan khas Korea dan Jepang yang bercita rasa lezat. Area ini berada di dalam Lotte Shopping Avenue di lantai LG. Bagi pengunjung yang hanya ingin sekadar berkeliling tidak diharuskan membayar untuk masuk ke area Lotte Allay.

Alamat: Lotte Mall, JI. Prof. DR. Satrio No. Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

9. Pantjoran Chinatown PIK

Pantjoran Chinatown PIK yang terletak di Jakarta Utara sampai kini masih menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi oleh masyarakat. Hal ini lantaran Pantjoran Chinatown PIK memiliki ciri khas unik berupa ornamen budaya khas China di sekitarnya.

Selain ornamen China, ada pula pagoda yang menjulang tinggi untuk mendukung para pengunjung dalam menikmati pemandangan di area tersebut. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena wisata ini gratis jika Anda hanya sekadar menikmati pemandangan dan liburan saja.

Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Kamal Muara, Jakarta Utara.

10. Merdeka Square

Merdeka Square atau yang dikenal juga sebagai lapangan merdeka menjadi simbol penting dalam perjalanan sejarah Indonesia sebagai tempat proklamasi kemerdekaan 1945. Saat mengunjungi tempat wisata ini, pengunjung akan merasakan suasana penuh semangat para pahlawan.

Lapangan ini juga menjadi salah satu lapangan terbesar di dunia yang dikelilingi tempat bersejarah, seperti Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, hingga Gedung Merdeka.

Alamat: Merdeka Square, Jakarta, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

11. Taman Literasi Blok M

Mengintip Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang Baru Diresmikan Anies, Perpustakaan di Ruang Terbuka. (Suara.com/Fajar Ramadhan)Mengintip Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang Baru Diresmikan Anies, Perpustakaan di Ruang Terbuka. (Suara.com/Fajar Ramadhan)

Lokasi wisata gratis di Jakarta selanjutnya adalah sebuah inisiatif ruang publik yang didedikasikan untuk literasi serta membaca di tengah-tengah sibuknya kota Jakarta  Tempat ini menawarkan sejumlah fasilitas untuk membaca dan belajar, misalnya perpustakaan mini, area duduk, dan acap kali menyelenggarakan berbagai kegiatan tentang literasi, seperti baca buku bersama, diskusi buku, pemeran buku dan workshop kreatif.

Alamat: Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

12. Museum Bank Indonesia

Bagi para pecinta sejarah khususnya di bidang perbankan, Anda bisa mengunjungi tempat wisata saty ini. Museum BI berlokasi di gedung bekas De Javasche Bank yang dahulu kala dijadikan sebagai bank sentral Hindia pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Museum Bank Indonesia menampilkan pameran yang bisa dikunjungi sekaligus jadi sarana menambah wawasan tentang sistem perbankan pada zaman kolonial.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Itu tadi rekomendasi lokasi wisata gratis di Jakarta untuk menikmati long weekend bersama keluarga. Selamat berlibur ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #lokasi #wisata #gratis #jakarta #yang #bisa #anda #kunjungi #saat #long #weekend

KOMENTAR