8 Website AI untuk Bantu Menulis Skripsi, Praktis dan Bisa Cepat Selesai
Ilustrasi Website AI untuk Bantu Menulis Skripsi (Freepik)
14:39
14 September 2024

8 Website AI untuk Bantu Menulis Skripsi, Praktis dan Bisa Cepat Selesai

Menulis skripsi, tesis, jurnal maupun tugas akademik lainya memang sulit dan memakan waktu. Namun jangan menyerah dulu, sebab sekarang sudah banyak teknologi AI dengan fitur-fitur canggih yang bisa meringankan beban mahasiswa dalam urusan ini. Ini dia rekomendasi website AI untuk bantu menulis skripsi.

Teknologi artificial intelligence (AI) selama ini berfungsi sebagai alat bantu dengan pengendalinya tetap ada pada kemampuan penggunanya itu sendiri. Melalui AI, pengguna bisa mendapatkan bantuan untuk mengerjakan proses dan penulisan skripsi. Saat ini, terdapat beberapa website AI yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menulis skripsi.

Website AI untuk Bantu Menulis Skripsi

Berikut adalah beberapa pilihan website AI yang bisa membantu proses penulisan skripsi:

Baca Juga: Meresahkan! Konten Porno Berbasis AI Deepfake Marak di Korsel, Korban Perempuan Dewasa dan Remaja

1. ChatGPT

ChatGPT saat ini sudah cukup populer dipakai banyak orang. Program AI buatan OpenAI tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk menjawab beragam pertanyaan dan perintah. Melalui kemampuannya, pengguna dapat meminta Chat GPT untuk melakukan berbagai tugas termasuk membantu menyelesaikan penulisan skripsi.

2. Semantic Scholar

Semantic Scholar adalah website AI inovatif yang bisa dicoba mahasiswa dan peneliti untuk menjelajahi lautan literatur ilmiah dengan lebih efisien. Keunggulan lainnya, terdapat lebih dari 216 juta artikel, makalah, dan jurnal akademik dari berbagai bidang ilmu yang tersedia dalam website ini, sehingga pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyelesaikan penulisan skripsi.

3. Scholary

Baca Juga: Komitmen pada Pelayanan Terbaik, OCA Sematkan AI untuk Perluas Layanan Chatbot yang Lebih Pintar dan Efisien

Nah, website berikutnya ini adalah alat AI yang memudahkan para peneliti dan mahasiswa dalam memahami jurnal dan artikel ilmiah. Dengan fitur membaca dan meringkas dokumen secara otomatis, maka Scholarcy memungkinkan pengguna untuk menilai relevansi hingga kualitas dokumen penelitian secara praktis.

4. Consensus

Dalam pengerjaan skripsi, mahasiswa tak jarang diminta untuk menyertakan teori atau konsep dari tokoh tertentu sebagai penjelasan dari masalah yang diangkat. Aplikasi consensus bisa dimanfaatkan untuk membantu melakukan tugas itu juga. Di dalam Consensus, pengguna bisa mengajukan pertanyaan apa saja terkait masalah penelitian. Nantinya, Consensus akan memberikan jawaban yang disertai dengan referensi dari buku atau jurnal.

5. Research Rabbit

Aplikasi AI yang satu ini mempunyai data bahan bacaan yang cukup banyak dan bisa dimanfaatkan Pengguna untuk cari referensi tentang topik skripsi yang sedang diteliti. Research Rabbit juga menyajikan jaringan karya ilmiah yang berkaitan terhadap topik tertentu. Fitur satu ini sangat berguna saat kita hendak membuat bagian tinjauan pustaka di dalam skripsi.

6. ChatPDF

Berikutnya ada ChatPDF yang memiliki fitur utama untuk mendeteksi teks yang ada di dalam dokumen PDF. ChatPDF bisa membantu pengguna dalam memahami referensi yang akan dicantumkan ke dalam skripsi.

Melalui website ini, pengguna dapat mengunggah dokumen referensi format PDF, lalu ChatPDF akan membacanya. Sehingga pengguna bisa mengajukan berbagai pertanyaan tentang dokumen tersebut.

7. Quillbot

Apabila kamu ragu dengan efektivitas susunan kalimat di dalam sebuah skripsi, Quillbot bisa membantu menyusun ulang kalimat yang sudah ditulis. Quillbot mampu menyesuaikan dengan berbagai jenis bahasa ilmiah yang kemudian diintegrasikan menggunakan Google Docs atau sebagai add-on dalam Microsoft Word.

8. Elicit

Dari segi fitur, Elicit bisa dikatakan mirip dengan Consensus, yakni menyediakan jawaban terkait pertanyaan pengguna sesuai referensi ilmiah seperti jurnal dan artikel. Di Elicit, kita dapat bertanya tentang berbagai informasi maupun penjelasan tentang skripsi yang ditulisnya seperti konsep, sejarah, hingga fakta atas suatu masalah yang nantinya akan memberikan jawaban sesuai dengan referensi ilmiah.

Itulah rekomendasi website AI untuk bantu menulis skripsi. Bisa kalian manfaatkan untuk membantu menyelesaikan tugas akhir perkuliahan Anda.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #website #untuk #bantu #menulis #skripsi #praktis #bisa #cepat #selesai

KOMENTAR