Ini 7 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Metode SADARI
Deteksi kanker payudara. (Freepik)
20:37
10 September 2024

Ini 7 Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Metode SADARI

Kabar duka datang dari mantan artis cilik sekaligus politisi, Puput Novel, yang meninggal dunia pada  Minggu (8/9/24) karena kanker payudara. Setelah berjuang melawan kanker payudara sejak tahun 2021, Puput Novel diketahui sempat mengalami komplikasi di jantung dan paru-paru.

Sampai saat ini, kanker payudara memang masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita. Oleh karena itu, langkah deteksi dini kanker payudara sangat penting dilakukan.

Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara. (Pixabay)Ilustrasi kanker payudara. (Pixabay)

Deteksi dini adalah pengobatan terbaik untuk payudara. Pasalnya, semakin cepat kanker diobati, semakin besar pula peluang kesembuhannya.

Baca Juga: Serba-serbi Kanker Payudara, Penyakit yang Dialami Puput Novel Sebelum Meninggal Dunia

Demi menekan angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan SADARI untuk mendeteksinya sedini mungkin.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan SADARI untuk mendeteksi kanker payudara.

  1. Berdiri tegak di depan cermin lalu cermati bentuk dan permukaan kulit payudara Anda. Perhatikan pula apakah ada pembengkakan atau perubahan bentuk puting. Namun, tenang saja saat melihat bentuk payudara yang tidak simetris karena ini adalah hal normal.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku, dan posisikan tangan ke belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan cermati payudara Anda. Setelah itu, dorong siku ke belakang untuk mengamati perubahannya.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.
  5. Lakukan gerakan tersebut ke arah atas-bawah, buat lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  6. Cubit kedua puting dan cermati apakah ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.
  7. Ambil posisi telentang dengan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas lalu cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #langkah #deteksi #dini #kanker #payudara #dengan #metode #sadari

KOMENTAR