Saatnya Melepaskan 7 Keyakinan Ini Jika Anda Dibesarkan dalam Keluarga yang Tidak Harmonis 
Ilustrasi keluarga yang tidak harmonis (Freepik)
17:00
10 September 2024

Saatnya Melepaskan 7 Keyakinan Ini Jika Anda Dibesarkan dalam Keluarga yang Tidak Harmonis 

Tahukah Anda bahwa hidup dalam keluarga yang tidak harmonis sering kali menimbulkan keyakinan yang mengakar dan lebih banyak mendatangkan kerugian daripada manfaat?

Anda mungkin telah mengadopsi pola pikir tertentu yang tidak menguntungkan Anda. Namun hal ini ternyata juga dapat menghambat Anda.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman Hack Spirit, tujuh keyakinan yang menimbulkan banyak kerugian akibat Anda dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis.

1. "Disfungsi adalah hal yang normal"

Kepercayaan tentang hal ini harus dilepaskan, jika Anda dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis. Bila Anda tumbuh dalam lingkungan yang kacau, mudah untuk berasumsi bahwa memang begitulah adanya.

Berpegang teguh pada keyakinan ini dapat menyebabkan terulangnya pola-pola yang merugikan dalam hubungan Anda. Melepaskan keyakinan ini adalah langkah pertama menuju interaksi yang lebih sehat.

2. "Saya harus memperbaiki semuanya"

Jika Anda tumbuh dalam lingkungan yang kacau berarti Anda terus-menerus berada dalam mode pemecahan masalah. Melepaskan keyakinan ini adalah hal yang membebaskan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada pertumbuhan Anda sendiri dan memberi ruang bagi orang lain untuk bertanggung jawab atas tindakan dan perilaku mereka.

 

3. "Menunjukkan emosi adalah tanda kelemahan"

Dalam beberapa keluarga yang tidak harmonis, menunjukkan emosi mungkin tidak dianjurkan. Hal ini dapat menyebabkan kepercayaan bahwa "menunjukkan emosi adalah tanda kelemahan".

Namun, bertentangan dengan kepercayaan ini, penelitian di bidang psikologi secara konsisten menunjukkan bahwa mengekspresikan dan menangani emosi sebenarnya merupakan tanda kekuatan dan ketahanan.

4. "Aku tidak layak untuk dicintai"

Tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis dapat membuat Anda percaya bahwa "Saya tidak layak dicintai". Mudah untuk menghayati pesan atau tindakan negatif dari orang-orang di sekitar

Terutama jika hal tersebut berasal dari keluarga. Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak berharga yang berlanjut hingga dewasa.

5. "Saya harus menghindari konflik dengan segala cara"

Konflik pada dasarnya bukanlah hal yang buruk. Bahkan, jika ditangani dengan benar, konflik dapat mengarah pada pertumbuhan, pemahaman, dan hubungan yang lebih baik.

Menghindari konflik berarti menekan perasaan dan mengabaikan masalah, yang dapat menyebabkan kebencian dan disfungsi lebih lanjut.

6. "Aku ditakdirkan untuk mengulang masa lalu"

Bukan hal yang aneh bagi mereka yang dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis untuk merasa bahwa mereka ditakdirkan untuk mengulang pola perilaku yang sama.

Kepercayaan ini dapat menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Kepercayaan ini dapat membuat Anda mandek, tidak mampu melepaskan diri dari pola-pola yang tidak sehat.

7. "Saya sendirian dalam hal ini"

Keyakinan ini mungkin merupakan keyakinan yang paling merusak dari tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis. Ini dapat membuat Anda merasa terisolasi dan seolah-olah Anda satu-satunya yang mengalaminya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #saatnya #melepaskan #keyakinan #jika #anda #dibesarkan #dalam #keluarga #yang #tidak #harmonis

KOMENTAR