Hari Terakhir Pendaftaran, Cek Format Dokumen CPNS 2024 Sesuai Aturan BKN!
Ilustrasi format dokumen CPNS 2024 (bkn.go.id)
11:40
10 September 2024

Hari Terakhir Pendaftaran, Cek Format Dokumen CPNS 2024 Sesuai Aturan BKN!

Salah satu syarat pendaftaran CPNS yaitu melampirkan beberapa dokumen. Dokumen yang dilampirkan tersebut memiliki format khusus sesuai ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi masing-masing. Lantas apa format dokumen CPNS 2024? Berikut ini ulasannya.

Diketahui bahwa pendaftaran CPNS akan ditutup pada 10 September 2024. Bagi yang belum daftar, segeralah mendaftar dan menyiapkan segala persyaratan dokumen yang dibutuhkan karena sebentar lagi akan ditutup.

Adapun beberapa persyaratan dokumen yang perlu dilampirkan saat pendaftaran CPNS  yaitu KTP, Ijazah, transkrip nilai, pas foto, swafoto, surat pernyataan, surat lamaran, sertifikat toefl (jika diperlukan), dan lainnya.

Penting juga untuk diketahui bahwa beberapa dokumen yang dilampirkan saat pendaftaran CPNS tersebut memiliki format khusus. Lantas apa format dokumen CPNS 2024? Nah untuk selengkapnya, berikut ini informasi format dokumennya.

Baca Juga: 11 Aplikasi CAT CPNS Gratis, Banyak Beragam Simulasi Soal yang Disediakan

Format Dokumen Menggunakan PDF 1.6

Menurut keterangan BKN, beberapa dokumen syarat pendaftaran CPNS 2024 yaitu harus menggunakan format PDF 1.6. Jadi PDF 1.6 ini merupakan salah satu versi PDF (Portable Document Format) yang dikembangkan Adobe Systems Incorporated.

BKN pun mengimbau agar para pelamar CPNS mengikuti segala syarat dan ketentuan sesuai yang ditetapkan. Ini bertujuan agar para pelamar terhindar dari kendala atau masalah yang kemungkinan terjadi ke depannya.

Sebagai informasi, PDF 1.6 ini berbeda dengan versi sebelumnya. Pasalnya PDF 1.6 ini memiliki fungsi untuk menanamkan file 3D ke format U3D. Selain itu, versi ini juga berfungsi untuk menanamkan file ke dokumen PDF, ini memungkinkan PDF berfungsi menjadi format wadah.

Khusus untuk pendaftaran CPNS 2024, penggunaan PDF versi 1.6 adalah wajib untuk dokumen yang menggunakan e-meterai. Hal ini dikarenakan PDF 1.6 memiliki tingkat perlindungan lebih baik pada dokumen.

Baca Juga: Aturan BKN Soal Pakaian Resmi Tes CPNS, Wajib Pakai Kemeja Polos Lengan Panjang?

Selain itu, format dokumen PDF  1.6 juga lebih kompatibel di berbagai perangkat sehingga akan membantu memudahkan peserta saat akan membuka dokumen. Format ini juga akan membuat gambar lebih ekeftif terkompresi.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa ketentuan dokumen CPNS yang perlu dilengkapi e-meterai  yang dikutip dari dari situs resmi Peruri Digital:

  • Dokumen berukuruan maksimal 800 Kb
  • Dokumen berukuran A4 Format PDF minimal versi 1.6
  • Scan pakai scanner komputer
  • Pembubuhan e-meterai jangan sampai menutupi informasi penting yang ada pada dokumen
  • Tanda tangan elektronik jangan menutupi QR e-meterai

Demikian ulasan mengenai format dokumen CPNS 2024 yang penting untuk diketahui sebelum pendaftaran ditutup. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #hari #terakhir #pendaftaran #format #dokumen #cpns #2024 #sesuai #aturan

KOMENTAR