8 Tips yang Dapat Kamu Lakukan untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Ilustrasi: Cara-cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. (Pexels)
11:24
10 September 2024

8 Tips yang Dapat Kamu Lakukan untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Ketidakpercayaan diri bisa muncul pada siapa pun, baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Ada berbagai faktor yang memicu seseorang menjadi tidak percaya diri, seperti karena pendapat orang lain, rendah diri, kurang bersosialisasi, dan sebagainya.

Perasaan tersebut jika terus dibiarkan dapat berdampak buruk untuk masa depan. Namun, menumbuhkan dan mempertahankan rasa percaya diri bukanlah hal yang mudah.

Itulah mengapa penting untuk membangun dan melatih rasa percaya diri secara aktif. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut adalah 8 tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, dilansir dari laman Verywell Mind, Selasa (10/9).

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang terbit dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan cara kita memandang diri sendiri.

Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa ketika orang membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka merasa iri. Dan semakin besar rasa iri yang mereka miliki, semakin buruk perasaan mereka terhadap diri sendiri.

2. Kelilingi diri dengan lingkungan yang Positif

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda dapat memengaruhi pikiran dan sikap Anda terhadap diri sendiri.

Jika Anda merasa buruk tentang diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, itu waktunya untuk menjauh dari mereka.

Sebaliknya, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai Anda, menginginkan yang terbaik untuk Anda, dan dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda.

3. Jaga kesehatan tubuh

Kiat untuk menjadi lebih percaya diri ini didasarkan pada gagasan bahwa sulit untuk merasa senang dengan diri sendiri jika Anda menyiksa tubuh Anda sendiri.

Saat Anda merawat diri sendiri dengan baik, Anda melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa Anda, dan secara alami akan merasa lebih percaya diri sebagai hasilnya.

Praktik perawatan diri yang dapat dilakukan, seperti pola makan yang sehat, latihan fisik, meditasi, dan tidur yang cukup.

Merawat diri sendiri penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Pastikan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk merasa puas dengan diri sendiri dan kemampuan Anda.

4. Bersikap baik dan bicara positif pada diri sendiri

Ini berarti memperlakukan diri sendiri dengan baik saat melakukan kesalahan atau kegagalan.

Hal ini memungkinkan Anda menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu Anda menghadapi emosi negatif dengan lebih baik, sehingga meningkatkan hubungan Anda dengan diri sendiri dan orang lain.

Berbicara negatif terhadap diri sendiri dapat membatasi kemampuan Anda dan mengurangi rasa percaya diri Anda dengan meyakinkan alam bawah sadar Anda bahwa Anda tidak dapat menangani sesuatu atau bahwa hal itu terlalu sulit dan Anda tidak boleh mencobanya.

Sebaliknya, berbicara dengan nada positif dan penuh optimis terhadap diri sendiri, dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan membantu Anda mengatasi keraguan terhadap diri sendiri dan dalam menghadapi tantangan baru.

5. Lawan rasa takut

Berlatihlah menghadapi beberapa ketakutan Anda yang berasal dari kurangnya rasa percaya diri.

Jika Anda takut mempermalukan diri sendiri atau berpikir akan melakukan kesalahan, abaikan saja dan tetap cobalah.

Anda akan belajar bahwa merasa sedikit cemas dan keraguan atau melakukan beberapa kesalahan tidaklah seburuk yang Anda kira. Dan setiap kali Anda melangkah maju, Anda akan semakin percaya diri.

6. Lakukan hal-hal yang dikuasai

Apa yang terjadi ketika Anda melakukan hal-hal yang Anda kuasai? Kepercayaan diri Anda mulai meningkat dan kekuatan Anda menjadi lebih kuat, yang dapat membantu meningkatkan keyakinan Anda pada diri sendiri.

Sebuah penelitian menemukan bahwa keyakinan akan kemampuan Anda untuk membangun kekuatan pribadi cukup terkait dengan tingkat kepuasan hidup.

Ini dimulai dengan mengidentifikasi apa saja kekuatan tersebut. Lalu, berusahalah untuk membuatnya lebih kuat dengan menggunakannya secara teratur.

7. Ketahui kapan harus berkata tidak

Mengatakan tidak pada aktivitas yang cenderung menguras rasa percaya diri Anda adalah hal yang wajar, karena ketidaknyamanan sering kali merupakan bagian dari proses pertumbuhan pribadi. Pada saat yang sama, tidak ada salahnya mengetahui batasan Anda.

Menetapkan batasan sosial dan emosional memungkinkan Anda merasa lebih aman secara psikologis.

Karena itu, lain kali seseorang menyarankan untuk melakukan sesuatu yang Anda tahu akan menurunkan rasa percaya diri Anda, tolaklah dengan sopan.

Anda juga tidak harus menghindari aktivitas itu selamanya. Begitu Anda belajar cara menjadi lebih percaya diri, Anda mungkin merasa cukup kuat untuk mencobanya lagi, tanpa merusak rasa percaya diri yang Anda miliki.

8. Tetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang tinggi dan gagal mencapainya terbukti merusak tingkat kepercayaan diri.

Sebaliknya, tujuan yang realistis dapat dicapai. Dan semakin Anda mencapai tujuan, semakin besar kepercayaan diri Anda terhadap diri sendiri dan kemampuan Anda.

Untuk menetapkan tujuan yang realistis, tuliskan apa yang ingin Anda capai. Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa besar peluang Anda untuk mencapainya.

Jika jawabannya sangat tipis, tujuan tersebut mungkin terlalu besar. Kurangi target tersebut sehingga lebih realistis dan lebih dapat dicapai.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #yang #dapat #kamu #lakukan #untuk #tingkatkan #rasa #percaya #diri

KOMENTAR