Menurut Psikologi, 9 Momen Penting dalam Hidup Ini dapat Membuat Anda Mengetahui Siapa Teman Sejati Anda
Ilustrasi sahabat sejati (freepik)
20:24
9 September 2024

Menurut Psikologi, 9 Momen Penting dalam Hidup Ini dapat Membuat Anda Mengetahui Siapa Teman Sejati Anda

- Hidup ini penuh pasang surut, dan sering kali pada saat-saat penuh pasang surut inilah kita mengetahui siapa teman sejati kita.

Menurut psikologi, ada momen-momen penting tertentu dalam hidup yang benar-benar menguji kekuatan persahabatan kita.

Dilansir JawaPos.com dari laman Ideapod pada Senin (9/9), inilah sembilan momen penting saat Anda menemukan siapa yang benar-benar mendukung Anda.

1. Selama masa krisis

Krisis dapat terjadi dalam berbagai bentuk, bisa berupa kehilangan orang terkasih, kemunduran karier, masalah kesehatan, atau tantangan pribadi lainnya yang menghantam Anda dengan keras dan membuat hidup Anda kacau.

Selama masa-masa ini, wajar saja jika Anda merasa terisolasi dan kewalahan. Di saat seperti inilah sahabat sejati akan melangkah maju, dan teman yang hanya ada saat senang saja bisa tiba-tiba menjadi jauh.

2. Ketika Anda mencapai kesuksesan

Saat Anda mendapatkan pekerjaan impian, promosi, atau mencapai tujuan pribadi, teman sejati akan selalu ada untuk menyemangati Anda. Mereka akan benar-benar bahagia dan merayakan keberhasilan Anda seolah-olah itu adalah keberhasilan mereka sendiri.

Di sisi lain, teman yang tidak benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda mungkin akan meremehkan keberhasilan Anda atau bahkan bereaksi dengan komentar pasif-agresif. Mereka menunjukkan tanda-tanda kecemburuan atau mencoba membuat Anda merasa bersalah karena berhasil.

3. Ketika kamu tidak lagi menyenangkan

Hidup tidak selalu menyenangkan. Ada kalanya kita menghadapi masalah pribadi, stres, atau sekadar menjalani fase di mana kita menjadi lebih tertutup dan kurang bersemangat.

Selama periode ini, Anda mungkin bukan orang yang suka berpesta atau orang yang selalu siap untuk petualangan, dan itu wajar. Ujian persahabatan yang sesungguhnya adalah apakah sahabatmu tetap bersamamu.

Bahkan saat kamu tidak sedang dalam kondisi paling menghibur atau paling ramah. Teman sejati memahami bahwa setiap orang memiliki suka dan duka dan mereka akan tetap di sisi Anda tanpa menghakimi.

4. Ketika Anda melakukan kesalahan

Mungkin Anda mengatakan sesuatu yang menyakitkan di saat marah, atau mungkin Anda membuat keputusan buruk yang mengakibatkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Di saat seperti ini, sahabat sejati menunjukkan jati dirinya.

Sahabat sejati tidak akan meninggalkan Anda karena suatu kesalahan, mereka akan menegur kesalahan Anda, tetapi untuk membantu Anda tumbuh dan belajar darinya. Namun, beberapa teman menggunakan ini sebagai kesempatan untuk merendahkan atau meninggalkan Anda.

5. Ketika Anda merasa tidak aman

Kita semua pernah mengalami masa-masa tidak aman, saat-saat ketika kita meragukan kemampuan, penampilan, atau harga diri kita. Di saat-saat rentan seperti ini, sahabat sejati bagaikan selimut yang menenangkan.

Mereka akan mengingatkan Anda tentang nilai Anda dan membantu Anda melihat diri Anda dalam cahaya yang lebih positif. Sebaliknya, beberapa teman mungkin meremehkan rasa tidak aman Anda atau bahkan memperburuknya.

6. Ketika Anda berhadapan dengan perubahan

Perubahan adalah bagian dari kehidupan. Entah itu pindah ke kota baru, memulai pekerjaan baru, atau mengakhiri hubungan jangka panjang, transisi ini bisa jadi cukup menantang dan sering kali menimbulkan berbagai emosi.

Di masa-masa perubahan ini, sahabat sejati membuktikan nilai mereka. Mereka ada untuk mendukung Anda, mendengarkan ketakutan dan kekhawatiran Anda, dan menyemangati Anda saat Anda memulai perjalanan baru ini.

Namun, beberapa teman mungkin menjauh selama masa-masa ini. Mereka mungkin merasa terancam oleh perubahan Anda atau mereka mungkin tidak tahu bagaimana menangani dinamika baru tersebut.

7. Ketika Anda berbagi mimpi Anda

Kita semua punya mimpi dan aspirasi, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Sahabat sejati akan menjadi penyemangat Anda, mendorong Anda untuk mengejar apa yang Anda inginkan dan percaya pada potensi Anda.

Di sisi lain, beberapa teman mungkin mengejek impian Anda atau membuat Anda patah semangat. Mereka mungkin meremehkan aspirasi Anda atau membuat Anda merasa konyol karena memiliki impian seperti itu.

8. Ketika Anda perlu mendengar kebenaran

Sahabat sejati adalah mereka yang tidak takut mengatakan kebenaran saat Anda perlu mendengarnya. Mereka tidak akan hanya mengangguk dan setuju dengan semua yang Anda katakan, mereka jujur dan terus terang, meskipun kebenaran itu mungkin sedikit menyakitkan.

9. Ketika Anda hanya menjadi diri sendiri

Sahabat sejati menerima Anda apa adanya, dengan segala keunikan, kekurangan, dan keanehan Anda. Mereka menghargai keaslian Anda dan tidak mengharapkan Anda berubah atau menyesuaikan diri dengan harapan mereka.

Anda bisa tertawa, menangis, bersikap konyol atau serius, mereka akan selalu ada untuk Anda dalam segala hal. Sebaliknya, beberapa teman mungkin terus-menerus mengkritik atau menekan Anda untuk berubah. Mereka mungkin membuat Anda merasa tidak cukup baik.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #menurut #psikologi #momen #penting #dalam #hidup #dapat #membuat #anda #mengetahui #siapa #teman #sejati #anda

KOMENTAR