Kamu Mudah Menangis? Ini 7 Cara untuk Mengontrol Diri Agar Tidak Mudah Menangis
Ilustrasi dua perempuan sedang menangis. (Freepik)
12:48
9 September 2024

Kamu Mudah Menangis? Ini 7 Cara untuk Mengontrol Diri Agar Tidak Mudah Menangis

- Sebagai manusia normal, tentu sangat lazim apabila kamu menangis setelah mengalami peristiwa yang sangat sedih atau menyakitkan hati. Kamu bisa meneteskan air mata secara perlahan bahkan sampai meraung kencang.

Ada banyak jenis orang yang menangis di dunia ini. Mulai dari yang jarang menangis dan tidak bergeming ketika ada peristiwa sesedih apapun sampai yang mudah meneteskan air mata ketika tidak sengaja disakiti. Kamu mungkin termasuk dalam golongan orang yang kedua, yakni golongan orang yang mudah menangis. Dalam berbagai situasi, kamu bisa dengan gampang menangis dan meneteskan air mata.

Meski tidak ada orang lain yang menangis, kamu bisa saja tersedu-sedu di situasi yang sangat tidak cocok untuk menangis. Lama kelamaan, banyak orang bisa tidak nyaman dan kamu sendiri juga akan kesulitan akibat terlalu mudah menangis.

Kamu tentu ingin berubah dan jadi pribadi yang tidak terlalu sensitif seperti sebelumnya. Dikutip dari Calm, dan Self, berikut ini merupakan 7 cara mengontrol diri untuk tidak mudah menangis:

1. Jangan Dilawan

Cara pertama untuk mengontrol diri agar tidak mudah menangis adalah jangan melawan rasa ingin menangis yang ada. Ketika kamu menangis, kamu mungkin saja melawan perasaan itu dan malah memperparah keadaan.

Tidak melawan perasaan ingin menangis tersebut, kamu bisa mengubahnya ke arah memperbaiki sumber tangisan dan bagaimana caranya melangkah maju kedepan tanpa tangisan. Menangis itu normal dan kamu perlu tahu bahwa tidak semua tangisan harus ditahan atau dilawan.

2. Tarik Napas Perlahan

Cara mengontrol diri yang selanjutnya adalah dengan menarik napas perlahan. Kamu tentu tahu bahwa menarik napas merupakan tindakan yang sederhana namun ampuh untuk menenangkan diri di berbagai situasi, termasuk ketika ingin menangis.

Kamu mungkin merasa sangat marah atau sedih sampai tersengal-sengal. Kamu bisa tarik napas yang dalam dan perlahan untuk bisa merilekskan tubuh dan berguna apabila kamu tidak ingin jadi orang yang mudah menangis.

3. Pikirkan Hal Lain

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol diri ketika sedang ingin menangis adalah dengan memikirkan hal lain. Ketika ingin menangis, distraksi adalah hal baik yang bisa membuat fokusmu beralih dari rasa ingin menangis tersebut.

Kamu bisa mengalihkan pikiran ke sekeliling seperti jalanan yang kamu tapaki, tanaman yang ada di sekitar atau orang yang berjalan di dekatmu. Kamu bisa memikirkan dan memfokuskan diri pada hal lain secara positif.

4. Dongakkan Kepala

Sebagai orang yang mudah menangis, kamu bisa saja tiba-tiba menjatuhkan air mata di pipi ketika sedih atau marah. Untuk mengontrol airmata ini, kamu bisa mencoba cara yakni dengan mendongakkan kepala keatas.

Dengan cara ini, kamu melawan gravitasi dan tidak membiarkan air mata jatuh dan mengalir ke bawah pipimu. Seringkali seseorang akan semakin membuncah perasaannya ketika sudah mulai menangis. Saat mendongak ke atas, kamu bisa mengambil napas atau memikirkan hal lain sebagai distraksi untuk tidak menangis.

5. Salurkan ke Fisik

Apabila cara mengontrol diri lewat pikiran atau psikologis tidak mempan, kamu bisa mencoba menyalurkannya ke fisik. Ketika kamu sedang ingin menangis, kamu bisa mengalihkan perasaan emosional ke sensasi fisik.

Kamu bisa menginjak lantai kuat-kuat, mencubit tangan sendiri, atau menggenggam erat benda yang sedang kamu pegang. Hal ini merupakan distraksi untuk seseorang tidak jadi menangis atau tidak mudah menangis.

6. Lakukan Hal Sebaliknya

Rasa ingin menangis ini tentu berangkat dari berbagai perasaan yang berkecamuk. Kamu bisa saja merasa sedih akibat kehilangan sesuatu atau sangat marah dan tersinggung akibat perbuatan seseorang.

Kamu bisa mencoba cara mengontrol rasa ingin menangis dengan melakukan hal sebaliknya. Ketika kamu marah, kamu bisa menonton atau melakukan aktivitas yang tenang. Ketika kamu sedih, kamu bisa mencari penghiburan supaya tertawa. Hal inilah yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan tidak jadi menangis.

7. Menjaga Ketenangan

Terakhir, kamu bisa melakukan cara ini ketika sedang tidak berada di tempat kejadian. Pada beberapa kesempatan, kamu bisa meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan emosional dan menenangkan diri demi jadi pribadi yang tidak mudah menangis.

Kamu bisa mengubah pola hidup jadi lebih baik, melakukan meditasi sampai olahraga. Kamu bisa melatih ketenangan diri dan jadi kuat ketika ada emosi yang tiba-tiba menerjangmu ketika hendak menangis suatu saat nanti.

-------

Ketujuh poin di atas merupakan cara mengontrol diri agar tidak mudah menangis meski punya hati yang sensitif. Dengan ini, kamu jadi punya kendali atas diri sendiri dan bisa menentukan kapan akan menangis dan kapan tidak.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kamu #mudah #menangis #cara #untuk #mengontrol #diri #agar #tidak #mudah #menangis

KOMENTAR