5 Manfaat Buah Apel untuk Snacking, dari Rendah Kalori hingga Kaya Serat
Apel Untuk Snacking Kaya Manfaat (Dok. Istimewa)
07:47
22 Agustus 2024

5 Manfaat Buah Apel untuk Snacking, dari Rendah Kalori hingga Kaya Serat

Keinginan untuk ngemil atau snacking memang bisa muncul kapan saja. Sayangnya, banyak orang menghindari untuk menikmati camilan, karena sering dianggap tidak sehat dan bikin gemuk.

Padahal menurut data, snacking sebenarnya bisa menjadi kebiasaan yang baik asalkan memilih kudapan yang tepat. Buah apel bisa menjadi salah satu pilihan yang ternyata memiliki banyak manfaat, karena kaya akan gizi dan rendah kalori.

Ahli gizi lulusan Fakultas Kesehatan Masyrakat Universitas Indonesia, Vania menjelaskan sederet manfaat buah apel untuk snacking, berikut ini.

Rendah Kalori

Baca Juga: Dari Lemas Jadi Semangat: Ini 7 Menu Sarapan yang Wajib Dicoba di Awal Pekan

Satu buah apel berukuran sedang memiliki mengandung sekitar 95 kalori. Hal ini membuat buah ini cocok untuk me Indeks reka yang sedang menjaga dan ingin menurunkan berat badan.

buah apel hijau (Pixabay.com/PublicDomainPictures)buah apel hijau (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Indeks Glikemik Rendah

Apel juga rendah indeks glikemik yang membantu hormon insulin untuk naik. Ini membuat buah apel aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Berdasarkan Cohort Study tahun 2013 juga menyatakan bahwa bisa membantu meregulasi gula darah dengan baik.

Kaya Serat

Baca Juga: Sambut HUT RI ke-79 dan HUT Kemnaker ke-77, Kemnaker Gelar Jalan Sehat Berbakti untuk Negeri Bangun Prestasi

Tak sampai di situ, ternyata apel juga memiliki kandungan fiber yang tinggi, sekitar 4,4 gram, cukup tinggi untuk makanan yang masuk dalam kategori 'whole food' yang membuat perut akan terasa kenyang setelah makan apel.

"Jadi, kalau habis makan apel itu merasa kenyang, ya karena itu sifat dari makanan yang berserat," tuturnya dalam acara Apel Rockit pada Selasa (20/8/2024).

Ilustrasi potongan buah apel (Pexels/Laker)Ilustrasi potongan buah apel (Pexels/Laker)

Kaya Vitanim C dan Potasium

Kandungan vitamin c dan potasium yang tinggi dalam apel juga bisa diberikan untuk memenuhi kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Apel itu mengandung vitamin c yang cukup tinggi, cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari. Potasium yang tinggi juga, jadi bagus untuk yang suka olahraga, karena bisa mencegah keram, hingga otot lemah," ungkapnya.

Kaya Kalium

Apel merupakan salah satu buah yang kaya dengan kalium. Kehadiran zat satu ini bagi tubuh untuk membantu mencegah kram, mencegah konstipasi, mencegah tubuh lemas.

Adapun, kulit apel juga disebut memiliki kandungan yang baik, sehingga kandungan gizi pada apel yang utuh bisa membuat kita mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Untuk itulah Apel Rockit direkomendasikan, terlebih apel dari Selandia Baru ini tidak dilapisi dengan wax, sehingga aman untuk langsung dimakan. Selain itu, apel ini juga dipastikan bukan hasil rekayasa genetik (GMO).

"Kami menanam apel dari biji hingga berbuah secara alami, tanpa penambahan zat kimia apapun," jelas Stephanie.

Apel Rockit hadir dalam kemasan unik berupa tabung yang berisi apel-apel segar yang telah dicuci bersih. Kemasan ini sangat praktis, sehingga bisa membawanya dalam tas dan siap untuk dinikmati kapan saja.

Selain manfaat kesehatannya, apel Rockit, merupakan campuran dari apel Gala dan Splendour, yang menggabungkan sifat terbaik dari kedua jenis apel tersebut untuk menghasilkan apel yang manis dan renyah.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #manfaat #buah #apel #untuk #snacking #dari #rendah #kalori #hingga #kaya #serat

KOMENTAR