Seputar #KawalPutusanMK dan Skandal Azizah Salsha: Fokus Publik Terbelah
Skandal perselingkuhan Azizah Salsha dan putusan MK yang berpotensi dianulir tengah trending di media sosial. (X)
15:22
21 Agustus 2024

Seputar #KawalPutusanMK dan Skandal Azizah Salsha: Fokus Publik Terbelah

Saat ini media sosial Tanah Air tengah dihebohkan oleh sejumlah hal. Pertama, putusan MK terkait Pilkada 2024 yang disebut bakal dianulir oleh DPR RI. Selanjutnya, adalah dugaan perselingkuhan Azizah Salsha.

Dua topik itu masuk jajaran trending di X hingga menuai amarah beberapa warganet. Mereka berharap, publik khususnya generasi muda bisa lebih fokus terhadap putusan MK yang diinisiasi oleh tagar #KawalPutusanMK.

"Gue tuh heran sama kita, generasi muda. Pas MK bikin putusan penting, malah sepi, nggak ada yang peduli. Tapi coba ada gosip seleb selingkuh, langsung rame dibahas! Apa kita emang lebih peduli sama yang bikin senyum getir daripada yang bikin nasib kita berubah?" tulis akun @/hallodms.

Namun, nyatanya, fokus publik masih tetap terbelah untuk dugaan perselingkuhan Azizah Salsha serta putusan MK yang berpotensi dianulir. Adapun berikut seputar dua topik yang tengah hangat di media sosial itu.

Baca Juga: Sebatang Kara di Korea Tanpa Azizah Salsha, Pratama Arhan Tinggal di Mana?

Warganet Gaungkan #KawalPutusanMK

Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Senin (16/10/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Senin (16/10/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Badan Legislatif (Baleg) DPR RI berencana melakukan Revisi UU Pilkada pada Rabu (21/8/2024) hari ini. Di sisi lain Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja mengekuarkan putusan soal persyaratan kontestasi tersebut.

Menurut pandangan Pengamat Hukum Tata Negara, Denny Indrayana, DPR berencana untuk menganulir putusan MK. Ia mengatakan jika hal tersebut benar dilakukan maka dianggap sebagai pengkhianatan konstitusi.

"Hari ini DPR ingin menganulir putusan MK yang kemarin. Upaya DPR menganulir putusan MK itu pembangkangan dan pengkhianatan konstitusi, karena putusan MK menurut UUD final and binding harus dilaksanakan tidak boleh dianulir oleh DPR dan Presiden sekali pun," ujar Denny, Rabu (21/8/2024).

MK sebelumnya mengeluarkan dua putusan terkait UU Pilkada pada Selasa (20/8/2024). Dalam putusan 60 berisikan soal ambang batas parpol untuk mengusung calon yang awalnya berdasarkan perolehan kursi di DPRD.

Baca Juga: Jelang Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Lini Pertahanan Indonesia Dapatkan 3 Cobaan Berat

Lalu, diubah menjadi berdasarkan daftar pemilih tetap di wilayah tersebut. Sebagai contoh, PDIP dapat mengusung calon di Jakarta karena batas minimal mengusung calon, yakni memiliki suara sebanyak 7,5 persen dari DPT.

Selanjutnya, ada putusan 70 soal batas minimal usia cakada yang harus berusia 30 tahun saat ditetapkan sebagai calon. Putusan ini disebut-sebut mempengaruhi pencalonan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Skandal Perselingkuhan Azizah Salsha

Pratama Arhan bucin ke Azizah Salsha (Instagram/@pratamaarhan8)Pratama Arhan bucin ke Azizah Salsha (Instagram/@pratamaarhan8)

Kabar soal skandal itu pertama kali diungkap oleh Rachel Vennya. Ia akhirnya membuka dugaan perselingkuhan mantannya, Salim melalui second account. Ia mengunggah foto bersama Azizah dengan caption penyesalan.

“Terbadut 2024, oh gini rasanya teman tapi maut, pertama kali dalam hidup maaf jadi agak norak,” tulis Rachel Vennya.

Di sisi lain, menurut Rachel Vennya melalui direct message Instagram miliknya, ia diberi tahu Pratama Arhan soal perselingkuhan Salim dengan Azizah. Ia mengaku dirinya ditelpon oleh Arhan untuk terkait isu tersebut.

“Haha aku tuh dikasih tau sama lakinya (Azizah). Si Arhan neleponin aku semalam,” beber Rachel dalam sebuah percakapan.

Sejumlah dugaan lain kemudian muncul ke permukaan. Di antaranya, Azizah sering berhubungan intim dengan beberapa pria hingga hamil dan digugurkan. Salah satunya bersama Satria, pria yang dekat dengan Fuji.

Setelah itu, banyak warganet yang menuliskan kekesalannya terhadap Azizah Salsha hingga namanya trending. Di tengah hebohnya gosip ini, Pratama Arhan justru menanggapi permasalahan tersebut dengan cara berbeda. 

Pemain Timnas itu mengunggah foto pernikahannya dengan Azizah Salsha pada Rabu (21/8/2024) pagi. Belum ada yang tahu apa maksud Arhan membagikan momen tersebut di tengah isu perselingkuhan istrinya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #seputar #kawalputusanmk #skandal #azizah #salsha #fokus #publik #terbelah

KOMENTAR