Cerita Ravena Wulandari, Satu-Satunya Finalis Berjilbab di Miss Universe Indonesia 2024
Finalis Miss Universe Indonesia 2024 Ravena Wulandari (kiri) berpose bersama Direktur Nasional Miss Universe 2024 Teuku Jordan Zacky (kanan). [Dok.Antara]
08:51
21 Agustus 2024

Cerita Ravena Wulandari, Satu-Satunya Finalis Berjilbab di Miss Universe Indonesia 2024

Ravena Wulandari mencuri perhatian sebagai satu-satunya finalis Miss Universe Indonesia 2024 yang mengenakan jilbab. Dia pun menceritakan kebanggaannya karena berhasil melaju hingga babak final di tengah persaingan yang ketat.

Ravena menempuh perjalanan yang tidak mudah untuk mencapai tahap ini. Dari audisi yang diikuti oleh 30 peserta, dia terpilih menjadi satu dari 16 finalis yang akan bersaing memperebutkan mahkota Miss Universe Indonesia pada September 2024.

Meskipun menghadapi tantangan dalam mempersiapkan busana dan meningkatkan kepercayaan diri, Ravena tetap optimistis dan yakin bahwa keunikannya sebagai wanita berjilbab akan menjadi kekuatan tersendiri.

Keikutsertaan Ravena dalam kontes ini juga didukung oleh perubahan aturan Miss Universe Indonesia yang kini lebih inklusif.

Peraturan baru memungkinkan perempuan yang sudah menikah, memiliki anak, dan mengenakan jilbab untuk ikut serta.

Perubahan ini sejalan dengan konsep "diversity" yang diusung oleh Komite Miss Universe Indonesia 2024, yang ingin memberikan kesempatan yang lebih luas bagi perempuan dari berbagai latar belakang.

"Konsepnya diversity, kita ingin memberikan kesempatan kepada perempuan, siapa pun itu dengan status apa pun untuk ikuti ini, karena ini bukan hanya sekadar kontes atau ajang kecantikan saja," kata Direktur Nasional Miss Universe Indonesia 2024, Teuku Jordan Zacky, dikutip dari Antara, Selasa (20/8/2024).

Dalam perjalanan menuju final, Ravena merasa penting untuk menjaga nama baik dan nilai-nilai yang dipegangnya.
"Kita bisa menunjukkan kelebihan kita melalui keunikan kita, hijab kita. Dan pastinya kita harus menjaga nama baik, agama kita juga," kata Ravena.

Dengan persiapan yang matang, Ravena berharap bisa memberikan yang terbaik dan membuktikan bahwa keunikan dan keberagaman dapat menjadi kekuatan di ajang Miss Universe Indonesia 2024.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #cerita #ravena #wulandari #satu #satunya #finalis #berjilbab #miss #universe #indonesia #2024

KOMENTAR