Bacaan Doa Ruqyah Lengkap Arab Latin dan Artinya
Bacaan Doa Ruqyah Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya (freepik)
16:26
20 Januari 2024

Bacaan Doa Ruqyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan doa ruqyah bisa dibaca untuk diri sendiri. Doa ini tidak hanya bisa dibacakan untuk orang lain. Ruyah sendiri merupakan istilah untuk menyebut suatu cara membebaskan diri dari penyakit atau gangguan jin. 

Agar kamu bisa melakukan ruqyah kepada diri sendiri. Kamu harus bisa membaca urutan bacaan sebelum melantunkan bacaan doa ruqyah, sebagai berikut:

- Membaca bacaan tawaduz
- Membaca bacaan al fatihah
- Membaca bacaan ayat kursi
- Membaca bacaan surat al ikhlas 
- Membaca bacaan an nas 

Tata Cara Ruqyah Diri Sendiri

Sesuai dengan urutan di atas, tata cara meruqyah diri sendiri dimuali dari membaca bacaan tawaduz. Bunyi bacaan tawaduz adalah sebagai berikut,

Audzu billahi minasy syaithonir rojiim

Artinya: "Aku berlindung kepada ALlah Subhanahuwata'ala dari setan terkutuk. "

Kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan al-fatihah. Berikut bunyi bacaan al-fatihah,
Bismillahir rahmaa nirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shirraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin. Amin.

Artinya: 
"Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." Amin.

Setelah membaca surat Al-fatihah, bacalah bacaan ayat kursi. Berikut bacaan ayat kursi.

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfau indahuu illaa biidznih, yalamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyaiim min ilmihii illaa bimaa syaa wasia kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa yauuduhuu hifdhuhumaa wahuwal aliyyul adhiim.

Artinya : "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi maha besar."

Dilanjutkan dengan membaca surat pendek Al-ikhlas, Al-falaq, dan An-nas. Berikut bunyi bacaan masing-masing surat pendek sesuai urutan. 

Surat Al-ikhlas

Qul huwallahu ahadAllahu somadLam yalid wa lam yulad wa lam yakul lahu kufuwan ahad

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.Allah tempat meminta segala sesuatu.(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia. 

Surat Al-falaq

Qul a'u birabbil-falaqmin syarri m khalaqwa min syarri gsiqin i waqabwa min syarrin-naffti fil-'uqadwa min syarri sidin i asad

Artinya: "Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar)dan kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Surat An-nas

Qul a'u birabbin-nsmalikin-nsilhin-nsmin syarril-waswsil-khannsalla yuwaswisu f udrin-nsminal-jinnati wan-ns
Artinya: "Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

Setelah urutan doa di atas, jika ruqyah ditujukan untuk mengobati, terapi ruqyah bisa dilakukan dengan menumbuk tujuh lembar dan bidara hijau. Kemudian campurkan tumbukan daun tersebut ke dalam air yang cukup untuk mandi. Lalu kepada air tersebut, lantunkan doa ruqyah di bawah ini. 

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (Surat Al-Baqarah: 255)

Setelah air selesai didoakan, silahkan gunakan air tersebut untuk mandi.

Demikian itu bacaan doa ruqyah, yang dapat diamalkan untuk menjaga diri dari ganguan setan dan jin. Jika untuk pengobatan, kamu juga bisa mengikuti petunjuk tersebut di atas. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #ruqyah #lengkap #arab #latin #artinya

KOMENTAR