Rusia Diguncang Gempa M 7,0
Ilustrasi gempa di Rusia. 
08:30
18 Agustus 2024

Rusia Diguncang Gempa M 7,0

Rusia diguncang gempa besar pada Minggu (18/8/2024) dini hari tadi.

Pusat gempat terjadi di Kamchatka, Rusia, dengan kekuatan M 7,0 dan telah dimutakhirkan menjadi M 7,1 pada Minggu (18/8) pukul 02.10 WIB.

Episenter gempa terletak di laut pada koordinat 52,97° LU 160,01° BT dengan kedalaman 35 kilometer.

Gempa tersebut dilaporkan merupakan jenis gempa dangkal yang diduga dipicu aktivitas subduksi Kuril-Kamchatka dengan mekanisme sesar naik atau thrust fault.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa Rusia berada sekitar 88,5 km dari Petropavlovsk-Kamchatsky dan berkedalaman sekitar 48 km.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami lokal di wilayah Rusia.

Namun, Kementerian Darurat Rusia tidak mengeluarkan peringatan tsunami terkait gempa tersebut.

Dikutip dari RIA Novosti,  gempa susulan terus terjadi di wilayah itu.

"Gempa susulan hingga 5,0 titik diperkirakan terjadi di Petropavlovsk-Kamchatsky dalam beberapa hari mendatang," kata Danila Chebrov, Direktur Layanan Geofisika Terpadu Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia Cabang Kamchatka.

“Proses gempa susulan akan berlanjut dalam waktu yang cukup lama; dalam beberapa hari mendatang kita diperkirakan akan mengalami gempa yang cukup kuat dan nyata di Petropavlovsk dengan intensitas hingga 5 titik. Kemungkinan besar, gempa tersebut tidak akan melebihi gempa tersebut,” kata Cheborov dalam sebuah video diterbitkan oleh Direktorat Utama Kementerian Situasi Darurat Rusia untuk Wilayah Kamchatka.

Pada saat yang sama, ia mencatat bahwa proses gempa susulan dengan tingkat probabilitas yang tinggi menunjukkan bahwa tidak akan ada guncangan yang lebih kuat dalam waktu dekat.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #rusia #diguncang #gempa

KOMENTAR