IDF Siaga Penuh Antisipasi Serangan Iran dan Hizbullah yang Diperkirakan Pekan Ini Menurut AS
Pasukan pendudukan Israel (IDF) melakukan penyerbuan rutin di kota-kota di Tepi Barat. 
11:50
13 Agustus 2024

IDF Siaga Penuh Antisipasi Serangan Iran dan Hizbullah yang Diperkirakan Pekan Ini Menurut AS

Para pejabat senior mengatakan Iran dan sekutunya Hizbullah telah melakukan persiapan menyerang Israel.

Serangan yang sama dilakukan Iran saat menyerbu Israel pada bulan April 2024 lalu.

Meskipun serangan ke Israel tidak diketahui namun militer mengatakan masih belum ada perubahan pada pedoman sipil.

Pasukan Pertahanan Israel IDF saat ini berada pada posisi "siaga puncak".

Warning AS

IDF dalam posisi siaga penuh karena Amerika Serikat (AS) dan Israel memiliki ekspektasi yang sama bahwa Iran dapat melancarkan serangan besar terhadap Israel minggu ini.

"Kami memiliki kekhawatiran dan harapan yang sama dengan rekan-rekan kami di Israel terkait dengan kemungkinan waktu di sini. Bisa jadi minggu ini," kata Juru Bicara Gedung Putih John Kirby kepada wartawan dikutip dari Times of Israel, Selasa (13/8/2024).

Seperti diketahui Iran telah mengancam melakukan serangan ke Israel menyusul tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada tanggal 31 Juli 2024 lalu di Teheran Iran.

"Iran telah mempersiapkan unit rudal dan dronenya, serupa dengan langkah yang diambil sebelum serangan belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada bulan April," demikian Axios melaporkan mengutip pejabat senior di Washington dan Yerusalem.

“Kita harus bersiap menghadapi serangkaian serangan yang signifikan,” imbuh Kirby pada hari Senin.

Kerahkan Pasukan AS

Kirby mengatakan AS telah meningkatkan postur pasukan di Timur Tengah dalam beberapa hari terakhir.

Menurut berita Channel 12 pengerahan pasukan AS lebih besar dari pengerahan pasukannya menjelang serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 13-14 April.

Saat itu Republik Islam Iran ,enembakkan sekitar 300 rudal dan pesawat tak berawak ke Israel, yang sebagian besarnya berhasil dijatuhkan oleh Israel dan sekutunya.

"Kami jelas tidak ingin melihat Israel harus membela diri terhadap serangan lain seperti yang mereka lakukan pada bulan April. Namun, jika itu yang terjadi pada mereka, kami akan terus membantu mereka membela diri," kata Kirby kepada wartawan.

“Sulit untuk memastikan pada saat ini apakah ada serangan oleh Iran atau proksinya dan seperti apa bentuknya.”

“Presiden yakin bahwa kami memiliki kemampuan yang tersedia untuk membantu membela Israel jika hal itu terjadi,” kata Kirby, seraya menambahkan, “Tidak seorang pun ingin melihat hal itu terjadi.”

Jelang Perundingan

Ketegangan regional meningkat sejak Iran mengancam akan membalas dendam terhadap Israel atas pembunuhan Haniyeh di Teheran bulan lalu.

Israel tidak membenarkan atau membantah bertanggung jawab atas pembunuhan yang secara luas dikaitkan dengan IDF.

Kelompok teroris Hizbullah yang merupakan proksi Iran juga telah bersumpah untuk memberikan tanggapan besar terhadap pembunuhan komandan militer tertingginya Fuad Shukr oleh Israel di Beirut, beberapa jam sebelum pembunuhan Haniyeh.

"Utusan khusus pemerintahan Biden, Amos Hochstein, yang telah berupaya memajukan upaya untuk meredakan pertempuran antara Israel dan Hizbullah akan mengunjungi Beirut hari ini," lapor berita Channel 12.

Kirby juga mencatat   serangan Iran dapat memengaruhi perundingan gencatan senjata penyanderaan Gaza, yang saat ini dijadwalkan untuk dilanjutkan pada tanggal 15 Agustus.

Israel telah mengonfirmasi bahwa mereka akan mengirim delegasi ke perundingan tersebut, sementara Hamas menolak untuk hadir.

Pemimpin Timur Tengah Gedung Putih Brett McGurk dilaporkan meninggalkan Washington pada hari Senin untuk berunding di Kairo guna mempersiapkan pertemuan puncak pada hari Kamis.

Para pejabat senior menekankan kepada Axios bahwa baik Israel maupun AS tidak dapat memprediksi waktu pasti serangan balasan yang diancamkan Iran.

"Iran secara terbuka mengisyaratkan (di lapangan) tekad mereka untuk melakukan serangan besar selain pernyataan publik mereka bahwa serangan itu akan melampaui serangan yang mereka lakukan pada bulan April. Pernyataan publik Iran tidak mencerminkan kemunduran apa pun," kata seorang pejabat senior Israel kepada Axios.

Penjelasan IDF

Di tengah meningkatnya ketegangan, Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan bahwa militer berada dalam “kesiagaan puncak” terhadap potensi serangan dari Iran atau Hizbullah di Lebanon.

Namun, ia menegaskan bahwa masih belum ada perubahan pada pedoman darurat untuk warga sipil, bahkan ketika laporan mengklaim bahwa serangan Iran terhadap Israel akan segera terjadi.

"Jika ada ami akan segera memperbaruinya," katanya.

"Kami akan memperbarui [kepada publik] sedini mungkin  tetapi tanpa memberi musuh kami keuntungan intelijen atau operasional."

"Dalam beberapa hari terakhir, kami terus memantau musuh-musuh kami dan perkembangan di Timur Tengah, terutama Hizbullah dan Iran," kata Hagari dalam konferensi pers.

Dia mengatakan bahwa Angkatan Udara Israel telah meningkatkan patroli di Lebanon “untuk mendeteksi dan mencegat ancaman.”

“Kami menanggapi pernyataan musuh kami dengan serius, dan karena itu kami siap pada tingkat kesiapan tertinggi untuk bertahan dan menyerang,” kata Hagari.

Di tengah upaya untuk mengekang Republik Islam tersebut, Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan pada hari Senin bahwa negaranya memiliki "hak untuk menanggapi" setiap agresi setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz mendesak de-eskalasi.

"Sementara menekankan solusi diplomatik untuk berbagai masalah, Iran tidak akan pernah menyerah pada tekanan, sanksi, dan intimidasi dan menganggapnya memiliki hak untuk menanggapi para agresor sesuai dengan norma-norma internasional," kata Pezeshkian menurut sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita resmi IRNA setelah panggilan telepon dengan Scholz.

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer juga berbicara dengan Pezeshkian pada hari Senin sebagai bagian dari upaya de-eskalasi untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah, kata kantor perdana menteri.

Starmer memintanya untuk menahan diri dari menyerang Israel dan mengatakan bahwa perang tidak menguntungkan siapa pun, kata kantor perdana menteri Inggris.

Gambar yang dibagikan daring oleh 10 Downing Street menunjukkan Starmer sedang menelepon dengan keterangan yang mengatakan ia sedang berbicara dengan Pezeshkian.

Menurut Sky News, yang pertama kali melaporkan berita tersebut, Starmer mengadakan panggilan telepon selama 30 menit dengan Pezeshkian setelah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden dan sekutu Eropa lainnya.

Biden dan para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris mengeluarkan pernyataan bersama yang mendesak Iran untuk “menghentikan” ancamannya untuk menyerang Israel.

"Kami meminta Iran untuk menghentikan ancaman serangan militer terhadap Israel dan membahas konsekuensi serius bagi keamanan regional jika serangan semacam itu terjadi," kata kedua pemimpin setelah berbicara bersama melalui telepon.

Tag:  #siaga #penuh #antisipasi #serangan #iran #hizbullah #yang #diperkirakan #pekan #menurut

KOMENTAR