Prancis, Inggris dan Jerman Minta Percepat Perundingan Gencatan Senjata Untuk Gaza
Warga Palestina mengumpulkan jenazah korban pemboman Israel di Jalur Gaza. Setidaknya 100 warga Palestina tewas pada Sabtu (10/8/2024) subuh ketika militer Israel (IDF) mengebom sekolah Al-Taba'een di lingkungan Al-Daraj di timur Kota Gaza. 
18:50
12 Agustus 2024

Prancis, Inggris dan Jerman Minta Percepat Perundingan Gencatan Senjata Untuk Gaza

Tiga pemimpin negara terkemuka Barat menegaskan tidak boleh ada lagi penundaan perundingan gencatan senjata di Gaza.

Saat ini Israel terus menyerang Gaza, sementara Iran dan sekutunya juga terus meningkatkan eskalasi peperangan dengan negara Yahudi tersebut.

Pasukan zionis melakukan serangan paling mematikan di Jalur Gaza yang telah terkepung dalam 10 bulan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer memberikan pernyataan bersama untuk percepatan perdamaian di Palestina.

"Pertempuran harus segera berakhir, dan semua sandera yang masih ditahan oleh Hamas harus dibebaskan," kata mereka dalam pernyataan bersama dikutip dari Al Arabiya, Senin (12/8/2024).

Mereka menegaskan bahwa rakyat Gaza dalam kondisi yang memprihatinkan, mereka butuhpengiriman dan distribusi bantuan yang mendesak dan tanpa hambatan.

"Tidak boleh ada penundaan lebih lanjut," tegas mereka.

Mereka juga menyambut baik kerja keras para mediator Mesir, Qatar, dan AS untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Beberapa putaran negosiasi untuk gencatan senjata di Gaza telah gagal hingga saat ini, kecuali gencatan senjata selama satu minggu yang dilaksanakan pada akhir November.

Mediator internasional telah mengundang Israel dan Hamas untuk melanjutkan negosiasi menuju kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera yang telah lama diupayakan, karena pertempuran di Gaza dan pembunuhan para pemimpin militan yang berpihak pada Iran telah meningkatkan ketegangan di seluruh wilayah.

Hamas pada hari Minggu meminta para mediator AS, Qatar, dan Mesir untuk melaksanakan rencana gencatan senjata untuk Gaza yang diajukan oleh Presiden AS Joe Biden, alih-alih mengadakan "lebih banyak negosiasi."

Dalam pernyataan mereka, ketiga pemimpin Eropa tersebut juga mendesak Iran dan sekutunya untuk menahan diri dari serangan yang akan semakin meningkatkan ketegangan regional dan membahayakan kesempatan untuk menyetujui gencatan senjata dan pembebasan sandera.

“Mereka akan bertanggung jawab atas tindakan yang membahayakan kesempatan ini untuk perdamaian dan stabilitas. Tidak ada negara atau bangsa yang akan diuntungkan dari eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah,” kata Macron, Scholz, dan Starmer.

Di Gaza utara, serangan udara Israel pada hari Jumat menewaskan sedikitnya 93 orang di sebuah sekolah agama yang menampung warga Palestina yang mengungsi, menurut penyelamat pertahanan sipil.

Perang Gaza dimulai dengan serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel selatan yang mengakibatkan kematian 1.198 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Militan juga menangkap 251 orang, 111 di antaranya masih ditawan di Gaza, termasuk 39 orang yang menurut militer telah tewas.

Serangan militer balasan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 39.790 orang, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut, yang tidak memberikan rincian tentang kematian warga sipil dan militan.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #prancis #inggris #jerman #minta #percepat #perundingan #gencatan #senjata #untuk #gaza

KOMENTAR