Berapa Harga Medali Emas Olimpiade Jika Dijual?
Atlet Sport Climbing Indonesia, Veddriq Leonardo, sukses meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (8/8/2024) sore. 
08:50
12 Agustus 2024

Berapa Harga Medali Emas Olimpiade Jika Dijual?

- Inilah harga medali emas Olimpiade jika dijual, termasuk juga harga medali perak serta medali perunggu.

Diketahui sebanyak 10.500 atlet di seluruh dunia, termasuk Indonesia berpartisipasi dalam 32 cabang olahraga di event bergengsi Olimpiade Paris 2024.

Medali-medali emas, perak hingga perunggu menjadi 'barang mahal' yang diperebutkan para atlet tersebut.

Nilai medali emas bagi atlet yang telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengejar tujuan tersebut tidak dapat diukur dengan harga, mengutip Forbes.

Namun, bahan yang digunakan untuk medali emas, perak, dan perunggu dapat diukur.

Biaya podium untuk medali emas Olimpiade 2024 adalah sekitar $950, atau sebesar Rp 15.128.750, berdasarkan harga spot emas, perak, dan besi pada saat - saat ini.

Ini mungkin merupakan nilai tertinggi dari semua medali emas dalam sejarah pertandingan modern, terutama karena harga emas yang mencapai rekor tertinggi.

Ini melampaui rekor harga $708 untuk Olimpiade London 2012.

Namun, perlu dicatat bahwa nilai semua medali emas sebelumnya telah meningkat secara dramatis berdasarkan rekor harga emas.

Dilaporkan semua medali berukuran lebar 85 milimeter dan tebal 9,2 milimeter.

Medali emas Olimpiade berbobot 529 gram, lebih dari 95,4 persen medali sebenarnya terbuat dari perak (505 gram).

Enam gram terdiri dari emas murni, yang berfungsi sebagai pelapis medali, dan 18 gram terdiri dari besi, menurut berbagai laporan .

Sementara jika medali emas terbuat dari emas murni, nilainya akan sekitar $41.161,50 (atau jika dirupiahkan sebesar Rp 652.925.000 lebih).

Inilah sebabnya mengapa terakhir kali medali emas murni dipersembahkan pada olimpiade tahun 1912.

Medali perak memiliki berat 525 gram, dengan 507 gram terbuat dari perak dan 18 gram besi.

Nilainya berdasarkan harga spot perak dan besi pada tanggal 24 Juli adalah sekitar $486 (Rp 7.739.550).

Medali perunggu ini beratnya 455 gram dan terdiri dari 415,15 gram tembaga, 21,85 gram seng, dan 18 gram besi, nilai podiumnya sekitar $13 (Rp 207.025)

Dilaporkan bahan besi dalam medali biasanya bukan logam yang digunakan dalam pembuatan medali Olimpiade, tetapi bukan sekadar besi biasa.

Besi yang digunakan untuk medali Olimpiade Paris 2024 ini berasal dari Menara Eiffel, simbol Paris dan Prancis yang dikenal secara universal.

Logam tersebut secara khusus berasal dari bagian-bagian monumen yang dipindahkan untuk memodernisasi lift pada suatu waktu di abad ke-20.

Logam tersebut dimurnikan di tempat-tempat penempaan di kota Pompey, di Prancis timur melalui suatu proses yang disebut puddling.

Setelah kelebihan karbon dari besi tuang dihilangkan, besi yang tersisa hampir murni dan sangat kuat, menurut situs web resmi Olimpiade

Saat menentukan nilai intrinsik medali Olimpiade, desain medali biasanya tidak termasuk dalam harga.

Namun, untuk harga medali ini dapat berubah termasuk dipengaruhi oleh desain.

Untuk medali di olimpiade Paris 2024 kali ini dirancang oleh rumah perhiasan mewah Prancis yang bersejarah, Chaumet.

Chaumet didirikan pada abad ke-18, toko perhiasan dengan bengkelnya di Place Vendôme yang sama bersejarahnya di Paris, paling dikenal karena memproduksi perhiasan dan tiara untuk bangsawan Prancis dan Inggris.

Dalam sebuah pernyataan, LVMH, perusahaan induk mewah Prancis yang memiliki Chaumet, mengatakan bahwa mereka adalah toko perhiasan pertama dalam sejarah Olimpiade dan Paralimpiade yang mendesain medali tersebut.

(Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #berapa #harga #medali #emas #olimpiade #jika #dijual

KOMENTAR