Bangladesh Makin Mencekam! 20 Pemimpin Politik Ditemukan Tewas, Massa Bakar Hotel dan Kuil
Petugas berusahan memadamkan api di sebuah toko pakaian yang dibakar oleh sekelompok orang tak dikenal di Dhaka, Bangladesh, Minggu (4/8/2024). [Abu SUFIAN JEWEL / AFP]
15:28
7 Agustus 2024

Bangladesh Makin Mencekam! 20 Pemimpin Politik Ditemukan Tewas, Massa Bakar Hotel dan Kuil

Dua puluh jenazah pemimpin Liga Awami ditemukan di seluruh Bangladesh setelah mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina meninggalkan negara itu. Hal ini menyusul protes keras yang dilakukan para pelajar atas pemberian kuota pekerjaan kepada anak-anak pejuang kemerdekaan. Umat Hindu juga menjadi sasaran.

Vandalisme dan penjarahan yang meluas terhadap rumah dan tempat usaha para pemimpin dan aktivis Liga Awami dilaporkan terjadi di seluruh Bangladesh, lapor Dhaka Tribune.

Saksi mata mengatakan rumah mantan anggota dewan Md Shah Alam di kota Comilla, 100 km dari ibu kota Dhaka, dibakar oleh massa. Empat orang tewas pada hari Selasa ketika massa membakar rumah anggota parlemen Shafiqul Islam Shimul. Mayat mereka ditemukan di kamar dan balkon.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed. (AFP)Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed. (AFP)

Di Dhaka, sebagian kantor utama Liga Awami kembali dibakar pada hari Selasa. Pertama kali terbakar pada pukul 12.30 pada hari Senin.

Baca Juga: PM Inggris Kecam Komentar Elon Musk soal 'Perang Saudara Tak Bisa Dihindari'

Di seluruh Bangladesh, para pemimpin Liga Awami dan kelompok minoritas seperti Hindu telah menjadi sasaran utama massa yang sebagian besar berpenduduk mayoritas Muslim.

Kelompok hak asasi manusia dan diplomat di Bangladesh telah menyuarakan keprihatinan atas laporan serangan terhadap kelompok minoritas, termasuk umat Hindu. Beberapa tempat usaha dan rumah milik umat Hindu – sebuah kelompok yang dianggap dekat dengan pemimpin terguling Sheikh Hasina – dianggap oleh sebagian orang di negara mayoritas Muslim sebagai kelompok yang dekat dengan pemimpin terguling.

“Rumah-rumah dan toko-toko milik kelompok minoritas diserang, dirusak dan dijarah, setidaknya di 97 tempat pada hari Senin dan Selasa,” Rana Dasgupta, sekretaris jenderal Dewan Persatuan Kristen Hindu-Budha Bangladesh, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Kelompok itu mengatakan setidaknya 10 kuil Hindu diserang oleh "penjahat" pada hari Senin.

Kerusuhan di Bangladesh (Dok. Reuters)Kerusuhan di Bangladesh (Dok. Reuters)

Seorang pria Hindu dipukuli hingga tewas di distrik Bagerhat, Bangladesh selatan, kata seorang pejabat rumah sakit yang meminta tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, kantor berita AFP melaporkan.

Kengerian terjadi ketika 24 orang tewas setelah massa membakar Hotel Internasional Zabeer di divisi Khulna. Hotel ini dimiliki oleh Shahin Chakladar, Sekretaris Jenderal Liga Awami distrik Jashore. “Mayat-mayat itu tergeletak di lantai berbeda,” kata Mamun Mahmud, Wakil Direktur Dinas Pemadam Kebakaran Khulna.

Baca Juga: Mundur dari PM Bangladesh Karena Demo Berdarah, Sheikh Hasina Ternyata Sempat Kumpulkan Pejabat Pagi Hari

Pelopor keuangan mikro peraih Nobel asal Bangladesh, Muhammad Yunus, akan memimpin pemerintahan sementara, demikian diumumkan kantor kepresidenan hari ini.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan dengan Presiden Mohammed Shahabuddin, para panglima angkatan darat, laut dan udara, serta para pemimpin mahasiswa. “(Mereka) memutuskan untuk membentuk pemerintahan sementara dengan Profesor Dr Muhammad Yunus sebagai pemimpinnya,” kata kantor Shahabuddin dalam sebuah pernyataan.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #bangladesh #makin #mencekam #pemimpin #politik #ditemukan #tewas #massa #bakar #hotel #kuil

KOMENTAR