Hidup Miskin dan Terlilit Utang, Nasib Pria India Berubah usai Temukan Berlian Berharga Fantastis
Ilustrasi berlian (Elements Envato)
08:12
31 Juli 2024

Hidup Miskin dan Terlilit Utang, Nasib Pria India Berubah usai Temukan Berlian Berharga Fantastis

Seorang pria di India tengah yang berasal dari keluarga pekerja keras yang diliputi kesulitan ekonomi berhasil menemukan berlian 19,22 karat senilai hampir $100,000 atau sekitar Rp1,6 miliar.

“Hidup kami telah berubah selamanya” katanya dengan gembira kepada CNN, setelah baru saja membuka rekening bank pertamanya untuk mengantisipasi uang yang akan diperoleh dari penjualan berlian di lelang.

Raju Gond, 40 tahun dan adik laki-lakinya Rakesh Gond dari negara bagian Madhya Pradesh di India tengah, membawa pulang sekitar $4 per hari dari menggali emas di tanah sewaan pemerintah. Ketika mereka tidak mendapat banyak uang, mereka malah bekerja di ladang petani dengan mengendarai traktor.

Pekerjaan yang tidak pasti ini membuat Gond yang lebih tua terlilit hutang yang cukup besar untuk menyediakan makanan bagi keluarganya sambil memperbarui sewa prospeknya. Keberuntungannya berakhir di poros tambang darurat, di mana dia menemukan sesuatu yang tidak disengaja. Dengan setiap butiran kotoran yang dihilangkan, Gond merasakan kepastian yang tidak nyaman tumbuh di tenggorokannya—itu pasti sebuah berlian—lihat saja betapa bersinarnya!

Baca Juga: Emisi Karbon Turun 63%: Ini Rahasia di Balik Pembuatan Perhiasan Emas Daur Ulang yang Ramah Lingkungan

Raju dan Rakesh melompat-lompat dan berpelukan dengan gembira sebelum meluncur melintasi jalan sejauh 7 mil untuk pulang ke rumah dengan sepeda mereka.

Selanjutnya, pasangan tersebut membawa ibu mereka ke Kantor Intan Panna untuk mengevaluasi batu tersebut.

CNN berbicara dengan kantor tersebut dan keluarga Gond tentang penemuan tersebut, dan cara kerja penambangan skala kecil seperti ini adalah bahwa pemerintah akan mengizinkan individu membayar sekitar $9,50 untuk hak mencari batu permata. Apa pun yang ditemukan kemudian dievaluasi dan disimpan di kantor pemerintah hingga nilai total semua batu permata yang diserahkan mencapai jumlah tertentu—dalam kasus berlian, perkiraan nilainya adalah $360.000.

Pada titik ini, lelang resmi diadakan. Permata tersebut dijual, departemen pemerintah mengambil royalti 11,5%, dan sisanya diberikan kepada pemilik.

Kebetulan, hujan monsun menghanyutkan banyak kesempatan kerja, sehingga Raju dan Rakesh memutuskan untuk beralih dari mendulang emas ke mencari berlian. Ini bukan pekerjaan sehari-hari, dan dengan keluarga besar yang terdiri dari mertua dan 7 anak yang harus dinafkahi, Raju membutuhkan nilai yang besar.

Baca Juga: 3 Film India Dibintangi Manoj Joshi yang Tayang 2024, Terbaru The UP Files

“Hal pertama yang akan saya lakukan adalah membayar kembali hutang sebesar ($6,000). Kemudian kami akan berinvestasi agar semua anak bisa mendapatkan pendidikan, membangun rumah, membeli tanah dan mungkin juga traktor,” katanya.

Cahaya pagi melihat kedua pria itu sudah dalam perjalanan menuju tambang untuk mencari berlian lagi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hidup #miskin #terlilit #utang #nasib #pria #india #berubah #usai #temukan #berlian #berharga #fantastis

KOMENTAR