AS dan Chile Tolak Akui Kemenangan Maduro, Venezuela Mencekam?
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. [shutterstock]
18:56
29 Juli 2024

AS dan Chile Tolak Akui Kemenangan Maduro, Venezuela Mencekam?

Oposisi Venezuela dan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro terlibat dalam pertikaian besar setelah masing-masing pihak mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden hari Minggu, yang dianggap oleh jutaan orang di negara yang telah lama menderita tersebut sebagai upaya terbaik mereka untuk mengakhiri 25 tahun kekuasaan satu partai.

Beberapa negara asing, termasuk AS, menunda pengakuan hasil pemilu karena pejabat pemilu menunda merilis rincian penghitungan suara setelah menyatakan Maduro sebagai pemenang dengan 51% suara, sementara pensiunan diplomat Edmundo González memperoleh 44% suara.

“Rakyat Venezuela dan seluruh dunia tahu apa yang terjadi,” kata González.

Peta dan Bendera Venezuela (Unsplash.com/pawel.gaul)Peta dan Bendera Venezuela (Unsplash.com/pawel.gaul)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dari Tokyo mengatakan AS mempunyai “kekhawatiran serius bahwa hasil yang diumumkan tidak mencerminkan kemauan atau suara rakyat Venezuela.”

Baca Juga: KPU Tetapkan Hasil Pemilu Ulang di Banten 2, PDIP Unggul Dari Demorat

Gabriel Boric, pemimpin sayap kiri Chile, mengatakan: “Rezim Maduro harus memahami bahwa hasil yang diumumkannya sulit dipercaya.”

Sementara itu, di jalan-jalan Caracas, kemarahan, air mata, dan gedoran pot yang keras menyambut pengumuman hasil pemilu oleh Dewan Pemilihan Nasional yang dikuasai Maduro.

“Ini tidak mungkin,” kata Ayari Padrón sambil menyeka air matanya. “Ini adalah sebuah penghinaan.”

Para pemilih mengantri sebelum fajar untuk memberikan suara pada hari Minggu, meningkatkan harapan oposisi bahwa mereka akan mematahkan cengkeraman kekuasaan Maduro.

Hasil resmi ini mengejutkan anggota oposisi yang merayakan, baik secara online maupun di luar beberapa tempat pemungutan suara, atas apa yang mereka yakini sebagai kemenangan telak bagi González.

Baca Juga: Nikmati Pekerjaan dan Jabatan tapi Lebih Cinta Negara, Ini Alasan Joe Biden Hengkang dari Bursa Pilpres 2024

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #chile #tolak #akui #kemenangan #maduro #venezuela #mencekam

KOMENTAR