Kontingen Israel Dicemooh, Sorak-sorai 'Palestina!' Menggaung di Pembukaan Olimpiade Paris
ilustrai bendera Palestina, negara yang masih berkonflik dengan Israel hingga kini (Unsplash/Omer Yildiz)
14:24
27 Juli 2024

Kontingen Israel Dicemooh, Sorak-sorai 'Palestina!' Menggaung di Pembukaan Olimpiade Paris

Prancis berada pada tingkat keamanan tertinggi saat ini, meskipun para pejabat berulang kali mengatakan tidak ada ancaman khusus terhadap upacara pembukaan atau Olimpiade.

Namun sejak Olimpiade terakhir, Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Beijing pada tahun 2022, perang telah meletus di Ukraina dan Gaza, memberikan latar belakang internasional yang tegang.

Para peserta Israel dikawal oleh unit taktis elit ke dan dari acara dan diberikan perlindungan 24 jam sepanjang Olimpiade akibat perang di Gaza, kata para pejabat.

Delegasi Israel mendapat cemoohan, namun juga banyak sorak-sorai, saat mereka berlayar di hadapan penonton, menurut laporan wartawan Reuters. Teriakan "Palestina! Palestina! Palestina!" bangkit dari kerumunan saat perahu lewat.

Baca Juga: Sejumlah Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Sabotase Kereta Jelang Olimpiade Paris

Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram/olympics)

Macron, yang memenangkan mandat kedua dua tahun lalu, berharap Olimpiade akan memperkuat warisannya. Namun kegagalannya dalam pemilihan legislatif yang cepat telah melemahkannya dan membayangi posisinya di panggung internasional.

Sebagai informasi tambahan, lebih dari 10.500 atlet akan berkompetisi di Olimpiade, 100 tahun sejak Paris terakhir kali menyelenggarakan Olimpiade tersebut. Kompetisi dimulai pada hari Rabu dan medali emas pertama dari 329 medali akan diberikan pada hari Sabtu.

Ketika pertunjukan dimulai empat jam sebelumnya, kepulan asap raksasa berwarna biru, putih dan merah, menyerupai bendera Perancis, dikirim tinggi di atas jembatan di atas Sungai Seine sebagai bagian dari pertunjukan yang mencakup banyak penggambaran Perancis yang mirip kartu pos, termasuk a barisan cancan besar yang dibawakan oleh penari Moulin Rouge di tepi sungai.

Citra negara yang lebih modern terlihat ketika bintang pop Prancis-Mali Aya Nakamura, penyanyi wanita Prancis yang paling banyak didengarkan di dunia, menyanyikan beberapa lagu hits terbesarnya, diiringi paduan suara tentara Garda Republik Prancis.

Baca Juga: Kamala Harris Desak Benjamin Netanyahu Terkait Situasi Kemanusiaan di Gaza: Saya Tidak Akan Diam!

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kontingen #israel #dicemooh #sorak #sorai #palestina #menggaung #pembukaan #olimpiade #paris

KOMENTAR