Macron Tolak Seruan Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Izinkan Bendera Nasional Dikibarkan
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron menolak tuntutan Palestina agar Israel dilarang mengikuti Olimpiade Paris terkait perang di Gaza. 
20:50
24 Juli 2024

Macron Tolak Seruan Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Izinkan Bendera Nasional Dikibarkan

- Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan atlet Israel "selamat datang" di Olimpiade Paris 2024.

Pernyataan Emmanuel Macron ini sekaligus menolak tuntutan Palestina agar Israel dilarang mengikuti Olimpiade Paris terkait perang di Gaza.

Dalam wawancara yang disiarkan langsung dengan France 2 menjelang pertandingan, Macron menekankan bahwa situasi Israel berbeda dengan Rusia.

Sebab, katanya, Israel tidak melancarkan "perang agresi" dan terserah kepada Komite Olimpiade untuk memutuskan apakah atlet Rusia boleh berpartisipasi.

"Kami tidak menggunakan pertandingan untuk berpolitik. Atlet Israel dipersilakan datang ke negara kami."

"Mereka akan bertanding dengan bendera (nasional) mereka sebagaimana telah diputuskan oleh panitia dan merupakan tanggung jawab Prancis untuk menjamin keamanan mereka," kata Macron, Selasa (23/7/2024), dilansir Anadolu Agency.

"Pernyataan anggota parlemen sayap kiri Thomas Portes tentang atlet Israel tidak dapat diterima," katanya.

Macron menambahkan, ia sangat mengutuk mereka yang dengan cara tertentu membahayakan atlet tersebut dan mengancam mereka secara implisit.

Macron menegaskan kembali bahwa Prancis mengakui hak Israel untuk membela diri.

"Saya sangat terikat pada keamanan Negara Israel, tetapi saya juga sangat terikat pada solusi dua negara dan pembentukan gencatan senjata karena apa yang terjadi di Gaza saat ini tidak dapat diterima," tambah Macron.

Sebelumnya, Thomas Portes, anggota parlemen dari La France Insoumise, mengatakan pada akhir pekan bahwa delegasi Israel tidak diterima di Paris dan mendesak diakhirinya standar ganda.

"Diplomasi Prancis harus memberikan tekanan pada Komite Olimpiade Internasional agar bendera dan lagu kebangsaan Israel tidak diizinkan di Olimpiade, seperti yang dilakukan untuk Rusia," ujar Thomas Portes.

Palestina Desak Komite Olimpiade Internasional

Badan Olimpiade Palestina (POC) pada hari Senin meminta Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mengecualikan Israel dari Olimpiade Paris yang akan dimulai minggu ini.

“Komite Olimpiade Palestina telah mengeluarkan surat resmi kepada Bapak Thomas Bach, kepala Komite Olimpiade Internasional, yang menyerukan agar Israel segera dikeluarkan dari Olimpiade Paris 2024."

"Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) juga mengirimkan surat tersebut kepada Presiden FIFA Gianni Infantino,” demikian bunyi pernyataan POC.

Awal pekan ini, Israel mengirimkan sekitar 88 atlet ke Olimpiade di ibu kota Prancis, dan delegasi Olimpiade mereka termasuk tim sepak bola nasional Israel.

“Surat tersebut menyusul informasi selama berbulan-bulan yang disampaikan oleh masing-masing badan olahraga Palestina mengenai pelanggaran sistematis dan berkelanjutan terhadap Piagam Olimpiade dan undang-undang FIFA yang dilakukan oleh badan olahraga Israel dan anggotanya, termasuk Komite Olimpiade dan Asosiasi Sepak Bola Israel,” kata POC, dikutip dari MEMO.

Surat tersebut berfokus pada pelanggaran Israel terhadap Resolusi Majelis Umum PBB tentang Olimpiade Paris 2024, yang mengamanatkan Gencatan Senjata Olimpiade dari 19 Juli hingga 15 September 2024, untuk memastikan lingkungan yang damai bagi Olimpiade, dengan melakukan pengeboman di Gaza, yang mengakibatkan korban sipil, tambah pernyataan itu.

“Sekitar 400 atlet Palestina telah tewas, dan penghancuran fasilitas olahraga memperburuk keadaan para atlet yang sudah berada di bawah pembatasan yang ketat,” bunyi surat itu.

Surat itu juga menekankan putusan Mahkamah Internasional, yang menyimpulkan bahwa Israel menerapkan rezim apartheid dan secara ilegal menduduki wilayah Palestina, termasuk Gaza.

Sebagai informasi, negara lain yang sedang berperang, Rusia, sebelumnya dikeluarkan dari Olimpiade oleh Komite Olimpiade Internasional sebagai tanggapan atas Perang Rusia-Ukraina, bendera, lambang, dan lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia tidak boleh digunakan di Olimpiade.

Selain itu, diputuskan bahwa atlet Rusia dan Belarusia dapat berkompetisi di Olimpiade Paris sebagai "atlet netral".

Kini, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutalnya yang berkelanjutan di Gaza sejak serangan 7 Oktober 2023 oleh Hamas.

Warga sipil Palestina mengungsi dari distrik timur Khan Yunis di Jalur Gaza selatan menyusul perintah evakuasi oleh tentara Israel pada 22 Juli 2024. Warga sipil Palestina mengungsi dari distrik timur Khan Yunis di Jalur Gaza selatan menyusul perintah evakuasi oleh tentara Israel pada 22 Juli 2024. (AFP/BASHAR TALEB)

Update Perang Israel-Hamas

Diberitakan Al Jazeera, setidaknya 89 warga Palestina tewas dan 250 lainnya terluka di Khan Younis saat militer Israel melancarkan serangan darat baru di wilayah tersebut.

Pasukan Israel menghadapi perlawanan sengit dari para pejuang Palestina.

Sekitar 150.000 penduduk Khan Younis terpaksa mengungsi dalam satu hari, penduduk mengatakan mereka hanya diberi waktu beberapa menit saja untuk melarikan diri ke daerah dengan sedikit atau tidak ada infrastruktur sama sekali.

Ratusan pengunjuk rasa ditangkap di Washington, DC, sebelum pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di hadapan Kongres AS.

Netanyahu, yang menghadapi kemungkinan surat perintah penangkapan ICC atas kejahatan perang, kemungkinan akan bertemu Presiden Joe Biden, serta kandidat presiden Kamala Harris dan Donald Trump.

Pertempuran sengit sedang berlangsung antara tentara Israel dan pejuang Palestina di Khan Younis, sementara serangan Israel terhadap Jabalia al-Balad di Gaza utara telah merenggut nyawa sedikitnya lima warga Palestina.

Banyak warga Palestina masih terjebak dalam pertempuran di Khan Younis, tidak dapat melarikan diri setelah pasukan Israel hanya memberi mereka waktu satu jam untuk mengungsi, menurut juru bicara PBB.

Sekitar 150.000 orang terpaksa mengungsi dari daerah itu pada hari Senin, katanya, banyak dari mereka tanpa harta benda dan masuk ke zona al-Mawasi, yang memiliki sedikit atau tidak ada infrastruktur.

Militer Israel telah meledakkan rumah seorang warga Palestina yang terbunuh dalam sebuah penggerebekan di kamp pengungsi Qalandiya di Tepi Barat yang diduduki.

Tentara Israel juga menembak dan melukai sedikitnya dua warga Palestina selama operasi tersebut.

Militer Israel mengumumkan bahwa seorang prajurit “terluka parah” setelah “beberapa rudal” ditembakkan dari Lebanon selatan ke Israel utara.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menolak seruan dari Komite Olimpiade Palestina dan anggota parlemen sayap kiri Prancis untuk memboikot atlet Israel di Olimpiade, dengan mengatakan mereka “disambut” di Olimpiade Paris.

Setidaknya 39.090 orang tewas dan 90.147 orang terluka dalam perang Israel di Gaza.

Jumlah korban tewas di Israel akibat serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober diperkirakan mencapai 1.139 orang, sementara puluhan orang masih ditawan di Gaza.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #macron #tolak #seruan #boikot #atlet #israel #olimpiade #paris #2024 #izinkan #bendera #nasional #dikibarkan

KOMENTAR