AS Mengutuk Serangan Iran di Irak: Sembrono
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Timur Dekat Barbara Leaf (2-kiri), dan Juru Bicara Matthew Miller (kanan) di dalam pesawat setelah dia berangkat dari Manama menuju Tel Aviv selama perjalanannya selama seminggu melintasi Timur Tengah, pada 10 Januari 2024. Blinken mengunjungi negara Teluk Bahrain, pangkalan Armada Kelima AS, untuk melakukan pembicaraan dengan Raja Hamad mengenai mencegah eskalasi perang regional antara Israel dan
12:50
16 Januari 2024

AS Mengutuk Serangan Iran di Irak: Sembrono

- Garda Revolusi Iran mengatakan mereka menyerang markas agen mata-mata Israel, Mossad, di dekat ibu kota Kurdistan, Erbil, di Irak Utara pada Senin (15/1/2024) malam.

Selain itu, pasukan elit mengatakan mereka juga menyerang ISIS di Suriah.

"Rudal balistik digunakan untuk menghancurkan pusat spionase dan pertemuan kelompok teroris anti-Iran di wilayah tersebut malam ini," kata Garda Revolusi Iran dalam sebuah pernyataan, Senin.

Setidaknya empat warga sipil tewas dan enam lainnya luka-luka dalam serangan di Erbil.

Sementara itu, tidak ada fasilitas AS yang terkena dampak serangan rudal tersebut.

Meski demikian, Departemen Luar Negeri AS mengutuk serangan Iran tersebut.

"Kami menentang serangan rudal Iran yang sembrono, yang merusak stabilitas Irak," kata juru bicara departemen tersebut, Matthew Miller, Selasa (16/1/2024), dikutip dari Al Arabiya.

Tak hanya AS, Perdana Menteri (PM) wilayah Kurdistan, Masrour Barzani, juga mengutuk serangan Iran.

"Saya mengutuk keras serangan pengecut terhadap rakyat Wilayah Kurdistan ini"

"Saya mendesak pemerintah federal di Bagdad untuk mengambil posisi prinsip terhadap pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Irak dan Wilayah Kurdistan," tulisnya dalam sebuah postingan di X, Selasa.

Serangan tersebut terjadi di tengah kekhawatiran mengenai eskalasi konflik yang telah menyebar di Timur Tengah sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada 7 Oktober, serta sekutu Iran juga ikut terlibat dari Lebanon, Suriah, Irak, dan Yaman.

"Sebagai tanggapan atas kekejaman rezim Zionis baru-baru ini, yang menyebabkan terbunuhnya komandan Garda dan Poros Perlawanan, salah satu markas utama spionase Mossad di wilayah Kurdistan Irak dihancurkan dengan rudal balistik," kata Garda Revolusi Iran dalam pernyataannya.

Iran telah bersumpah membalas dendam atas pembunuhan tiga anggota Garda Revolusi Iran di Suriah bulan lalu, termasuk seorang komandan senior, yang pernah menjabat sebagai penasihat militer di sana.

(Tribunnews.com, Widya)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #mengutuk #serangan #iran #irak #sembrono

KOMENTAR