Direktur CIA: Ukraina Akan Kalah Pada Akhir 2024
Tentara Rusia sedang mempersiapkan roket ganda untuk penyerangan ke Ukraina 
14:40
20 April 2024

Direktur CIA: Ukraina Akan Kalah Pada Akhir 2024

Direktur CIA William Burns mendesak agar parlemen Amerika Serikat segera menyetujui usulan bantuan pemerintah AS untuk Ukraina.

Pasalnya, tanpa bantuan tersebut maka Ukraina tidak akan berdaya melawan serangan Rusia yang dianggap unggul segalanya.

"Jika Anda tidak menyetujui bantuan ke Ukraina sekarang, Kyiv bisa kalah perang pada akhir tahun ini," kata Burns kepada anggota parlemen di Capitol Hill dikutip dari Politico, Sabtu (20/4/2024).

Burns mendesak anggota parlemen untuk meloloskan undang-undang tambahan yang akan mendedikasikan miliaran dolar untuk upaya perang Ukraina.

“Dengan dorongan yang akan datang dari bantuan militer, baik secara praktis maupun psikologis, rakyat Ukraina sepenuhnya mampu bertahan hingga tahun 2024 dan mematahkan pandangan arogan Putin bahwa waktu ada di pihaknya,” katanya.

Namun jika hal tersebut tidak lolos ke Kongres, “gambarannya akan jauh lebih buruk,” lanjutnya.

“Ada risiko yang sangat nyata bahwa Ukraina bisa kalah di medan perang pada akhir tahun 2024, atau setidaknya menempatkan Putin pada posisi di mana ia dapat mendikte syarat-syarat penyelesaian politik.”

Peringatan Burns ini menjadi pernyataan paling kuat dari seorang pejabat senior pemerintah mengenai perang tersebut.

Ketika para pejabat di Kiev memperingatkan bahwa serangan Rusia yang akan terjadi di musim panas – yang akan menyebabkan gelombang besar pasukan menyerang Ukraina – dapat membuat tentara Kiev kewalahan.

Rencana bantuan pemerintah AS ke Ukraina berupa senjata senilai 60 miliar diolar AS belum disetujui oleh parlemen AS.

Sebelumnya, Bloomberg pada Kamis (18/4/2024) mengabarkan bahwa sejumlah pejabat yang mengetahui masalah pertahanan Ukraina menyebutkan, tentara Rusia maju pelan tapi pasti.

Keunggulan senjata dan jumlah tentara membuat Rusia semakin mengangkangi prajurit Ukraina yang telah kelelahan di garis depan.

Dengan keterbatasan amunisi, pasukan Volodymyr Zelensky harus menghadapi serangan rudal, drone, dan bom setiap hari dari Rusia.

Seorang karyawan memegang peluru kaliber 155 mm setelah proses pembuatan di Pabrik Amunisi Tentara Scranton (SCAAP) di Scranton, Pennsylvania pada 16 April 2024. - Di bangunan bata yang berusia lebih dari satu abad, hampir di jantung Joe Biden's Rust Kampung halaman Belt di Scranton, Pennsylvania, menggunakan mesin yang menghasilkan artileri untuk konflik modern, terutama perang di Ukraina. Pabrik Amunisi Angkatan Darat Scranton (SCAAP) membuat tabung baja untuk peluru kaliber 155 mm, yang sangat penting bagi upaya Kyiv untuk menghadapi invasi Moskow. (Charly TRIBALLEAU / AFP) Seorang karyawan memegang peluru kaliber 155 mm setelah proses pembuatan di Pabrik Amunisi Tentara Scranton (SCAAP) di Scranton, Pennsylvania pada 16 April 2024. - Di bangunan bata yang berusia lebih dari satu abad, hampir di jantung Joe Biden's Rust Kampung halaman Belt di Scranton, Pennsylvania, menggunakan mesin yang menghasilkan artileri untuk konflik modern, terutama perang di Ukraina. Pabrik Amunisi Angkatan Darat Scranton (SCAAP) membuat tabung baja untuk peluru kaliber 155 mm, yang sangat penting bagi upaya Kyiv untuk menghadapi invasi Moskow. (Charly TRIBALLEAU / AFP) (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Bahan peledak berkekuatan besar tersebut bukan hanya menyasar prajurit Ukraina, akan tetapi mengancurkan infrastruktur penting, hingga sumber energi negara tersebut lumpuh.

“Kekhawatiran meningkat bahwa Rusia mungkin akan memperoleh keuntungan besar dalam beberapa minggu mendatang dengan menerobos garis pertahanan Ukraina,” kata sumber di AS dan Eropa kepada Bloomberg.

Pasukan Rusia kini telah mencapai pinggiran Chasov Yar di Republik Rakyat Donetsk, sebuah kota penting bagi pertahanan Ukraina di wilayah tersebut karena posisinya yang tinggi, lanjut artikel tersebut.

Mental Tentara Memburuk

Sementara media Barat lainnya, Politico menyebut mental tentara Ukraina yang semakin runtuh akibat terus dibombardir dalam keadaan kekurangan senjata.

Editor opini outlet berita Jamie Dettmer berbagi pandangan suramnya tentang masa depan Ukraina setelah perjalanan selama sebulan ke negara itu, yang melibatkan wawancara dengan para pemimpin politik, perwira militer, dan warga biasa.

Para petugas setuju untuk berbicara “hanya dengan pemahaman bahwa mereka tidak akan disebutkan namanya,” katanya.

Tentara Rusia sedang meledakkaan artileri menyerang pasukan Ukraina Tentara Rusia sedang menembakkan artileri menyerang pasukan Ukraina (© Alexander Polegenko/TASS)

Jamie Dettmer dalam sebuah artikelnya di Politico menyebutkan bahwa Ukraina dalam proses “tergelincir menuju bencana.”

Sedikitnya persenjataan telah menempatkan pasukannya dalam posisi yang tidak menguntungkan dan puluhan ribu warga sipil menghindari wajib militer tersebut.

Serangan Rudal Balistik Rusia

Di garis depan, hingga Sabtu (20/4/2024) dini hari, Rusia terus melakukan penggempuran sejumlah fasiltas energi.

Media Ukraina, Ukrainska Pravda melaporkan, Rusia menembakkan tujuh rudal balistik, dua diantaranya telah ditembak Ukraina.

Angkatan Udara Ukraina mencatat bahwa Rusia telah menyerang dengan tiga rudal balistik Iskander-M, dua rudal anti-pesawat S-300/S-400 yang diluncurkan dari Oblast Belgorod Rusia, dan dua rudal Kh-59/Kh-69 diluncurkan dari Laut Hitam.

Unit rudal antipesawat menghancurkan dua rudal Kh-59/Kh-69.

Selain itu, tiga UAV pengintai dihancurkan di front selatan, dua Orlan-10 dan satu Supercam.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #direktur #ukraina #akan #kalah #pada #akhir #2024

KOMENTAR