Serangan Teror Tabrakan Mobil di Raanana, Media Israel Tuduh Hamas Pelakunya
Lokasi serangan teror di Raanana, utara Kota Tel Aviv, Senin sore, 15 Januari 2024. Foto: Avshalom Sassoni/Flash90. 
08:50
16 Januari 2024

Serangan Teror Tabrakan Mobil di Raanana, Media Israel Tuduh Hamas Pelakunya

Media Israel, The Jerusalem Post menyatakan Hamas bertanggung jawab atas serangan lewat tabrakan mobil dan penikaman yang terjadi di Kota Raanana, di Utara Kota Tel Aviv, Israel, Senin sore, 15 Januari 2024 dan menyebabkan belasan orang terluka dan satu tewas.

The Jerusalem Post, aksi serangan tersebut dilakukan oleh teroris. Mereka menyebutkan, teoris tersebut secara tiba-tiba menikam seorang wanita.

Edna Bluestein, 79 tahun, terluka parah setelah ditikam dan dia langsung tewas menurut media Israel.

Sementara teroris lainnya mencuri mobil dan mulai melakukan serangan serudukan di beberapa lokasi, Polisi Israel mengkonfirmasi.

Masih menurut media yang sama, teroris sempat bertukar kendaraan tiga kali setelah tabrakan, mengutip keterangan polisi Israel.

"Para teroris tersebut adalah Muhammad Zaidat, 44, dan Ahmed Zaidat, 24, keduanya berasal dari Hebron dan kemudian ditangkap," tulis The Jerusalem Post.

Dua orang terluka ringan setelah tertabrak di Jalan Haroshet, di mana seorang pria berusia 66 tahun juga ditikam dengan serius.

Lima belas orang tambahan terluka dalam berbagai tingkat, termasuk seorang pria berusia 34 tahun dan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun dalam kondisi serius dengan cedera kepala, akibat tumbukan di Jalan Ahuza, jalan utama kota.

Kementerian Luar Negeri Perancis mengonfirmasi bahwa dua pihak yang terluka adalah warga negara Perancis.

Direktur departemen pengobatan darurat di Schneider Pediatric Center, Dr Ron Brunett, mengatakan tujuh anak dibawa untuk dirawat. Enam dari anak-anak tersebut berusia antara 10-16 tahun dan berada dalam kondisi ringan.

Seorang saksi mata mengatakan kepada Maariv bahwa jalanan "luar biasa sepi", dan saat itulah dia mendengar dua mobil saling bertabrakan.

“Saya semula yakin itu kecelakaan mobil,” kata Eden Alfi.

"Orang lain bersama saya, memperhatikan situasi dan meneriakkan 'serangan, serangan'. Setelah itu, saya melihat teroris tersebut. Saya melihatnya menikam seorang pria berusia sekitar 60 tahun. Pria itu terjatuh dan teroris tersebut melarikan diri."

Tiga korban dalam kondisi luka serius, tujuh orang dalam kondisi sedang, dan lima orang luka ringan.
Korban luka dibawa ke Meir Medical Center di Kfar Saba dan Rabin Medical Center-Rumah Sakit Beilinson di Petah Tikva.

Viola Hachmon, paramedis Magen David Adom (MDA) yang memberikan pertolongan pertama di Jalan Ahuza, mengatakan kepada The Jerusalem Post, "Ini adalah peristiwa yang sangat sulit dan banyak yang terluka. Sepengetahuan saya, semua orang telah dievakuasi ke berbagai rumah sakit, termasuk mereka yang berada dalam kondisi kritis."

Paramedis MDA Eli Raymond, yang tiba di salah satu lokasi kejadian, mengatakan, "Kami tiba di lokasi kejadian dengan pasukan besar dan mulai melakukan triase awal dan memberikan perawatan medis kepada sekitar delapan orang yang terluka dengan tingkat cedera yang berbeda-beda."

“Tidak ada yang membenarkan terorisme,” kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan pada Senin malam.

"Di antara korban luka terdapat dua pemuda Perancis. Konsulat Perancis di Tel Aviv dikerahkan untuk membantu warga Perancis di Ra'anana. Perancis menginginkan kesembuhan yang cepat bagi mereka yang terluka - dan meyakinkan Israel akan solidaritasnya."

“Menyusul insiden yang tidak biasa yang terjadi di Ra'anana, pasukan polisi berada di lokasi kejadian, dan kejadian tersebut sedang diselidiki,” kata Polisi Israel dalam sebuah pernyataan. “Masyarakat diminta waspada dan menaati instruksi petugas kepolisian.”

“Awalnya tidak jelas apakah ini serangan teroris atau insiden kendaraan,” kata Komisaris Polisi Kobi Shabtai dalam pernyataannya di Raanana, Senin.

“Namun, setelah tindakan cepat oleh polisi Kfar Saba, kami memahami bahwa ada dua teroris yang terlibat dan dua lokasi terpisah.

“Setelah kami memahami besarnya insiden tersebut, kami segera mengerahkan pasukan. Pada akhirnya, berkat tindakan tegas, pengejaran yang sangat cepat, dan penutupan wilayah, kami berhasil menangkap teroris kedua. Kedua teroris tersebut adalah warga Hebron, keluarganya. anggota yang memasuki area tersebut secara ilegal."

Sekolah-sekolah di daerah tersebut dikunci, dan orang tua diberitahu untuk tidak membawa anak-anak mereka keluar rumah, kantor walikota mengumumkan setelah serangan tersebut.

Tag:  #serangan #teror #tabrakan #mobil #raanana #media #israel #tuduh #hamas #pelakunya

KOMENTAR