Ben Gvir Ancam Gulingkan Netanyahu Kalau IDF Urung Lancarkan Serangan Besar-besaran di Rafah
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir: 
00:10
9 April 2024

Ben Gvir Ancam Gulingkan Netanyahu Kalau IDF Urung Lancarkan Serangan Besar-besaran di Rafah

 Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, Senin (8/4/2024) dilaporkan mengancam akan menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Penggulingan kekuasaan Netanyahu, ancam sang menteri, akan terjadi itu jika perdana menteri memutuskan mengakhiri perang di Jalur Gaza tanpa melancarkan serangan ke kota Rafah di selatan.

“Jika perdana menteri memutuskan untuk mengakhiri perang tanpa melakukan serangan besar-besaran terhadap Rafah untuk mengalahkan Hamas, dia tidak akan mendapat mandat untuk terus menjabat sebagai perdana menteri,” tulis politisi sayap kanan ultranasionalis ektrem tersebut di X, Senin.

Ancaman Ben-Gvir muncul di negosiasi tidak langsung Israel dengan Hamas untuk mencapai kesepakatan pertukaran tahanan dan gencatan senjata.

Meskipun ada kecaman global atas situasi bencana di wilayah kantong Palestina, Perdana Menteri Israel telah lama menyatakan niatnya untuk menyerang Rafah, tempat lebih dari 1,5 juta pengungsi mengungsi.

Koalisi Netanyahu yang berkuasa memegang 64 kursi di Knesset yang beranggotakan 120 orang.

Selain anggota Partai Likud yang dipimpinnya, koalisi tersebut juga mencakup dua partai sayap kanan yang dipimpin oleh Bezalel Smotrich dan Itamar Ben-Gvir, yang memiliki total 13 kursi.

Dibutuhkan 61 kursi untuk membentuk pemerintahan mayoritas di Israel.

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kali pertama Ben-Gvir ngotot agar Israel menyerbu Rafah.

Setelah resolusi PBB mendesak untuk diberlakukannya gencatan senjata, Itamar Ben-Gvir menyerukan Israel untuk melakukan serangan darat ke Rafah.

Itamar Ben-Gvir, pada Selasa (27/3/2024) silam, juga menyerukan untuk melancarkan serangan darat ke kota Rafah.

Rafah adalah tempat perlindungan bagi sekitar 1,4 juta warga Palestina di ujung selatan Jalur Gaza, Anadolu Agency melaporkan.

“Kita harus memasuki Rafah sekarang,” kata Ben-Gvir kepada Radio Angkatan Darat Israel.

Seruannya muncul satu hari setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Jalur Gaza selama bulan suci Ramadan.

Empat belas negara memberikan suara mendukung resolusi gencatan senjatan tersebut, yang diajukan oleh 10 anggota Dewan terpilih, dan tidak ada yang memberikan suara menentang, sementara AS abstain dalam pemungutan suara.

“Saya mengingatkan Anda bahwa kita telah berperang beberapa kali tanpa dukungan AS dan seluruh dunia,” kata Ben-Gvir.

AS menentang rencana Israel untuk melancarkan serangan darat ke Rafah, tempat lebih dari 1,4 juta orang mengungsi dari perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di wilayah Palestina sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Namun, media Israel Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil sendiri yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Lebih dari 32.400 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 74.800 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Israel, yang kini memasuki hari ke-172, telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di ICJ, yang pada bulan Januari mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Tel Aviv menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Israel Ancam Akan Melakukan Invasi Penuh ke Rafah Paling Lambat pada Bulan Mei, Setelah Idul Fitri

Israel dilaporkan mengancam akan memasuki kota Rafah paling selatan di Jalur Gaza setelah Idul Fitri, hari libur yang menandai akhir bulan suci Ramadan.

Sejak gagalnya perundingan gencatan senjata pada tanggal 26 Maret, pesan-pesan Israel dan AS telah disampaikan ke Mesir dan Qatar dengan tuntutan untuk menekan Hamas agar menyetujui gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran tahanan sesegera mungkin, sumber-sumber Mesir mengatakan kepada harian Lebanon Al-Akhbar.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Israel telah mengkonfirmasi kepada Mesir bahwa mereka tidak akan membuat ‘konsesi baru’ untuk menghidupkan kembali perundingan gencatan senjata.

Para pejabat Israel “mengisyaratkan” bahwa mereka akan melancarkan operasi di Rafah setelah liburan Idul Fitri, atau paling lambat awal Mei mendatang.

Selain itu menambahkan bahwa tentara akan memulai operasi khusus dalam beberapa hari mendatang, yang akan membuka jalan dan memfasilitasi serangan darat, jika tidak ada kesepakatan gencatan senjata yang tercapai.

Menurut informasi yang diterima Al-Akhbar, perwakilan Israel berdiskusi dengan Mesir beberapa skenario terkait operasi di Rafah.

Penyerbuan ke kota tersebut akan memakan waktu paling lama antara empat dan delapan minggu, untuk mencapai tujuan melenyapkan gerakan Hamas dan membebaskan semua sandera.

Pesan-pesan yang disampaikan kepada para pejabat Mesir dan Qatar termasuk pembicaraan tentang deportasi massal warga Palestina dari Rafah menuju jantung Gaza.

Hal ini akan didasarkan pada rute dan waktu tertentu, yang akan diumumkan kepada warga sipil di Rafah, menurut sumber tersebut.

Hal ini juga akan mencakup pemantauan udara dan darat untuk memastikan pejuang perlawanan tidak bergerak di sekitar tahanan.

Sumber-sumber Mesir menyebut rencana Israel sebagai “berbahaya” dan mengatakan bahwa hal itu akan menyebabkan eskalasi lebih lanjut.

Para pejabat AS telah secara terbuka memperingatkan Israel bahwa operasi di Rafah menimbulkan kekhawatiran serius dan bahwa mereka tidak akan membiarkan penyerbuan ke kota tersebut kecuali ada rencana untuk mengevakuasi lebih dari 1,2 juta warga Palestina yang terdampar dan terkepung di kota tersebut dengan ‘aman’.

Israel mengklaim Rafah Benteng terakhir Hamas

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan pada hari Rabu bahwa AS sedang mencoba untuk “membentuk” operasi Rafah Israel, dan berupaya untuk menghasilkan “sebuah alternatif terhadap operasi militer skala penuh dan mungkin prematur.”

Awal bulan ini, POLITICO melaporkan, mengutip para pejabat AS, bahwa Washington akan menerima dan mendukung “operasi kontraterorisme” yang lebih terbatas daripada invasi skala penuh.

Israel mengancam akan melakukan invasi penuh ke Rafah paling lambat pada bulan Mei.

Washington dilaporkan 'membentuk' rencana Rafah Israel secara tertutup, tanpa ada upaya untuk menghentikan agresi tersebut


Ben Gvir Tuduh Biden Lebih Suka Hamas daripada Israel

Menteri Israel menuduh Biden lebih menyukai pemimpin Hamas daripada Israel.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben-Gvir menuduh Presiden AS Joe Biden bersekutu dengan pemimpin Hamas Yahya Sinwar menyusul disahkannya resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata di Jalur Gaza.

"Saat ini, Biden lebih memilih garis (Perwakilan AS) Rashida Tlaib dan Sinwar daripada garis (Perdana Menteri Israel) Benjamin Netanyahu dan Ben-Gvir,” ujarnya kepada The New York Times.

"Saya berharap presiden Amerika Serikat tidak akan mengambil keputusan mereka, tapi akan mengambil keputusan kita."

Menteri sayap kanan tersebut mengkritik pendekatan Biden terhadap Israel, dengan mengatakan bahwa presiden AS tersebut sangat keliru dalam upayanya untuk menekan Tel Aviv.

"Biden terus-menerus berusaha menerapkan pembatasan terhadap Israel dan membicarakan hak-hak pihak lain, yang mencakup, saya ingatkan Anda, banyak teroris yang ingin menghancurkan kita," kata Ben-Gvir.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di wilayah Palestina sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Hampir 32.500 warga Palestina telah terbunuh dan 74.900 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Pada hari Senin, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza selama bulan suci Ramadan.

Meskipun Hamas menyambut baik resolusi tersebut, Israel menolak seruan gencatan senjata dan bersumpah untuk melanjutkan perangnya terhadap wilayah kantong Palestina.
Washington bersikap abstain dalam pemungutan suara mengenai resolusi PBB.

Perang Israel, yang kini memasuki hari ke-173, telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di ICJ, yang pada bulan Januari mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Tel Aviv menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.


Pejabat Israel Kecam Resolusi PBB

Pejabat Israel Kecam Resolusi Gencatan Senjata DK PBB, saat Amerika Serikat bersikap Abstain.

“Amerika Serikat telah meninggalkan kebijakannya di PBB saat ini,” tuduh Netanyahu sebagai tanggapan atas kegagalan pemerintahan Biden dalam menggunakan hak vetonya.

Para pejabat pemerintah Israel hampir sepakat pada hari Senin, 25 Maret dalam mengecam resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut penghentian perang melawan Hamas selama dua minggu, dan Perdana Menteri Netanyahu mengecam keputusan AS yang tidak menggunakan hak vetonya.

“Amerika Serikat telah meninggalkan kebijakannya di PBB saat ini,” kata Netanyahu, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Dia mencatat bahwa beberapa hari yang lalu, Washington telah mendukung rancangan resolusi yang secara langsung menghubungkan seruan gencatan senjata dengan pembebasan sandera.

Meskipun resolusi yang diadopsi pada hari Senin menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera, namun resolusi tersebut masih terbuka untuk ditafsirkan apakah hal ini benar-benar terkait dengan tuntutan gencatan senjata.

Sentimen perdana menteri juga diamini oleh anggota parlemen Partai Likud Danny Danon, anggota Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan yang menjabat sebagai duta besar untuk PBB antara tahun 2015 dan 2020.

“Sayangnya, hal ini mengingatkan saya pada pemungutan suara Dewan Keamanan PBB pada tahun 2016 di mana Pemerintahan Obama memutuskan untuk abstain daripada menggunakan hak vetonya,” kata Danon, mengacu pada resolusi DK PBB 2334, yang mengutuk pembangunan Israel di luar garis tahun 1967.


Isreal Merasa Tidak Diprioritaskan oleh Joe Biden

Ben-Gvir mengatakan Biden tidak memprioritaskan Israel dan membebaskan kemenangan dunia atas ‘terorisme’

Menteri Keamanan Nasional Israel yang berhaluan ekstrem kanan mengkritik AS karena tidak menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk memblokir rancangan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Jalur Gaza.

“Presiden Biden tidak memprioritaskan kemenangan Israel dan dunia bebas atas terorisme, melainkan pertimbangan politiknya sendiri,” kata Itamar Ben-Gvir di X. "Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah gurun.”

Perlawanan terhadap pendudukan militer sepenuhnya sah dalam hukum internasional.

Arogansi khas Ben-Gvir mengemuka ketika dia menambahkan bahwa tidak ada yang bisa menghentikan Israel, bahkan Amerika Serikat sekalipun.

Bisa ditebak dia menyebut PBB “anti-Semit”.

“Negara kami sedang menuju ke arah negara paria,” kata menteri yang ekstrimis tersebut, “dan setelah Dewan Keamanan PBB mengambil posisi menentang kami, kami harus segera meninggalkan PBB.”

Keanggotaan Israel di PBB memiliki syarat yang memungkinkan pengungsi Palestina yang dibersihkan secara etnis pada tahun 1948 memenuhi hak sah mereka untuk kembali ke tanah air mereka, sesuatu yang tidak pernah diizinkan oleh negara apartheid.

Oleh karena itu, secara teori, Israel seharusnya tidak menjadi anggota PBB.

Pada Senin malam, Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi pertamanya untuk gencatan senjata segera di Jalur Gaza.

AS tidak menggunakan hak vetonya terhadap resolusi tersebut dan abstain dalam pemungutan suara setelah menghalangi upaya sebelumnya untuk mengeluarkan resolusi gencatan senjata.

Ini adalah resolusi gencatan senjata pertama yang diadopsi oleh Dewan setelah empat kegagalan sebelumnya.

Resolusi tersebut, yang didukung oleh 14 anggota, dengan satu abstain (AS) menuntut gencatan senjata segera di bulan Ramadhan yang dihormati oleh semua pihak yang mengarah pada gencatan senjata berkelanjutan yang langgeng, dan juga menuntut pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat.

Resolusi tersebut juga menyerukan penghapusan semua hambatan terhadap bantuan kemanusiaan, yang tanpanya 2,4 juta penduduk Jalur Gaza akan menghadapi risiko kelaparan.

(oln/memo/tc/*)

Tag:  #gvir #ancam #gulingkan #netanyahu #kalau #urung #lancarkan #serangan #besar #besaran #rafah

KOMENTAR