Ukraina Bangkitkan Semangat Negara dengan Melaju ke Tahap Final Euro 2024
Suporter timnas Ukraina mendukung pemain mereka melawan Islandia dalam kualifikasi Euro 2024 pada Selasa (26/3). (Kacper Pempel/Reuters)
21:09
28 Maret 2024

Ukraina Bangkitkan Semangat Negara dengan Melaju ke Tahap Final Euro 2024

–Lolosnya Ukraina ke putaran final sepak bola Euro 2024 telah memotivasi seluruh warga negara yang tengah menderita kesulitan dalam konflik dengan Rusia. Perhelatan sepak bola Eropa yang digelar selama empat tahun sekali pada Juni dan Juli itu akan menjadi pengalih perhatian dari kenyataan pahit yang terjadi.

Tim Ukraina bangkit dari ketertinggalan ketika mengalahkan Islandia dengan skor 2-1 dan mencatatkan penampilan keempat berturut-turut di final kontinental. Mereka akan berada di Grup E bersama Belgia, Slovakia, dan Rumania, yang mereka hadapi pada pertandingan pembuka di Munich pada 17 Juni.

Perang Rusia dengan Ukraina kini telah memasuki tahun ketiga. Meskipun menelan banyak korban jiwa di kedua belah pihak, perang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir setelah invasi Rusia pada Februari 2022.

”Saya sangat bangga menjadi warga Ukraina, memiliki darah yang sama dengan mereka yang kini memberikan nyawanya demi kebebasan kami,” kata kapten tim Oleksandr Zinchenko setelah kemenangan pada Selasa (26/3).

”Kami perlu membicarakannya, meneriakan setiap hari. Inilah satu-satunya cara kami bisa menang. Itu adalah salah satu pertandingan kami yang paling emosional,” tambah dia.

”Ini adalah perasaan yang luar biasa. Saya sangat senang karena ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para penggemar kami, mereka membantu kami melewati masa-masa sulit ini dengan luar biasa,” ucap dia dikutip dari Reuters.

Pelatih Serhiy Rebrov mengatakan, menjelang pertandingan melawan Islandia merupakan salah satu hal sulit bagi timnya untuk berkonsentrasi pada sepak bola.

”Rudal-rudal itu terbang setiap hari. Misi kami adalah untuk menunjukkan bahwa kita semua masih hidup dan berperang melawan Rusia dan bahwa kita membutuhkan dukungan Eropa,” kata Rebrov.

Dia menambahkan, para pemain yang menonton berita tentang penembakan di Odessa dan Kyiv, membuat mereka semakin marah dan bersemangat untuk menunjukkan potensi mereka di lapangan. Sang pelatih memuji karakter para pemain untuk terus maju dalam kampanye kualifikasi. Di mana, sebagai pengungsi akibat perang, Ukraina telah menggelar pertandingan kandang yang tersebar di seluruh Eropa.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memuji ketangguhan tim di masa-masa sulit.

”Terima kasih, tim. Untuk kemenangan penting dan lolos ke Euro,” kata Zelenskyy dalam posting-an di X.

”Untuk membuktikan sekali lagi, setiap kali Ukraina menghadapi kesulitan mereka tidak menyerah dan terus berjuang, Ukraina pasti menang,” tutur dia.

”Pada saat musuh mencoba menghancurkan kami, kami menunjukkan setiap hari bahwa Ukraina ada dan akan ada. Ukraina ada dan akan ada! Kemuliaan bagi Ukraina!” ucap dia.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #ukraina #bangkitkan #semangat #negara #dengan #melaju #tahap #final #euro #2024

KOMENTAR